logo PT Nirmala Satya Development
Tes IQ Online

Tes IQ online salah satu tes untuk mengukur kemampuan seseorang. Metode terbaik yang psikolog rekomendasikan dengan hasil akurat.

Tes IQ online hadir sebagai salah satu tes untuk mengukur kecerdasan seseorang. Tes ini yang akan mengukur beberapa aspek. Mulai dari kemampuan verbal, keterampilan spasial, pemahaman matematika, maupun kemampuan memecahkan masalah. Oleh karena itu, tes jenis ini berperan penting dalam mengukur kecerdasan setiap orang. Mengingat pentingnya penggunaan tes ini sehingga semakin populer pada berbagai kalangan.

Baik itu Anda yang masih sekolah, kuliah, hingga karyawan kerja. Sebenarnya tes ini mudah sekali untuk Anda lakukan. Namun terdapat banyak hal yang perlu calon peserta persiapkan terlebih dahulu.

Anda perlu mempersiapkan kesehatan mental, fisik, maupun konsentrasi. Konsentrasi menjadikan hal utama jika mengikuti tes IQ ini. Sebab, saat konsentrasi terganggu bisa mempengaruhi hasil tes tersebut. Tes ini menjadi metode pengukuran kemampuan terbaik dan banyak digunakan.

Tes IQ Online Menjadi Metode Pengukuran Kemampuan Terbaik

Salah secara cara terbaik yang bisa Anda lakukan dalam mengukur IQ yakni melakukan tes IQ. Penggunaan tes secara online dengan basis digital yang bermanfaat. Untuk melakukan tes ini melalui perangkat pintar seperti laptop, PC, serta iPad. Tes online ini biasanya memerlukan koneksi internet. Sebab dengan adanya jaringan internet, maka tes bisa berlangsung dengan baik.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan perangkat dan koneksi bagus, tanpa ada kendala yang mengganggu. Ada pula yang menyebut tes IQ ini sebagai tes kepintaran. Pada dasarnya penggunaan tes jenis ini secara khusus membantu mengukur kecerdasan seseorang. Umumnya tes IQ memiliki standar pengukuran, metode penilaian lebih struktur dan sistematis.

Ternyata tes tersebut juga banyak psikolog gunakan untuk mengetahui tinggi rendahnya IQ dari seseorang. Bahkan, tes IQ ini seringkali menjadi standar maupun patokan dalam menilai tingkat kecerdasan. Tak hanya itu, tes ini juga bisa sebagai penentu minat dan bakat seseorang.

Tes IQ atau Intelligence Quotient test online tersebut memiliki metode pengukuran. Baik itu metode WPPSI atau Wechsler Preschool and Primary School Intelligence dan WISC atau Wechsler Intelligence Scale for Children.

Namun sebenarnya tes tersebut tidak bisa Anda jadikan patokan. Sebab, tes tersebut hanya mengukur IQ yang cukup terkenal dan banyak penggunaanya dalam mengetahui kemampuan kognitif seseorang. Untuk hasil dari tes IQ biasanya berupa skor yakni ukuran dalam kemampuan dan potensi yang seseorang miliki.

Asal Mula Kemunculan Tes IQ

Awal kemunculan tes IQ buatan dari Alfred Binet. Alfred Binet merupakan seorang psikolog yang asalnya dari Perancis pada abad ke-20 awal. Selanjutnya tes tersebut terus mengalami perkembangan dibawah Charles Spearman. Memiliki konsep yang mengusung pada kecerdasan menyeluruh, maupun kemampuan mental untuk melakukan sebuah tugas kognitif.

Tingkatan Skor dari Tes IQ

Saat Anda sudah selesai untuk melakukan tes IQ online tersebut. Umumnya Anda akan segera memperoleh hasilnya. Hasil dari tes tersebut berupa sebuah nilai angka. Namun pada tiap range angka tersebut akan memperlihatkan IQ seseorang. Adapun tingkatan dari skor IQ, adalah sebagai berikut.

Intellectual Disability <69>

Borderline 70-79 : batas fungsi intelektual

Low Average 80-89 : rata rata rendah

Average 90-109 : rata-rata

High Average 110-119 : rata-rata tinggi

Superior 120-129 : diatas rata-rata

Very Superior >130 : cerdas

Nilai tinggi pada skor IQ yang seringkali memperlihatkan bahwa seseorang memiliki kemampuan dalam akademik cukup tinggi. Bahkan, terdapat orang yang memiliki IQ tinggi seringkali mendapat nilai tinggi. Sehingga bisa memperoleh prestasi sekolah secara lebih mudah dan bisa lebih cepat memahami sesuatu. Sementara, jika memiliki skor IQ rendah seringkali berkaitan dengan gangguan pada intelektual.

Pentingnya Melakukan Tes IQ

Tes IQ online sebagai salah satu cara untuk mengukur kemampuan kognitif. Pasalnya kemampuan kognitif yang akan bisa membentuk kemampuan berpikir, belajar, mengingat, hingga memusatkan perhatian. Tes tersebut juga bisa menjadi evaluasi untuk meningkatkan kemampuan fungsional. 

Terdapat berbagai aspek yang terlihat dari tes tersebut. Baik kemampuan berbahasa matematika, kecepatan untuk mempelajari atau memproses hal baru, dan kemampuan penalaran. Bahkan, termasuk penyimpanan memori, maupun kemampuan penalaran.

Tes IQ online seringkali menjadi cara terbaik yang psikolog rekomendasikan dengan hasil akurat. Pasalnya hasil tes tersebut memiliki sejumlah tingkatan yang akan menggambarkan kecerdasan IQ masing-masing orang. Meski demikian, IQ bukan hanya menjadi satu-satunya tolok ukur kesuksesan maupun kecerdasan seseorang. 

Artikel berhubungan: