logo PT Nirmala Satya Development
Tes IQ Online

Alat Tes IQ online cukup beragam, salah satunya tes IST. Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan intelektual seseorang dengan sembilan subtes.

NS Development menghadirkan aplikasi sekaligus layanan tes IQ online dengan berbagai fitur canggih. Hal ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan tes yang efisien dan berkualitas.

Sebagai penyedia tes IQ bersertifikat dari psikolog, NS Development menjamin pengalaman terbaik dalam mengukur kemampuan intelektual setiap individu.

Penyelenggaraan tes ini mengutamakan ketepatan dalam memberikan hasil. Dengan tes IQ ini, Anda akan menerima hasil tes secara real-time.

Tes IQ Online, Mengukur Kemampuan Intelektual Secara Mudah

Dalam pelaksanaan tes IQ ini, NS Development menghadirkan beragam pilihan alat tes yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. Salah satunya adalah tes IST (Intelligenz Struktur Test) online.

Alat tes ini memiliki peran yang sangat penting dalam mengukur kemampuan intelektual seseorang. Jika Anda ingin tahu lebih detailnya, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Penjelasan Singkat Tes IST (Intelligenz Struktur Test) Online  

Tes IST (Intelligenz Struktur Test) Online menjadi salah satu opsi terbaik untuk mengukur dan memahami kemampuan intelektual Anda. Tes ini telah diadaptasi supaya bisa digunakan di Indonesia.

IST pertama kali dikembangkan oleh Rudolf Amthaeur di Frankfurt Main, Jerman, pada tahun 1953. Tes ini telah menjadi salah satu alat terkemuka untuk mengukur intelegensi di seluruh dunia.

Dalam Tes IST, terdapat sembilan subtes yang terdiri dari 176 item soal. Proses pengerjaan tes ini membutuhkan waktu sekitar 90 menit, dengan instruksi yang berbeda-beda untuk setiap subtesnya.

Sementara itu, tes IST dapat Anda lakukan secara individu atau kelompok (klasikal). Hal ini memberikan fleksibilitas kepada peserta tes.

Untuk memastikan akurasi dan nilai tes IST, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Seperti kemampuan seorang tester dalam menyajikan tes, melakukan proses skoring, hingga interpretasi hasil.

Komponen-Komponen Subtes IST (Intelligenz Struktur Test)  

Dalam tes IQ Online, IST terdiri dari komponen-komponen subtes. Berikut adalah beberapa subtes penting yang ada dalam Tes IST.

1. Subtes Satzerganzung (SE)

Mengukur kemampuan berpikir kongkrit dan praktis, keinginan berprestasi, kemampuan pengambilan keputusan, common sense, pembentukan pendapat, hingga kemandirian dalam berpikir.

2. Subtes Wortauswahl (WA)

Mengukur kemampuan bahasa dengan menangkap makna inti dari informasi yang disampaikan, serta kemampuan empati dan berpikir induktif melalui bahasa.

3. Subtes Analogien (AN)

Mengukur kemampuan berpikir fleksibel, kemampuan menghubung-hubungkan atau mengkombinasikan, resistensi, kemampuan untuk berubah dan beradaptasi dalam berpikir.

4. Subtes Gemeinsamkeiten (GE)

Mengukur kemampuan memahami esensi pengertian kata. Selain itu, kemampuan menemukan kesamaan esensial antara beberapa kata.

5. Subtes Rechhenaufgaben (RA)

Mengukur kemampuan berpikir logis, kemampuan berhitung, dan kemampuan berpikir runtut dalam mengambil keputusan.

6. Subtes Zahlenreihen (ZR)

Mengukur kemampuan berhitung berdasarkan analisis informasi berbentuk angka.

7. Subtes Figurenauswahl (FA)

Mengukur kemampuan membayangkan secara menyeluruh dengan menggabung-gabungkan potongan objek visual untuk membentuk suatu bentuk tertentu.

8. Subtes Wurfelaufgaben (WU)

Mengukur kemampuan analisis dengan unsur imajinasi, kreativitas, fleksibilitas berpikir, hingga kemampuan menyusun perubahan keadaan ruang secara antisipatif.

9. Subtes Merkaufgaben (ME)

Mengukur kemampuan daya ingat, kemampuan memperhatikan dan menyimpan informasi dalam jangka waktu yang lama.

Skoring Tes IST (Intelligenz Struktur Test)

Sebagai salah satu alat tes dalam tes IQ online, IST memiliki teknik skoring yang berbeda. Proses skoring tes IST dilakukan dengan memeriksa setiap jawaban sesuai kunci jawaban yang telah tersedia.

Setiap jawaban yang benar mendapatkan nilai 1. Sementara itu, jawaban yang salah mendapatkan nilai 0, kecuali untuk Subtes Gemeinsamkeiten (GE).

GE memiliki skala penilaian 2, 1, atau 0 tergantung pada jawaban yang Anda berikan. Total nilai benar sesuai dengan kunci jawaban disebut sebagai Raw Score (RW).

Kemudian, nilai RW ini bisa Anda bandingkan dengan aturan yang sesuai dengan kelompok usia. Hasil perbandingan tersebut dikenal dengan istilah Standardized Score (SW).

Tes IST online menjadi alat yang andal untuk mengukur kemampuan intelektual seseorang. Apalagi, dengan fitur tes online yang lengkap, memungkinkan Anda mendapatkan hasil tes secara instan.

Bahkan, laporan hasil tersebut dapat Anda unduh dalam format PDF. NS Development menjamin pengalaman tes IQ online Anda lebih efisien dan praktis. Anda pun bisa mendapatkan pemahaman kemampuan intektual dengan baik untuk mempersiapkan masa depan yang lebih cerah.

Artikel berhubungan: