logo PT Nirmala Satya Development
Psikotes Online Gratis

Psikotes online gratis yang bermanfaat dalam mengukur beberapa aspek. Aspek tersebut yang erat kaitannya pada tempat kerja.

Psikotes online gratis yang bermanfaat dalam mengukur beberapa aspek. Sebelum masuk kerja pada sebuah perusahaan, biasanya Anda perlu melakukan sejumlah tes. Salah satu jenis tes yang digunakan yakni psikotes. Untuk mempersiapkan diri, maka bisa mulai dengan membaca-baca maupun latihan mengerjakan tes psikotes.

Saat ini terdapat banyak situs psikotes yang bisa Anda akses secara gratis. Tes psikologi memang lebih sering menyebutnya sebagai tes psikotes. Tes yang menjadi salah satu syarat wajib dalam melamar kerja yang biasa perusahaan terapkan.

Psikotes yang berarti sebagai bentuk evaluasi, tes tertulis, visual, maupun verbal yang dilakukan oleh psikolog. Hal tersebut untuk menilai fungsi kognitif serta emosional seseorang.

Inilah Aspek yang Diukur Melalui Psikotes Online Gratis

Biasanya perusahaan melakukan tes psikotes untuk bisa mengetahui karakter maupun kepribadian setiap orang. Hal tersebut karena perusahaan ingin mendapatkan kandidat yang sesuai serta sejalan dengan visi misi perusahaan.

Masing-masing setiap perusahaan memiliki jenis tes psikologi yang berbeda-beda. Tentu saja akan sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar. Tes tersebut membutuhkan pemeriksa oleh ahli serta terlatih. Sebab, tidak bisa sembarangan orang yang bisa melakukannya.

Untuk itu, terdapat banyak tes psikotes yang bisa Anda akses melalui internet. Perlu Anda ketahui, tes tersebut akan menilai berbagai kemampuan serta atribut mental. Termasuk, pencapaian, kemampuan, kepribadian, hingga fungsi neurologis seseorang. 

Dengan berbagai kegunaan tersebut, psikotes online gratis bisa mengukur beragam aspek. Pengukuran aspek untuk kepentingan pada tempat kerja adalah sebagai berikut.  

Kemampuan Kognitif

Kemampuan kognitif yang biasa disebut dengan cognitive ability maupun intelligence. Jenis kemampuan yang akan menerima serta mengolah berbagai bentuk informasi. Kemampuannya yang mencakup kemampuan mengingat, membaca, dan mempelajari hal baru. Bahkan juga  menganalisa, membuat keputusan, berbahasa, hingga memfokuskan perhatian akan satu hal.

Pada dunia kerja, kemampuan ini yang akan menentukan kemampuan seseorang dalam mengidentifikasi, memahami, hingga memberi solusi terhadap suatu permasalahan. Tingkatan jabatan maupun posisi yang berbeda juga akan memerlukan kemampuan kognitif berbeda pula.

Misalnya seperti posisi manajerial yang mewajibkan karyawan dalam melakukan pengambilan keputusan secara kompleks. Selain itu, juga mempengaruhi banyak pihak akan membutuhkan kemampuan kognitif berbeda dengan pekerjaan yang staf lakukan dan melibatkan kemampuan administrasi. Bahkan juga mengharuskannya untuk bekerja dengan teliti serta sesuai peraturan yang ada.

Kompetensi 

Tak hanya kemampuan kognitif, psikotes online gratis juga mengukur kompetensi atau soft skills yang tidak kalah penting dalam dunia kerja. Kompetensi meliputi kepemimpinan, berkolaborasi bersama tim, serta kemampuan berkomunikasi. Kemampuan tersebut yang tidak spesifik kebutuhannya dalam melakukan pekerjaan tertentu. Namun, penguasaan kompetensi tersebut akan menunjang kinerja seseorang.

Menurut survey, pemimpin perusahaan menilai jika kompetensi lebih penting daripada keterampilan teknis. Pada konteks pekerjaan, seseorang dengan permasalahan teknis tentunya juga memerlukan skill komunikasi maupun presentasi yang mumpuni.

Hal tersebut agar bisa menjelaskan masalahnya pada orang lain. Sebagian besar posisi juga mewajibkan karyawan dalam berkoordinasi dengan atasan maupun rekan kerja. Untuk itu, soft skill kolaborasi menjadi sangat penting.  

Motivasi dan Nilai

Jika akan menilai kecocokan seorang kandidat dengan budaya, nilai-nilai organisasi serta memperoleh gambaran motivasi kerja. Aspek motivasi serta nilai atau values kandidat juga perlu diukur menggunakan psikotes online gratis.

Aspek values meliputi keyakinan seseorang yang menjadi prinsip maupun motivasi dalam berperilaku. Pada tempat kerja, seringkali menyebutnya dengan istilah workplace values. Sebuah nilai-nilai seseorang yang akan menentukan hal paling memotivasi.

Nilai-nilai tersebut bersifat intrinsik, seseorang akan memperoleh kepuasan tersendiri dari pekerjaan yang dilakukan. Misalnya saat melakukan pekerjaan yang berdampak serta akan membantu kehidupan orang lain.

Selain itu, nilai tersebut juga akan bersifat ekstrinsik, seseorang lebih termotivasi dengan hal-hal dari luar dirinya maupun pekerjaannya. Baik itu meliputi kompensasi, pengakuan, serta jabatan.

Kepribadian

Aspek lainnya yang tak kalah penting dalam dunia kerja yakni kepribadian atau personality. Jika mengetahui kepribadian seseorang, maka bisa memberi gambaran tentang pekerjaan yang paling cocok. Selain itu, mengenai cara berinteraksi dengan orang lain, cara belajar, maupun reaksinya terhadap tekanan.

Psikotes online gratis juga bisa mengukur beragam aspek penting. Aspek tersebut yang erat kaitannya pada tempat kerja.

Artikel berhubungan: