logo PT Nirmala Satya Development
Tes IQ Online

Tes IQ online memang memiliki banyak manfaat. Pilihan terbaik waktu untuk tes IQ anak adalah saat akan masuk ke sekolah.

Tes IQ online memang memiliki banyak manfaat. Ini juga memberikan kesempatan lebih banyak orang untuk melakukan tes IQ kapan saja tanpa terbatas waktu dan jarak.

Sebenarnya tes IQ sudah menjadi salah satu psikotes terpopuler sejak dulu. Akan tetapi, dulu memang tidak banyak orang yang mendapat kesempatan melakukan tes satu ini.

Untungnya saat ini teknologi semakin canggih. Semakin banyak orang yang bisa melakukan tes IQ karena lebih murah dan fleksibel.

Anda bahkan bisa melakukan tes ini secara online. Namun, Anda perlu memperhatikan usia ideal dalam melakukan tes psikologi ini.

Umur Terbaik untuk Tes IQ Online

Di Indonesia, tercatat masih banyak kasus stunting pada anak di bawah usia 5 tahun. Stunting sendiri akan berhubungan dengan tumbuh kembang anak.

Ketika anak stunting, maka mereka akan cenderung mengalami kesulitan dalam belajar di masa depan. Ini tentu akan menghambat anak di berbagai segi kehidupan.

Namun, para orang tua kini bisa melakukan tes IQ pada anak. Tes IQ sendiri adalah sebuah tes yang memang dirancang khusus untuk mengukur kemampuan intelektual dalam diri seseorang.

Pengukuran tersebut berasal dari beberapa aspek seperti keterampilan spasial, pemahaman matematika dan verbal, hingga kemampuan dalam memecahkan masalah.

Untungnya saat ini sudah semakin banyak orang tua yang sangat akan pentingnya kemampuan intelektual seorang anak terkait dengan pertumbuhannya.

Tentu saja hal tersebut membuat para orang tua memberikan tes IQ online kepada anak mereka. Adapun tes IQ ini tidak bisa sembarangan.

Waktu Ideal Tes IQ pada Anak

Pertanyaan orang tua yang paling umum adalah waktu terbaik untuk menguji IQ pada anak. Sebab, masih banyak orang yang tidak memahaminya.

Sebenarnya, waktu terbaik untuk tes IQ pada anak adalah usia 5 sampai 8 tahun. Jika anak masih berada di bawah usia tersebut, maka kemungkinan besar hasil tes IQ tidak akan akurat.

Selain itu, tes IQ pada balita sangat tidak dianjurkan. Sebaiknya orang tua bisa memberikan tes IQ pada anak ketika akan masuk ke sekolah.

Pilihan terbaik untuk tes IQ anak adalah saat akan masuk ke sekolah. Ini sangat penting karena hasilnya sudah mulai akurat.

Umumnya ini bisa digunakan pada anak sekitar 7 tahun. Di umur ini, hasil dari tes akan cenderung lebih optimal.

Kendala dan Manfaat Tes IQ pada Anak

Tentu saja ada berbagai kendala pada tes IQ online pada anak. Beberapa kendala salah satunya adalah sistem online.

Beberapa anak mungkin masih belum memahami bagaimana cara menjalankan komputer maupun gadget. Jadi, pelaksanaan tes harus dengan arahan orang tua untuk anak yang masih di bawah umur.

Selain itu, akan terjadi bias bahasa. Setiap bahasa memiliki gaya dan makna yang unik dalam penggunaannya. Ini juga memiliki efek psikologis.

Meski demikian, tes IQ online memberikan banyak manfaat untuk anak. Orang tua jadi bisa memahami kebutuhan anak.

Anak juga bisa memasuki kelas yang tepat sesuai kebutuhan sehingga tidak terbebani dengan segudang aktivitas. Hasil tes IQ juga bisa membantu menemukan tutor anak.

Hasil Tes IQ Bisa Berubah

Sebagai informasi, hasil tes IQ bisa selalu berubah. Biasanya, hasil tes IQ akan berubah seiring berjalannya usia.

Itulah kenapa, tes IQ sangat tidak dianjurkan untuk anak balita. Sebab, hasilnya tidak akan akurat dan akan selalu berubah.

Sebagai ganti tes IQ balita,maka sebaiknya orang tua mengamati dan catat tanda awal bakat pada diri anak untuk dibagikan kepada dokter atau psikolog anak.

Adapun usia 15 sampai 17 tahun juga usia yang tepat untuk melakukan tes IQ. Di usia ini, umumnya anak berada di jenjang SMA dan tengah mencari jati diri.

Hasil tes IQ nantinya bisa membantu anak mencari jurusan yang tepat. Ini juga penting dalam mengetahui pemahaman anak selama pelajaran.

Kini tes IQ online bisa Anda lakukan melalui NS Development. Mereka adalah platform tes psikologi, termasuk tes IQ yang berpengalaman. Anda bisa mengerjakan tes IQ dengan aplikasi terbaik dan alat tes terlengkap. Adapun hasil tes IQ juga akan hadir secara real-time jadi tidak perlu menunggu terlalu lama.

Artikel berhubungan: