logo PT Nirmala Satya Development
Tes IQ Online

Tes IQ Online atau tes kepintaran yang bertujuan untuk mengatur kemampuan intelektual seseorang dalam beberapa aspek.

Tes IQ Online merupakan tes secara online yang bertujuan untuk mengatur kemampuan intelektual seseorang dalam beberapa aspek. Misalnya yaitu aspek kemampuan verbal, pemahaman matematika, keterampilan spasial, hingga kemampuan untuk memecahkan masalah. Tes IQ sendiri juga sering disebut sebagai tes kepintaran.

Sebab pada dasarnya tes ini hanya dirancang dengan tujuan untuk mengukur kecerdasan seseorang. Biasanya tes ini terdiri atas serangkaian pertanyaan untuk mengevaluasi kemampuan kognitif seseorang dalam berbagai area. Tes ini bisa membantu mengidentifikasi kemampuan intelektual seseorang dan mengklasifikasi level kecerdasannya.

Meskipun berguna untuk mengetahui kecerdasan seseorang, sebenarnya tes IQ tidak bisa menjadi satu-satunya alat untuk menentukan kecerdasan. Sebab kecerdasan bukan hanya tentang logika dan penalaran saja. Namun kecerdasan seseorang juga mencakup spiritual, sosial, empati dan kreativitas yang tidak bisa terukur dengan tes IQ.

Berbagai Fungsi atau Kegunaan Tes IQ Online

Tes IQ sendiri terdiri atas beberapa jenis soal yang berbeda seperti tes angka, gambar, verbal dan logika. Pada tes angka, jenis pertanyaannya tentu akan berhubungan dengan angka. Misalnya bisa berupa tes pauli kraepelin, hitungan berpola, hitungan aljabar, hitungan aritmatika, deret angka, angka berkolom, logika aritmatika, logika matematika atau kuantitatif, hingga hitungan geometri.

Kemudian pada tes gambar tentu juga berhubungan dengan gambar yang sangat beragam. Tes gambar akan meliputi tes persepsi gambar atau perseptual, analogi simbolik, irama gambar atau konsistensi logis, klasifikasi gambar, lipatan gambar, dan sebagainya. Selanjutnya jenis tes logika yang bertujuan untuk mengukur kemampuan penalaran logika formal, penalaran logis, dan analitis.

Pertanyaan tes logika ini biasanya meliputi logika umum, cerita atau analisa pertanyaan, dan kesimpulan. Terakhir yaitu tes verbal seperti tes kosakata, antonim, sinonim, acak kata, dan sebagainya. Tes verbal sendiri bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbahasa. Sementara itu, tes IQ online memiliki beberapa fungsi yang cukup penting. Berikut adalah fungsinya:

Mengukur Kemampuan Akademik Siswa

Fungsi atau kegunaan pertama dari tes IQ yaitu untuk mengukur tingkat kemampuan akademik siswa, baik itu siswa tingkat SD, SMP, maupun SMA. Dalam tingkat sekolah biasanya tes IQ ini berguna untuk mengetahui sejauh mana kemampuan pemahaman gagasan, pemecahan masalah dan kemampuan bernalar dari setiap siswa. Tesnya pun juga terbagi menjadi beberapa materi.

Akan tetapi tes IQ pada anak-anak juga bisa mengalami perubahan nilai dari tes IQ pertama kali. Sebab skor IQ memang bisa bertambah seiring dengan perkembangan otak dan bertambahnya usia. Faktor penyebab berubahnya skor IQ juga cukup beragam seperti karena lingkungan, akses pendidikan, proses adaptasi, dan informasi yang semakin mudah didapat.

Proses Rekrutmen Karyawan Baru

Fungsi lainnya dari tes IQ online yaitu untuk proses rekrutmen karyawan baru. Pelaksanaan tes IQ dalam proses rekrutmen ini tentunya juga memiliki banyak manfaat. Misalnya yaitu untuk menilai kecerdasan calon karyawan yang pasti akan mempengaruhi kinerjanya. Lalu untuk memprediksi performa hingga mengetahui psychodynamic calon karyawan.

Memprediksi performa calon karyawan tentunya penting agar perusahaan bisa melihat prediksi karyawan selama bekerja. Terutama bekerja dalam situasi penuh tekanan, deadline yang ketat dan situasi lainnya. Hal tersebut tentunya berguna untuk mengurangi risiko  terjadinya turnover karyawan di masa depan yang pastinya merugikan perusahaan.

Tes IQ Online Membantu Menentukan Karir yang Akan Diambil

Beberapa orang termasuk Anda mungkin masih kesulitan ketika hendak menentukan karir yang akan diambil. Sebab rasanya mungkin sulit menentukan karir atau pekerjaan yang cocok dengan diri kita sendiri. Apalagi kini memang tersedia banyak pilihan yang bisa kita ambil. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa memanfaatkan tes IQ.

Sebab hasil tes IQ juga bisa membantu Anda dalam menentukan karir yang paling tepat. Hal itu karena dengan mengikuti tes IQ maka Anda bisa memahami kemampuan intelektual Anda hingga bisa mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan Anda. Sehingga dengan begitu Anda bisa melihat karir apa yang paling sesuai dengan cocok dengan diri Anda sendiri.

Itulah beberapa fungsi atau kegunaan dari tes IQ yang cukup beragam. Tes IQ online ternyata memiliki banyak sekali fungsi atau kegunaan yang penting untuk siswa, perusahaan hingga untuk diri kita sendiri.

Artikel berhubungan: