logo PT Nirmala Satya Development
Tes IQ Online

Tes IQ online merupakan layanan yang menyediakan tes psikotes untuk mengukur beberapa faktor psikologis dalam diri seseorang.

Tes IQ online merupakan layanan yang menyediakan tes psikotes untuk mengukur beberapa faktor psikologis dalam diri seseorang. Banyak orang yang menganggap hasil skor dari layanan ini sebagai penentu kesuksesan diri mereka.

Padahal sebenarnya, seiring berjalannya waktu, skor tersebut dapat berubah, baik itu meningkat atau menurun. Faktor yang terukur melalui tes ini seperti kemampuan mempelajari temperamen, logika berpikir dan lain sebagainya.

Tujuan Pelaksanaan Tes IQ Online

Tes IQ memiliki pengertian sebagai sebuah tes untuk menganalisis kemampuan penalaran dalam diri seseorang. Tes ini juga mempunyai artian lain sebagai tes psikometri yang bertujuan sebagai pengukur kemampuan kognitif seseorang. Baik dalam menyelesaikan suatu permasalahan, pemahaman bahasa, logika, dan kemampuan belajar.

Sebagai tolak ukur dari tingkat kecerdasan seseorang, tes ini menggunakan jenis skor standar dalam penilaiannya.  Skor ini ada berdasarkan pada perbandingan kinerja rata-rata individu dalam sebayanya dengan kinerja individu itu sendiri.

Penerapan tes IQ ini memberikan sejumlah manfaat tertentu bagi para pesertanya. Misalnya saja seperti mengetahui minat dan bakat atau mengukur potensi intelektual yang ada dalam diri mereka.

Adapun beberapa tujuan dari tes IQ ini adalah sebagai berikut:

Menilai Kecerdasan Dalam Diri

Kemampuan seseorang dalam menemukan solusi dan menyelesaikan permasalahan dalam bidang tertentu merupakan salah satu tujuan dari tes IQ online. Keberhasilan bebas dari setiap permasalahan yang mereka hadapi merupakan pengaruh dari kecerdasan intelegensi.

Dalam dunia pekerjaan, kecerdasan untuk mengatur emosi sangat penting tentunya. Dengan ini Anda akan dapat melakukan interaksi, komunikasi, negosiasi dan bahkan mengambil keputusan dengan tepat dan cepat dalam berbagai situasi.

Mengetahui Kepribadian dalam Diri

Selain kecerdasan, tes IQ ini dapat membantu Anda untuk mengetahui kepribadian yang ada dalam diri Anda sebenarnya. Mulai dari emosi, motivasi dan faktor internal lainnya yang mampu mempengaruhi perilaku Anda.

Memprediksi Sejauh Mana Performa yang Anda Miliki

Tes ini dapat membantu Anda untuk memberikan sebuah gambaran tentang bagaimana diri Anda bertindak dalam beberapa situasi tertentu. Misalnya seperti situasi mendesak, penuh dengan tekanan dan beberapa kondisi terpojok lainnya.

Melakukan Analisis Terkait Kondisi Kejiwaan

Tes IQ online ini bertujuan untuk memberikan langkah preventif dan kondisi kejiwaan yang mengganggu aktivitas harian Anda.

Prosedur Tes IQ

Tes ini dapat Anda lakukan secara online maupun offline atau tertulis. Anda juga dapat menjalaninya secara berkelompok maupun individu atau perorangan.

Durasi waktu untuk menyelesaikan setiap prosesnya kurang lebih 2,5 sampai 3 jam. Sebelum memulai tes, Anda harus melakukan beberapa persiapan diri baik secara fisik maupun mental.

Selain belajar, Anda harus mempersiapkan diri dengan cara konsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup, menghindari konsumsi obat-obatan terlarang atau minuman keras dan lain sebagainya. Dengan begitu, fokus dan konsentrasi Anda tidak akan terganggu selama ujian berlangsung.

Saat tes, setiap peserta akan diminta untuk menyelesaikan soal-soal dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Penyelesaian ini nantinya akan berguna untuk pengukuran beberapa faktor kecerdasan dalam diri masing-masing.

Jawaban dari tes IQ online tersebut juga akan terpakai untuk evaluasi individu dengan kemampuannya dalam mengklasifikasikan informasi, analogi sebuah konsep dan mencari hubungan.

Jika skor IQ Anda berada pada rentan kurang dari seratus, maka ini termasuk dalam skor rendah. Terlebih jika skor Anda berada pada angka 70 ke bawah maka kemungkinan diri Anda memiliki gangguan dalam belajar.

Namun, jika memperoleh skor IQ 100 atau lebih, menunjukkan bahwa Anda memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dalam diri.

Sementara itu, individu dengan perolehan skor lebih dari 130, mereka termasuk dalam kategori orang-orang sangat pintar atau genius.

Penutup

Itulah beberapa tujuan dari tes IQ lengkap dengan prosedur pelaksanaannya. Kesimpulannya tujuan dari pelaksanaan tes IQ secara online ini adalah untuk anda mengetahui potensi dan kemampuan dalam diri Anda.

Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengklasifikasikan jadikan jenis kemampuan yang Anda miliki. Klasifikasi ini meliputi kemampuan persepsi, kecerdasan berpikir, numerik, spatial, teknikal, analisis dan lain sebagainya. Tes IQ online juga dapat Anda jadikan sebagai tolak ukur minat dan bakat yang sesuai dengan diri Anda.

Artikel berhubungan: