logo PT Nirmala Satya Development
Tes IQ Online

Dengan tes IQ online maka tesnya bisa menjadi lebih simpel dan praktis, memiliki banyak pilihan tes dan hasilnya cepat serta akurat.

Tes IQ online kini memang menjadi banyak pilihan bagi masyarakat karena memiliki banyak kelebihan daripada melaksanakan tes secara offline. Tes IQ atau Intelligence Quotient sendiri merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif orang yang mengerjakannya. Tujuannya lainnya untuk menguji kemampuan penalaran seseorang.

TesĀ  ini dibuat untuk mempresentasikan bagaimana individu bisa menggunakan logika dan informasi untuk merespon pertanyaan atau membuat prediksi sesuai dengan kelompok usia tertentu. Selain itu, tes ini juga berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk melakukan perhitungan yang kemudian akan berdampak dalam pengambilan keputusan.

Dalam pengukurannya, terdapat skor standar yang menunjukan seberapa jauh tingkat kecerdasan suatu individu daripada kelompok individu lain sebayanya. Kebanyakan orang memiliki rata-rata IQ sekitar 100. Angka tersebut diperoleh dengan melakukan tes yang sama pada sejumlah orang sebagai perwakilan seluruh strata sosial dan ekonomi masyarakat.

Kelebihan Tes IQ Online daripada Offline

Dalam tes IQ biasanya meliputi beberapa tes seperti tes verbal, tes nonverbal dan juga tes pengetahuan umum yang terdiri atas beberapa subtes. Misalnya yaitu tes kemampuan verbal, kemampuan spasial dan juga kemampuan numerik. Karena itu tidak heran jika tes IQ memiliki banyak fungsi atau kegunaan dengan berbagai tujuan tersendiri.

Contoh fungsinya yaitu tes IQ untuk mengukur bagaimana tingkat kemampuan akademik dari siswa sekolah. Kemudian untuk menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan karir atau studi yang akan ditempuh ke depannya. Selanjutnya bisa juga untuk mengetahui seperti apa kemampuan seseorang dalam memecahkan dan menganalisis suatu masalah.

Tes IQ juga sering digunakan dalam proses rekrutmen karyawan baru suatu perusahaan. Hal tersebut karena dengan tes ini perusahaan bisa mendapat berbagai keuntungan. Misalnya yaitu bisa menilai kemampuan dan kecerdasan calon karyawan, mengetahui perilaku dan kepribadian calon karyawan bahkan mampu memprediksi bagaimana performanya.

Nah, dalam pelaksanaannya ada tes IQ yang dilakukan secara offline dan tes IQ online. Pada zaman yang maju dan modern ini tentunya tes secara online semakin banyak disukai oleh masyarakat. Sebab tes secara online ini memang menawarkan berbagai keuntungan tersendiri. Nah, berikut adalah beberapa kelebihan daripada secara offline:

Lebih Simpel dan Praktis

Kelebihan pertama dari tes secara online ini yaitu lebih simpel dan praktis, baik itu bagi peserta tesnya maupun untuk pihak penyelenggaranya sendiri. Hal tersebut karena tesnya yang secara online maka tidak memerlukan kertas untuk mencetak soal dan juga kertas jawaban. Peserta tes hanya perlu menggunakan perangkat dan internet yang lancar.

Perangkat yang bisa digunakan untuk mengerjakan tes IQ online juga beragam mulai dari smartphone, laptop, komputer atau PC sekalipun. Sehingga peserta tes bisa memilih ingin menggunakan perangkat mana yang menurut mereka paling nyaman dan mudah digunakan. Hal tersebut tentu saja sangat menguntungkan bagi siapa saja yang ingin melakukan tes.

Selain itu, tes secara online ini juga memungkinkan pesertanya untuk mengerjakan tes di mana saja. Peserta tes tidak perluĀ  berkumpul dengan peserta lain di satu tempat yang telah ditentukan penyelenggara. Namun mereka bisa memilih ingin mengerjakan tes dimana saja seperti di rumah, cafe, taman, dan tempat lainnya yang nyaman dan aman.

Menawarkan Banyak Pilihan Tes

Kelebihan lainnya dari tes IQ online ini yaitu menawarkan banyak pilihan tes yang bisa Anda pilih. Sehingga Anda bisa memilih tes mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda sendiri. Berbagai pilihan tes tersebut biasanya juga lebih variatif dan bisa mencakup berbagai jenis kemampuan kognitif.

Bisa Mengetahui Hasilnya Lebih Cepat

Tes secara online juga mampu memberikan hasil atau nilai tes secara lebih cepat daripada tes secara konvensional atau offline. Bahkan nilai dari tes tersebut akan langsung muncul setelah peserta tes selesai mengerjakan tes tersebut. Penilaian tersebut juga dilakukan menggunakan sistem sehingga mampu menghindari human error.

Itulah beberapa kelebihan tes secara online daripada tes offline atau konvensional. Dengan tes IQ online maka tesnya bisa menjadi lebih simpel dan praktis, memiliki banyak pilihan tes dan hasilnya cepat serta akurat.

Artikel berhubungan: