logo PT Nirmala Satya Development
Tes IQ Online

Dengan tes IQ online maka perusahaan mampu mendapatkan pegawai baru yang jelas cocok dan mampu membantu memajukan perusahaan dengan baik.

Tes IQ Online atau tes Intelligence Quotient merupakan salah satu tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif seseorang. Kemampuan kognitif adalah kemampuan inti otak untuk belajar, berpikir, memusatkan perhatian dan mengingat. Tes IQ sendiri pertama kali ditemukan pada awal abad ke-20 oleh Alfred Binet.

Setelah itu, tes ini dikembangkan oleh Charles Spearman dan hingga saat ini tes IQ masih sering digunakan. Banyak yang menganggap nilai tes IQ sebagai potensi intelektual dan ukuran kemampuan dari seseorang. Tes IQ menilai beberapa aspek seperti kemampuan berbahasa, kecepatan dalam memproses atau mempelajari hal baru.

Kemudian untuk menguji kemampuan matematika, penyimpanan memori, penalaran, pemrosesan visual, dan sebagainya. Orang yang mendapat skor IQ tinggi dianggap sebagai seseorang yang memiliki kemampuan akademis baik. Padahal sebenarnya skor IQ tidak bisa dijadikan sebagai satu-satunya penentu kecerdasan seseorang.

Keuntungan Tes IQ Online Bagi Perusahaan

Tes IQ memiliki beberapa fungsi seperti untuk mengukur kemampuan akademik siswa, memprediksi kemampuan di dunia kerja, menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan karir atau studi, mengetahui hambatan intelektual, hingga mengetahui kemampuan seseorang untuk menganalisis dan memecahkan masalah.

Hal tersebut yang membuat tes IQ sering menjadi salah satu rangkaian dalam proses rekrutmen calon karyawan baru perusahaan. Anda mungkin juga sudah pernah mengikuti tes ini ketika mengikuti rekrutmen suatu perusahaan. Terutama perusahaan besar yang memang benar-benar mencari pegawai yang berkualitas.

Bagi perusahaan menerapkan tes IQ dalam rangkaian seleksi pegawai baru tentu memberikan banyak sekali keuntungan. Pihak perusahaan bahkan bisa mempertimbangkan untuk menerima atau menolak calon karyawan berdasarkan pada hasil tes IQ mereka. Sebab, perusahaan bisa melihat seperti apa kemampuan kognitif mereka.

Nah, berikut ini adalah beberapa keuntungan dari melaksanakan tes IQ online bagi perusahaan:

Mampu Memprediksi Performa Calon Pegawai

Keuntungan yang pertama yaitu mampu memuat perusahaan memprediksi bagaimana performa kerja dari calon karyawan tersebut. Apakah mereka bisa bekerja dengan baik pada berbagai situasi yang terjadi di perusahaan atau tidak. Bagaimana keadaan mereka menghadapi deadline yang ketat, situasi penuh tekanan dan lainnya.

Hal tersebut tentunya sangat penting untuk menghindari terjadinya turnover karyawan di masa depan. Tes IQ ini bisa menunjukkan gambaran calon karyawan ketika bekerja nanti. Sebab karyawan harus mengeluarkan seluruh kemampuan untuk mengerjakan tes sambil terus memperhatikan batas waktu yang tersedia.

Bisa Menilai Kecerdasan Calon Pegawai

Tes IQ online pastinya juga mampu membuat perusahaan bisa menilai bagaimana tingkat kecerdasan seorang calon pegawai. Peserta yang mampu menyelesaikan tes dengan baik pasti memiliki kecerdasan intelegensi dan kecerdasan emosi. Kecerdasan intelegensi memungkinkan pegawai mampu menyelesaikan pekerjaan dan masalah dengan baik.

Sehingga nantinya ia bisa bekerja dengan baik untuk perusahaan dan mampu menyelesaikan masalah yang terjadi dengan tepat. Kemudian kecerdasan emosi untuk berkomunikasi, mengambil keputusan terbaik, mendelegasikan pekerjaan dan bernegosiasi. Hal tersebut tentunya penting bagi pegawai untuk mendukung pekerjaan mereka.

Calon pegawai dengan kecerdasan emosi yang baik pastinya juga mampu bekerja sama dengan baik. Baik itu bekerja sama dengan pekerja lainnya, atasan maupun dengan klien. Dengan tes IQ ini maka perusahaan bisa menilai siapa saja yang memiliki kecerdasan intelegensi dan emosi baik serta bisa mempertimbangkan untuk menerimanya.

Mengetahui Psychodynamic Calon Pegawai

Bagi perusahaan tes IQ online juga bisa berguna untuk mengetahui psychodynamic atau perilaku dan kepribadian seseorang yang tidak diketahui. Misalnya yaitu motivasi, emosi, dan berbagai faktor lainnya yang mempengaruhi perilaku dari seseorang itu sendiri. Sehingga tes ini mampu menunjukkan sifat-sifat yang sebelumnya tersembunyi.

Mengetahui Kejiwaan Calon Pegawai

Tes IQ juga memungkinkan perusahaan mengetahui kondisi kejiwaan calon pegawai. Sehingga perusahaan bisa mengambil langkah preventif terutama jika memang calon pegawai memiliki kondisi kejiwaan yang bisa mengganggu aktivitas kerja. Dengan begitu, perusahaan bisa menghindari kerugian lebih awal karena pegawai yang kurang tepat.

Itulah berbagai keuntungan melaksanakan tes IQ bagi perusahaan. Dengan tes IQ online maka perusahaan mampu mendapatkan pegawai baru yang jelas cocok dan mampu membantu memajukan perusahaan dengan baik.

Artikel berhubungan: