logo PT Nirmala Satya Development
Tes IQ Online

Tes IQ online yang membantu dalam proses rekrutmen. Tes ini memiliki beberapa alat tes yang bisa digunakan dan hasil kredibel.

Tes IQ online memiliki peran penting dalam proses rekrutmen. Asesmen untuk rekrutmen akan memungkinkan perusahaan dalam membandingkan talenta potensial secara efektif. Selain itu,  memberi peringkat, serta menghemat waktu yang fokus terhadap talenta. Namun yang benar-benar memiliki potensi cocok dengan posisi yang dilamar. Pelaksanaan asesmen karena seleksi talenta potensial tidak cukup jika hanya melakukan screening CV maupun wawancara saja.

Dengan adanya asesmen, maka perusahaan bisa dengan mudah melakukan tes sesuai standar. Bahkan, menerima hasil terukur dan sesuai dengan indikator perusahaan. Jika menggunakan data yang solid selama perekrutan meningkatkan candidate experience. Sebab, menjadi lebih mudah, akurat, serta memiliki hasil kredibel hasil. Salah satu jenis tes dalam perekrutan yakni tes IQ. Bahkan saat ini tersedia tes secara online yang menggunakan alat terpercaya.

Tes IQ Online untuk Rekrutmen dengan Alat Modern

IQ merupakan singkatan dari intelligence quotient yang bisa mengukur kemampuan penalaran seseorang. IQ yang akan melambangkan seberapa baik seseorang dalam menggunakan informasi maupun logika saat menjawab pertanyaan atau membuat prediksi. Tingkat IQ ini sering menghubungkannya dengan kemampuan dalam membuat perhitungan. Bahkan juga bisa berpengaruh terhadap pengambilan keputusan.

IQ memiliki jenis skor standar yang menampilkan jauh standar inteligensi seseorang dari kelompok sebaya. Manusia memiliki IQ  rata-rata 100. Perolehan standar ini dengan menerapkan tes yang sama untuk sejumlah sampel populasi dari semua strata sosial ekonomi pada masyarakat. Untuk mendapat skor IQ, maka membutuhkan penilaian berupa tes IQ yang mengukur memori jangka pendek maupun jangka panjang.

Terlebih saat ini persaingan kerja untuk setiap posisi menjadi lebih menantang. Proses perekrutan yang akan menyaring lamaran dari beberapa talenta potensial. Bahkan hingga proses onboarding talenta pada perusahaan baru yang semakin rumit. Metode asesmen talenta pada perusahaan terbaik membantu mendapat kecocokan dengan talenta potensial pada lowongan yang tersedia. Salah satunya yakni dengan menggunakan tes IQ online.

Jenis Alat Tes Modern

Pada tes online, terdapat beberapa alat tes yang bisa peserta gunakan. Adapun beberapa penggunaan alat tes modern, sebagai berikut:

Tes IST atau Intelligenz Struktur Test online yang akan mengukur kemampuan analitis. Selain itu, mengetahui kemampuan membayangkan dengan antisipatif terhadap perubahan kondisi ruang.

Tes WPT atau Wonderlic Personnel Test online sebagai alat ukur psikologi. Fungsinya untuk mengukur kemampuan kognitif dari pengukuran tingkat kemampuan belajar. Selain itu,  memecahkan masalah, serta memahami instruksi.

Tes TIU atau Tes Intelegensi Umum online yang mencakup kemampuan figural, verbal, hingga numerik. Penggunaan alat tes IQ online ini juga berguna untuk tes ujian peserta CPNS 2023.

Tes SPM atau Standard Progressive Matrices online bisa mengukur kecerdasan dari orang dewasa. Hal paling banyak terungkap yakni faktor generat atau kemampuan umum dari seseorang. Orientasi dari tes SPM terdapat hubungan-hubungan abstrak.

Tes CFIT atau Culture Fair Intelligence Test online menjadi tes psikologi khusus dalam mengukur faktor intelektual atau kecerdasan seseorang. Namun secara objektif serta tidak memihak pada faktor suatu budaya.

Pengaruh IQ pada Dunia Kerja

Tes IQ online biasanya menjadi tes standar dalam menguji kemampuan mental individu. Selain itu, mencoba memprediksi kemampuannya untuk memproses data kuantitatif maupun kualitatif. Sehingga yang bisa menggambarkan kapasitas dalam menangani situasi yang berbeda. Secara historis, satu-satunya bentuk ukuran kekuatan maupun kemampuan otak dalam hal ini bisa diandalkan yakni menggunakan tes IQ standar. Meski, yang jarang penggunaannya dalam lingkungan bisnis.

Meski demikian, tidak pernah benar-benar mengabaikan penggunaan tes IQ saat  menilai talenta perusahaan. Jika ini tidak bisa terlaksana, berarti sebagai praktisi HR telah mengabaikan satu metode. Padahal bisa membantu dalam mengidentifikasi talenta potensial terbaik selama melakukan proses perekrutan.

Terdapat pelajaran yang bisa diambil dari kekuatan prediksi tes IQ. Khususnya saat mengetahui secara akurat seberapa sukses seseorang dalam melakukan aktivitas tertentu, termasuk bekerja pada perusahaan. Hasil penilaian atas keterampilan kognitif dari tes IQ  seseorang secara langsung berpengaruh pada aktivitas harian.

Meski menggunakan alat tes modern, penting bagi perusahaan untuk bisa menyelaraskan nilai skor tes IQ online tersebut. Tentunya dengan pembuktian mengenai pemahaman talenta potensial terkait posisi maupun jabatan profesional yang dilamar.

Artikel berhubungan: