logo PT Nirmala Satya Development
SEJARAH TES MSDT

MSDT, oleh Teori Reddin mengacu paca situasional leadership theory dari Harsey dan Blanchard, dinama ciri kepemimpinan memiliki orientasi sifat yang berbeda, yaitu task oriented (tugas) dan people oriented (hubungan).

MSDT (Management Style Diagnostic Test) atau gaya manajemen, alat tes ini sebenarnya didasarkan dari teori J. W. Reddin tentang 3 D theory of managerial effectiveness, atau tiga dimensi gaya manajemen yang efektif.

Dasar dari teori Reddin mengacu paca situasional leadership theory dari Harsey dan Blanchard, dinama ciri kepemimpinan memiliki orientasi sifat yang berbeda, yaitu task oriented (tugas) dan people oriented (hubungan).

Lebih lanjut Reddin menjelaskan kedua hubungan mengklasifikasikan dalam empat kategori, yaitu:

  1. Hubungan orientasi (Relationship Orientation) tinggi dan hubungan tugas (Task Orientation) tinggi yang disebut Type Terpadu (Integrated Type).
  2. Hubungan orientasi (Relationship Orientation) tinggi dan hubungan tugas (Task Orientation) yang rendah yang disebut Type Istimewa (Related Type).
  3. Hubungan orientasi (Relationship Orientation) yang rendah dan hubungan tugas (Task Orientation) yang tinggi yang disebut Type Berdedikasi (Dedicated Type).
  4. Hubungan orientasi (Relationship Orientation) yang rendah dan hubungan tugas (Task Orientation) yang rendah yang disebut Type Terpisah (Separated Type).

Selanjutnya Reddin menjabarkan gaya manajemen yang lebih spesifik dan dikelompokkan menjadi 8 kategori yaitu:

  1. Deserter
  2. Missionary
  3. Autocratic
  4. Compromiser
  5. Bureaucratic
  6. Developer
  7. Benevolent Autocratic
  8. Executive