logo PT Nirmala Satya Development
Tes IQ Online

Tes IQ online sebagai pilihan yang tepat dalam melakukan pengukuran terhadap kemampuan kognitif seseorang.

Tes IQ online sebagai pilihan yang tepat dalam melakukan pengukuran terhadap kemampuan kognitif seseorang. Adanya tes tersebut bisa memberikan sebuah hasil yang dapat Anda manfaatkan untuk mengetahui mengenai kemampuan yang kognitif.

IQ (Intellectual Intelligence) atau Kecerdasan Intelektual merupakan sebuah istilah yang bisa dipakai untuk mendefinisikan sifat dari pikiran seseorang. Sifat pikiran tersebut mencakup masalah kemampuan dalam nalar, perencanaan, problem solving, pemahaman gagasan, berpikir abstrak bahasa, daya tangkap, serta proses belajar.

Pasalnya tinggi rendahnya IQ seseorang sangat berpengaruh terhadap kemampuan dalam berpikir orang itu. Lantas bagaimana cara mengukur IQ? Apakah terdapat rekomendasi psikolog supaya bisa mengetahui IQ dengan akurat? Nah, berikut ini pembahasan mengenai IQ.

Cara Mengukur IQ dengan Tes IQ Online

Adapun Salah secara terbaik yang bisa dilakukan untuk mengukur IQ yaitu dengan melakukan tes IQ online. Ters tersebut biasanya digunakan oleh psikolog guna bisa mengetahui tinggi rendahnya IQ seseorang. Bahkan, melakukan tes IQ juga sering kali sebagai standar atau patokan untuk menilai tingkat kecerdasan pula. Terlebih lagi, tes IQ bisa menjadi penentu minat serta bakat seseorang.

Tes IQ (Intelligence Question ) test tersebut mempunyai metode pengukuran yang bisanya yaitu metode Wechsler Preschool and Primary School Intelligence (WPPSI) serta Wechsler Intelligence Scale for Children (WISC).

Meskipun demikian, tes tersebut tidak dapat Anda jadikan patokan. Akan tetapi, tes tersebut adalah cara dalam mengukur IQ yang cukup terkenal serta banyak dipakai dalam mengetahui kemampuan kognitif seseorang itu sendiri. Untuk hasil yang ditampilkan dalam melakukan tes IQ online berupa skor yaitu ukuran dalam kemampuan serta potensi yang seseorang miliki.

Asal Mula Tes IQ Tersebut

Pada awalnya, tes IQ dibuat oleh Alfred Binet. Alfred Binet adalah psikolog yang berasal dari Perancis di abad ke-20 awal. Kemudian tes tersebut mengalami perkembangan dibawah Charles Spearman yang konsepnya mengusung pada kecerdasan menyeluruh, atau pada kemampuan mental dalam melakukan sebuah tugas kognitif.

Tingkatan untuk Skor Tes IQ

Nah, ketika Anda sudah selesai dalam melakukan tes IQ tersebut. Maka Anda akan segera mendapatkan hasilnya. Hasil dari tes berupa sebuah nilai yang berbentuk angka. Namun setiap range angka tersebut bisa menunjukkan IQ seseorang. Untuk itu, berikut ini tingkatan skor IQ.

  • Intellectual Disability <69>
  • Borderline 70-79 (batas fungsi intelektual)
  • Low Average 80-89 (rata rata rendah)
  • Average 90-109 (rata-rata)
  • High Average 110-119 (rata-rata tinggi)
  • Superior 120-129 (diatas rata-rata)
  • Very Superior >130 (cerdas)

Skor IQ yang nilainya tinggi seringkali menggambarkan bahwa seseorang mempunyai kemampuan dalam akademik yang cukup tinggi. Bahkan juga orang yang IQ nya dengan skor ting dinilai bisa memperoleh prestasi di sekolah dengan mudah serta bisa lebih cepat dalam memahami sesuatu. Sedangkan, skor IQ yang rendah seringkali berkaitan dengan adanya gangguan pada intelektual.

Pentingnya Melakukan Tes IQ

Tes IQ bisa sebagai cara dalam mengukur kemampuan kognitif seseorang. Pasalnya kemampuan kognitif tersebut bisa berbentuk kemampuan inti dari otak untuk berpikir, belajar, mengingat, serta memusatkan perhatian. Tes tersebut juga bisa Anda gunakan sebagai bentuk evaluasi dalam meningkatkan kemampuan fungsional. 

Sejumlah aspek yang bisa tes tersebut nilai, antara lainnya kemampuan berbahasa matematika, kecepatan dalam mempelajari atau memproses hal baru, kemampuan penalaran, penyimpanan memori, serta kemampuan penalaran.

Kesimpulan

Tes IQ online menjadi salah satu cara terbaik serta akurat yang telah menjadi rekomendasi serta psikolog lakukan. Pasalnya hasil tes IQ tersebut mempunyai sejumlah tingkatan yang bisa menggambarkan kecerdasan IQ untuk setiap orang yang melakukannya. Walaupun demikian, IQ bukan menjadi satu-satunya tolok ukur kesuksesan serta kecerdasan seseorang. 

Namun sekarang ini tes tersebut mempunyai sejumlah manfaat untuk jenjang pendidikan ataupun karir seseorang. Bahkan dalam dunia kerja, tes tersebut sudah menjadi tolak ukur dalam penerimaan karyawan baru. Maka tes IQ juga menjadi ujian pokok saat rekrutmen karyawan baru. 

Untuk bisa lulus dengan nilai baik pasti memerlukan platform tes yang baik juga. Maka karena itu, penting Anda memilih penyedia layanan terbaik serta terpercaya. Jika Anda ingin melakukan tes IQ online dengan hasil cepat serta akurat, Anda bisa mengikuti tes secara lengkap di NS Development.

Artikel berhubungan: