logo PT Nirmala Satya Development
Psikotes Online

Kehadiran psikotes online benar-benar membantu menentukan penjurusan dan penelusuran minat dan bakat siswa.

Pelaksanaan psikotes online menawarkan banyak kemudahan. Ini berkat transformasi dari tools psikotesnya sehingga dengan inovasi terbaik bisa menjadi bentuk tes online.

Selain proses rekrutmen karyawan, kehadiran psikotes kini penting dalam seleksi mahasiswa dan memilih penjurusan. Banyaknya kasus pelajar salah mengambil jurusan bukanlah isapan jempol belaka. Sebagai antisipasinya, Anda bisa mengikuti tes psikologi online. 

Alat Psikotes Online yang Tepat bagi Instansi Pendidikan dan Sekolah

Tentu tidak boleh asal-asalan memilih platform psikotes. Terlebih jika tujuan Anda untuk menentukan jurusan sekolah atau kuliah.

Memilih jurusan yang tidak sesuai dengan passion akan membuat kita kehilangan minat dengan materi di jurusan tersebut. Supaya hal buruk tersebut tidak menimpa Anda, rajinlah menggali potensi diri. 

Salah satu platform psikotes terpercaya untuk memudahkan Anda memilih jurusan dengan mengenal potensi diri adalah NS Development. Bagi kami, Anda berhak mendapatkan layanan terbaik untuk melakukan asesmen dengan mudah, murah, dan cepat.

Mengadaptasi konsep simple and paperless, NSD meniadakan penggunaan kertas. Adapun jenis psikotes online yang sering muncul meliputi:

Tes Minat Bakat 

Dalam konteks sekolah menengah, tes minat bakat merupakan alat seleksi untuk membantu siswa mengetahui arah yang jelas terkait minat dan bakatnya sehingga bisa mengikuti materi dengan nyaman. Dalam prakteknya, psikotes minat dan bakat berwujud serangkaian tes dan analisa yang membantu mendeskripsikan kemampuan kognitif, karakteristik minat, dan kepribadian siswa yang berorientasi pada jurusan tertentu.

Dengan tes tersebut, peserta menjadi tahu dan sadar akan minat dan potensi kognitifnya. Kedepannya, menjadi lebih percaya diri.

Kandidat tes juga mudah melihat dinamika kepribadian, kegemaran dan hal lain yang menarik perhatian mereka. Mudahnya, tes ini lebih menekankan pada kecocokan 2 hal, yakni tipologi kepribadian dan lingkungan yang ideal untuk mendukung perkembangannya.

Penelusuran minat dan bakat peserta psikotes online melalui tes SDS Holland, test RMIB, dan area kecerdasan majemuk. Berbekal sistem multi user dan multi akses, NSD memungkinkan peserta tes menggunakan sistemnya meski dengan akses yang berbeda. 

Tes Kepribadian

Lain lagi dengan tes kepribadian online, yakni tes yang bertujuan untuk mengenali diri serta membantu mengembangkan karir di dunia kerja. Karena berbasis online, maka Anda bisa menggunakannya lebih mudah.

Psikotes kepribadian online  yang bisa Anda jumpai di NS Development meliputi tes MBTI, MMPI, PAPI Kostick, DISC, EPPS, MSDT, Big Five Personality, dan 16 PF online.

Dari tes kepribadian tersebut, tes MBTI online paling populer. Dengan MBTI online, kepribadian peserta tes bisa terlihat jelas lengkap dengan rekomendasi jurusan yang sesuai.

Lain lagi dengan tes MMPI. Ikuti tes MMPI dari NSD dengan biaya terjangkau dan ungkap dengan pasti apa dan bagaimana kepribadian Anda sesungguhnya.

Selain kepribadian, tes MMPI online juga mengungkap psikopatologi peserta tes. Hasil psikotes online akurat dan reliabel. Sebagai tes kepribadian komprehensif, MMPI efektif untuk deteksi dini masalah kejiwaan.

Tes kepribadian juga bantu mengungkap 20 aspek kepribadian yang diringkas menjadi 7 aspek dinamika kepribadian. Mulai energi dan dinamika kerja, leadership, kecepatan dan ketahanan, sifat sosial, ketaatan, temperament, dan gaya kerja.

Ketujuh aspek dalam aplikasi tes PAPI Kostick online disertai dengan berbagai fitur pendukung ketika tes dilaksanakan. Ini menjadikan hasil tes realtime dan bisa didownload dalam file PDF dalam waktu singkat.

Tes Akademik

Tes akademik populer dengan sebutan TEPAD. Sesuai namanya, tes bertujuan untuk keperluan menggali potensi kemampuan akademik dan skolastik yang ekuivalen dengan kemampuan intelegensi. NSD mendesain tes akademik dengan berbagai setting.

Ini membuat psikotes akademik online bisa digunakan untuk bermacam-macam keperluan. Mulai identifikasi kemampuan calon mahasiswa ketika di tahap seleksi, rekrutmen karyawan, hingga asesmen jabatan. 

Adapun desain tes akademik NSD bersumber pada teori CHC. Dan, aspek pengukuran tes meliputi makna kata, analogi, pemahaman wacana, silogisme, deret angka, aritmatika, perbandingan, serial, dan matriks.

Bagaimana, kehadiran psikotes online benar-benar membantu menentukan penjurusan bukan? Dengan penjurusan tepat, Anda akan merasa bahagia dan nyaman mempelajari setiap materi. Ini akan membantu Anda mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan di awal dalam waktu singkat. Hubungi NSD untuk mewujudkannya.

Artikel berhubungan: