logo PT Nirmala Satya Development
Tes MBTI

Terdapat delapan fungsi kepribadian dalam tes MBTI dapat memberikan wawasan yang berguna mengenai kelebihan, kelemahan, dan minat bakat seseorang

Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) adalah tes kepribadian yang mengklasifikasikan individu ke dalam salah satu dari 16 tipe kepribadian berdasarkan empat preferensi dikotomis: Ekstraversi dan Introversi, Penginderaan dan Intuisi, Pemikiran dan Perasaan, serta Penilaian dan Persepsi. Setiap tipe kepribadian memiliki kekuatan, kelemahan, dan ciri-ciri unik yang dapat membantu Anda menemukan potensi dan minat bakat Anda yang sebenarnya.

Dalam artikel ini, kita akan melihat delapan ciri-ciri kepribadian dalam tes MBTI hubungannya dengan minat bakat.

1. Pemikiran Ekstravert (TE)

Ditandai dengan penekanan pada keaslian dan analisis logis terhadap dunia luar, orang-orang dengan Te yang kuat cenderung terorganisir, efisien, dan berorientasi pada tugas. Mereka adalah pemecah masalah yang baik dan membuat keputusan dengan cepat dan objektif. Menurut konsultan karier Marci Albohar, orang dengan Te yang kuat cenderung mengejar karier yang mengharuskan mereka menggunakan kemampuan berpikir logis untuk memecahkan masalah yang kompleks, seperti bisnis, teknik, hukum, dan militer.

2. Pemikiran Introvert (TI)

Ini adalah kemampuan untuk fokus pada analisis internal dan sistem logis. Orang yang sangat introvert cenderung analitis, kritis, dan logis. Mereka senang mengeksplorasi konsep dan teori yang rumit dan sering tertarik pada bidang-bidang seperti akademis, penelitian dan teknologi. Menurut pelatih karier Diane Kulseth, orang-orang dengan Ti yang kuat cenderung menghargai kemampuan untuk memecahkan masalah secara kreatif dan berpikir di luar kebiasaan.

3. Feeling Extrovert (FE)

Ditandai dengan penekanan pada dinamika emosional dan sosial yang terbuka. Extraversion (Fe): ditandai dengan penekanan pada emosi dan dinamika sosial yang keluar. Mereka pandai membangun hubungan dan sering bekerja dalam profesi seperti konseling, pekerjaan sosial, dan pendidikan. Menurut psikolog Dr Susan Krauss Whitbourne, orang dengan skor Fe yang tinggi cenderung memiliki keinginan yang kuat untuk membantu orang lain dan memberikan dampak positif bagi komunitas mereka.

4. Perasaan Introvert (FI)

Ditandai dengan fokus pada perasaan dan nilai-nilai introvert, orang-orang dengan Fi tinggi cenderung peduli, idealis dan tertutup. Mereka senang mengeksplorasi nilai-nilai dan keyakinan mereka dan sering tertarik untuk berkarier di bidang seni, konseling dan pekerjaan sosial. Menurut pelatih karier Emily Wapnick, orang dengan Fi tinggi merasakan tujuan dan makna yang mendalam dalam pekerjaan mereka dan sering kali didorong oleh keinginan untuk membuat perbedaan di dunia.

5. Ekstroversi (SE)

Fungsi ini ditandai dengan fokus pada pengalaman indrawi dari dunia eksternal dan di sini dan sekarang. Orang dengan ekstroversi yang kuat cenderung berorientasi pada tindakan, spontan, dan berjiwa petualang. Mereka sering tertarik pada karier di mana mereka dapat menggunakan kemampuan fisik dan intuisi mereka untuk sukses, seperti olahraga, hiburan, dan kewirausahaan. Menurut psikolog Dr Dario Nardi, orang dengan Se yang kuat cenderung mudah beradaptasi dan dapat berkembang di lingkungan yang serba cepat dan tak terduga.

6. Introverted Sensory (SI)

Fungsi ini ditandai dengan fokus pada pengalaman dan ingatan indera batin. Introvert Sensory (Si): Fungsi ini ditandai dengan fokus pada pengalaman dan ingatan indrawi bagian dalam. Mereka cenderung tertarik pada karier yang membutuhkan keterampilan organisasi dan perhatian terhadap detail, seperti perawatan kesehatan, akuntansi, dan administrasi. Menurut pelatih karier Julie Janssen, orang-orang dengan Si yang kuat cenderung dapat diandalkan dan dipercaya serta dihargai karena kemampuan mereka untuk memastikan akurasi dan konsistensi dalam pekerjaan mereka.

7. Intuisi Ekstravert (NE)

Intuisi Ekstravert (Ne) adalah kemampuan untuk melihat kemungkinan dan pola di dunia luar. Mereka cenderung inovatif dan ingin tahu serta senang mengeksplorasi ide dan konsep baru. Mereka cenderung tertarik pada karier di mana mereka dapat menggunakan kreativitas dan intuisi mereka untuk menghasilkan ide dan inovasi baru, seperti periklanan, pemasaran, dan kewirausahaan. Menurut psikolog Dr. A.J. Drenth, orang-orang dengan Ne yang kuat cenderung mudah beradaptasi dan berkembang dalam lingkungan yang dinamis dan tidak pasti.

8. Intuisi Introvert (NI)

Ditandai dengan fokus pada wawasan dan pola batin, orang-orang dengan Ni yang kuat cenderung intuitif dan berwawasan luas, dan senang mengeksplorasi makna dan hubungan yang lebih dalam dari berbagai hal. Mereka sering tertarik pada karier yang memungkinkan mereka menggunakan intuisi dan wawasan mereka untuk mengungkap kebenaran yang tersembunyi dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang dunia, seperti bidang psikologi, penelitian, dan spiritualitas.

Kesimpulannya, delapan fungsi kepribadian dalamĀ tes MBTI dapat memberikan wawasan yang berguna mengenai kelebihan, kelemahan, dan minat bakat seseorang. Dengan memahami fungsi-fungsi ini dan bagaimana kepribadian ini berhubungan dengan karier dan bidang studi yang berbeda, individu dapat memperoleh pemahaman dan pengetahuan yang lebih dalam tentang potensi mereka sendiri dan membuat keputusan yang tepat tentang masa depan mereka.

Artikel berhubungan: