logo PT Nirmala Satya Development
Tes Kepribadian Online

MSDT atau Management Style Diagnostic Test adalah alat tes yang bertujuan untuk memahami tipe kepemimpinan seseorang. Tes ini dilakukan ketika melakukan rekrut, promosi jabatan, atau asesmen pada level manajerial.

Tes kepribadian online MSDT adalah tes yang biasa digunakan untuk mengetahui tipe kepemimpinan (leadership style) seseorang. Karena fungsinya tes ini sering diterapkan di perusahaan untuk mengetahui apakah karyawan dapat naik jabatan atau tidak.

Adanya tes ini jelas berpengaruh besar bagi perusahaan. Karena itu tes ini selalu ada untuk melakukan kegiatan-kegiatan terkait posisi jabatan. Tes ini digunakan untuk memahami tipe kepemimpinan seseorang, jadi orang tersebut bisa ditempatkan pada bidang yang sesuai dengan tipenya.

Perusahan wajib melakukan tes ini untuk mengetahui kepemimpinan seseorang. Nah, untuk Anda yang masih bingung dengan tes MSDT ini, maka bisa membaca artikel ini hingga akhir.

Pentingnya Melakukan Tes Kepribadian Online dengan MSDT

Psikotes online merupakan kegiatan untuk menentukan kepribadian seseorang untuk suatu alasan tertentu. Jenis dari tes kepribadian online ini ada banyak, salah satunya MSDT yang digunakan untuk memilih manajer dan supervisor.

MSDT atau Management Style Diagnostic Test adalah alat tes yang bertujuan untuk memahami tipe kepemimpinan seseorang. Tes ini dilakukan ketika melakukan rekrut, promosi jabatan, atau asesmen pada level manajerial.

Dalam MSDT ada 8 gaya kepemimpinan, hasil dari tes ini akan mempermudah mengetahui tipe kecenderungan gaya kepemimpinan seseorang. Model kepemimpinan dari MSDT ini diciptakan oleh J.W. Reddin yang berdasarkan 3D Theory Of Managerial Effectiveness.

Berbagai Tipe Tes Kepribadian Online Dengan MSDT

Tipe tes dibagi menjadi tiga jenis yaitu kurang efektif, tipe dasar, dan lebih efektif. Ketiga tipe ini tentunya memiliki perannya masing-masing.

Kami akan memberikan berbagai informasi lebih lengkap mengenai berbagai tipe tersebut. Berikut berbagai informasi yang bisa kami berikan untuk Anda mengenai tes kepribadian online dengan MSDT.

1. Deserter

Gaya kepemimpinan deserta adalah gaya kepemimpinan yang kurang efekttif. Pada dasarnya pendekatan ini hand–off atau laissez–faire atau digunakan untuk menghindari keterlibatan atau intervensi. Asumsi ini bersifat netral selama satu hari untuk menghindari pemberitahuan aturan, untuk menjadi supervisor, mencegah perubahan dan perencanaan.

Kegiatan ini dilakukan manajer cenderung menjadi defensive. Jika seseorang mencapai nilai tertinggi mungkin akan kuberikan untuk tugas manajerial atau kehilangan minat pada tugasnya.

2. Bureaucratic

Gaya kepemimpinan bureaucratic termasuk gaya kepemimpinan yang lebih efektiff. Gaya tersebut dapat mendekatkan efektif, gaya yang menekankan suasa positif dan keserasian tempat kerja. Skor paling tinggi paling sensitif dan peduli dengan kebutuhan pribadi bawahan. Mereka bisa memberikan aura positif untuk para bawahnya.

Dengan dukungan yang kompeten sehingga membuat para bawahan bisa menikmati pekerjaannya dengan nyaman.

3. Missionary

Gaya kemepmimpinan missionary termasuk gaya kepemimpinan kurang efektif (Less Effective Leadership Style). Gaya ini menekankan pada suasana positif dan keserasian di tempat kerja. Pencetak skor paling tinggi sensitif dan peduli terhadap kebutuhan pribadi bawahannya. Mereka mencoba memberikan yang terbaik yang dapat mereka lakukan. Dukungan tingkah laku merupakan komponen positif dari gaya ini. Yang memiliki gaya ini mungkin akan menghindari atau mendamaikan jika terjadi konflik, mereka merasa tidak nyaman dalam memaksakan sesuatu dan menemukan kesulitan dalam menolak permintaan, atau membuat penilaian yang jujur.

4. Developer

Gaya Kepemimpinan yang lebih efektif (More Effective Leadership Style). Tipe ini berpasangan dengan gaya misionaris. Tujuan untuk membuat seseorang bekerja lebih profesional. Gaya yang mengizinkan bawahan untuk berpartisipasi untuk pengambilan keputusan dan diberi kesempatan untuk mengekspresikan diri.

Mereka yang memiliki nilai tinggi akan optimis mengenai keinginan orang yang bekerja dan menghasilkan sesuatu. Pendekatannya dengan bawahan dalam kolegal. Sehingga mereka bisa mempengaruhi dan keahlian dengan bawahan mereka.

5. Autocratic

Gaya Kepemimpinan kurang Efektif (Less Effective Leadership Style). Merupakan instruksi pengendalian pendekatan. Memiliki kepedulian untuk lebih produktif dan output melalui kepedulian dalam pekerjaan. Manajer yang memiliki skor tinggi cenderung memiliki kepribadian formal.

Biasanya mereka akan memberikan tugas kepada bawahan dengan melihat tahapan pengerjaan. Mereka juga meminimalisir interaksi dengan orang lain, sehingga melarang menyimpang dari tujuan yang sudah ditetapkan.

6. Benevolent Autocratic

Gaya kepemimpinan lebih efektif (More Effective Leadership Style). Gaya ini adalah pasangan yang komunikatif dari gaya autocratic. Seseorang yang memiliki skor tinggi dari gaya ini biasanya dilihat sebagai master tugas yang mendedikasikan diri mereka untuk tercapainya target produksi. Mereka menikmati dalam hal menangani masalah operasinal dan mungkin kurang memiliki kesabaran dalam mengatasi masalah yang berhubungan dengan orang lain (public relation). Mereka tetap berhubungan dengan bawahan mereka, memberi intruksi/memerintahkan bawahan mereka, dan membantu bawahan dalam mengatasi masalah operasional. Mereka menyusun pekerjaan sehari hari, menetapkan tujuan untuk memberikan perintah atau mendelegasikannya dengan perusahaan akuntan. Mereka tidak akan ragu untuk disiplin atau memberikan teguran, tetapi melakukannya secara adil dan tanpa menimbulkan kemarahan dari bawahannya.

7. Compromiser

Gaya kepemimpinan ompromiser adalah gaya kepemimpian yang kurang efektif (Less Effective Leadership Style). Tipe tes kepribadian online ini adalah pasangan yang komunikatif. Mereka yang masuk dalam tipe ini lebih fokus untuk mencapai tugas yang diberikan untuk mencapai tugas yang diberikan. Memiliki kesadaran yang kuat untuk berhubungan dengan orang lain.

8. Executive

Gaya Kepemimpinan executive adalah gaya kepemimpinan Lebih Efektif (More Effective Leadership Style). Memiliki tipe kepemimpinan yang realistis, mereka memiliki gambaran konsultatif, interaktif, dan pemecahan masalah. Tipe ini dituntut untuk mengelola operasi yang perlu ekspor solusi alternatif, penyatuan sumber daya, dan mengintegrasi perspektif.

Berbagai tipe tes kepribadian online dengan MSDT ini perlu dipelajari agar Anda bisa lolos dalam tes. Sehingga mendapatkan jabatan yang diinginkan.

Tes Kepribadian Online

NS Development menyediakan aplikasi tes kepribadian dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpercaya dengan menyediakan aplikasi tes kepribadian online. Menggunakan Aplikasi tes kepribadian Online memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes kepribadian.

Tes Kepribadian Online NS Development dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Tes Kepribadian Online NS Development? Dapat mengunjungi langsung link tautan Tes Kepribadian Online.