logo PT Nirmala Satya Development
Tes IQ Online

Tes IQ online dapat membantu orang tua untuk memetakan bakat anak sejak dini untuk persiapan belajar di masa yang akan mendatang

Intelligence Quotient atau IQ merupakan suatu jenis skor standar yang berfungsi menunjukkan seberapa jauh kecerdasan seseorang, tidak terkecuali anak-anak. Mengutip dari Very Well Mind, tes kecerdasan ini dirancang untuk mengukur tingkat kecerdasan yang crystallized intelligence dan fluid intelligence. Berkembangnya teknologi, yang dahulunya tes ini dilakukan secara manual, kini sudah ada tes IQ online yang bisa untuk anak-anak.

Mengetahui Kapan Perlu Tes IQ Online untuk Kecerdasan Anak

Crystallized Intelligence melibatkan keterampilan serta pengetahuan yang telah diperoleh sepanjang hidup seseorang. Sedangkan fluid intelligence merupakan kemampuan untuk memecahkan masalah, bernalar, dan memahami informasi abstrak.

Jenis yang satu ini seringkali dianggap tidak tergantung pada pembelajaran dan lebih cenderung menurun di masa dewasa nanti. Sementara itu, crystallized intelligence berkaitan dengan pengalaman, pembelajaran, dan akan cenderung meningkat seiring bertambahnya usia seseorang.

Tes IQ yang Paling Umum pada Anak

Tes IQ sendiri dilakukan oleh psikolog yang sudah mendapatkan lisensi. Terdapat beberapa jenis tes kecerdasan tetapi banyak yang melibatkan serangkaian sub tes yang dirancang untuk mengukur kemampuan matematika, keterampilan penalaran, kecepatan pemrosesan informasi, dan keterampilan bahasa.

Skor pada subtes tadi lalu digabungkan sehingga akan membentuk skor IQ secara keseluruhan. Berikut ini beberapa tes IQ yang paling umum anak-anak gunakan saat ini, seperti:

  • The Differential Ability Scales
  • The Woodcock-Johnson Test of Cognitive Abilities
  • Kaufman Assessment Battery for Children
  • Cognitive Assessment System
  • Stanford-Binet Intelligence Scales
  • The Wechsler Intelligence Scale for Children

Menurut psikologi anak dan remaja Devi Sani, WISC untuk range 6 tahun ke atas dan SB merupakan tes IQ yang mayoritas terpakai di Indonesia. sementara itu, untuk anak balita jenis tesnya WPPSI, Wechsler Preschool and Primary Scale of Intelligence. Biasanya tees tersebut untuk anak yang berusia 2,5 tahun hingga 6 tahun.

Kapan Anak Perlu Melakukan Tes IQ?

Hal ini menjadi pertanyaan dari banyak orang tua. Waktu terbaik untuk menguji tes IQ online pada anak-anak adalah antara usia 5 dan 8 tahun. Bila melakukan tes di bawah usia tadi, mungkin saja tidak akan akurat hasilnya dan dapat berubah seiring bertambahnya usia.

Karena itu, sebagai penggantinya tes IQ untuk balita tidak dianjurkan karena hasilnya mungkin tidak akurat. Sebagai ganti dari tes tersebut, Anda bisa mengamati dan mencatat tanda-tanda awal bakat pada anak dan membagikannya kepada dokter anak atau psikologi anak.

Lalu, berapakah usia ideal anak untuk mengikuti tes IQ? Usia ideal untuk mengikuti tes IQ adalah di anak yang berusia 5 tahun. Saat hasil tes tersebut dapat berdampak pada penempatan sekolah dan kurikulum anak. Anda bisa melakukan tes di platform terpercaya atau melalui sekolah.

Manfaat Tes IQ pada Anak

Tes IQ online bisa memberikan manfaat pada anak bila mengikutinya, seperti:

Untuk Mengetahui Kebutuhan Anak

Alasan mengapa penting untuk peduli dengan tes IQ anak adalah karena tes ini bisa memberi tahu bila mereka membutuhkan lebih banyak bantuan saat di sekolah. Sebenarnya tidak hanya anak-anak saja, karena anak di tingkat Sekolah Menengah juga membutuhkannya.

Hal ini karena bisa membantu anak ditempatkan di kelas yang sesuai dengan keterampilan mereka. Selain itu juga bisa digunakan untuk menyewa tutor untuk anak.

Bantu Anak Masuk di Kelas yang Tepat

Tes IQ online juga bantu memastikan anak di kelas yang tepat di sekolah. Karena seringkali anak-anak disatukan di kelas yang sama karena usianya.

Hal ini berarti mereka semua mengambil kelas sains, matematika, dan membaca yang sama. Dengan mengetahui hasil tes mereka, anak bisa naik atau turun ke kelas yang tepat guna mengikuti perkembangan otak mereka.

Tidak Akan Membebani Anak dengan berbagai Aktivitas

Dengan mengetahui skor IQ anak, Anda bisa terbantu untuk mengetahui apakah dengan tingkat kelas tersebut tidak membebani anak dengan aktivitas ekstra. Hal ini juga bisa untuk mengetahui skor yang membantu dalam memetakan cara anak belajar.

Hal ini juga berlaku bila ingin menyewa tutor untuk anak karena sudah mengetahui kemampuan anak. Tes IQ online ini tidak hanya sangat bermanfaat untuk orang dewasa saja, karena para anak-anak juga cukup membutuhkan untuk membantu para orang tua mengarahkan belajar anak. 

Artikel berhubungan: