logo PT Nirmala Satya Development
Tes IQ Online

Tes IQ Online memiliki berbagai keunggulan tersendiri yang lebih menguntungkan bagi banyak pihak daripada tes paper base.

Tes IQ Online tidaklah berbeda dengan tes biasanya atau paper base, namun yang berubah adalah cara serta media pelaksanaan tesnya. Hal tersebut membuat tes secara online memiliki berbagai kelebihan tersendiri daripada tes paper base. Tes IQ sendiri tentunya sudah tidak terlalu asing bagi Anda bukan?

Bahkan Anda mungkin sudah pernah beberapa kali melaksanakan tes IQ ini. IQ atau Intelligence Quotient sendiri secara singkat merupakan ukuran kemampuan penalaran seseorang. Sehingga tes IQ merupakan tes yang bisa mengukur seberapa baik seseorang dalam menggunakan logika untuk menjawab pertanyaan.

Tes IQ digunakan untuk berbagai tujuan yang cukup penting. Misalnya untuk kepentingan sekolah demi melihat kemampuan dan potensi siswa. Kemudian tes ini juga bisa berguna untuk seseorang yang membutuhkan petunjuk untuk karir yang cocok dengannya. Selain itu tentunya masih ada banyak pemanfaatan tes IQ lainnya.

Tes IQ Online, Berikut Berbagai Keunggulannya

Banyak sekali orang yang melakukan atau menyelenggarakan tes IQ karena bisa menilai kecerdasan seseorang atau mengukur memori jangka pendek dan jangka panjang dengan cara memberikan pertanyaan atau tes. Hasil ters tersebut tentunya sangat penting dan berguna bagi pihak yang memang membutuhkannya.

Dulu tes IQ banyak dijalankan secara offline atau paper base. Dalam metode ini maka seluruh peserta tes mengerjakan tes IQ menggunakan media kertas dan juga alat tulis. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, mulai muncul pelaksanaan tes secara online yang pastinya lebih modern dan mudah.

Tes secara online ini tentunya sama sekali tidak mengubah tujuan sebenarnya dari pelaksanaan tes intelegensi tersebut. Jadi tujuan serta manfaat dari pelaksanaan tes online ini sama dengan tes paper base. Hanya saja tata cara pelaksanaan tesnya yang berbeda. Tes yang semula berlangsung offline kini menjadi secara online.

Tes IQ online juga memiliki beberapa kelebihan tersendiri daripada tes paper base. Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan atau keunggulan dari tes secara online ini:

Tidak Perlu Kertas

Seperti yang telah tersebutkan sebelumnya, tes paper base masih menggunakan kertas. Hal tersebut tentu membuat penyelenggara harus menyediakan kertas yang cukup banyak. Metodenya sangat berbeda dengan tes online yang tidak menggunakan kertas. Akan tetapi tes online ini menggunakan koneksi internet dan device.

Tes online akan memberikan soal tes pada peserta secara online dengan memanfaatkan koneksi internet. Nantinya peserta bisa mengerjakan tes tersebut melalui perangkat ponsel maupun laptop milik mereka sendiri. Dengan cara online ini tentunya bisa meminimalisir penggunaan kertas dan mengurangi biaya pengeluaran.

Hasilnya Lebih Akurat

Keakuratan hasil tes IQ online lebih baik dan lebih akurat daripada tes paper base. Seperti yang kita tahu tes paper base yang menggunakan kertas masih mengandalkan manusia dalam hal penilaian tes. Artinya hasil pengerjaan tes peserta akan diperiksa satu-persatu oleh petugas. Hal tersebut tentunya memiliki peluang human error.

Artinya petugas mungkin saja bisa salah dalam menilai tes sehingga nilainya menjadi kurang akurat. Akan tetapi hal tersebut tidak akan terjadi pada pelaksanaan tes secara online. Sebab dalam penilaiannya, tes ini sudah menggunakan sistem dan menihilkan peran manusia. Sehingga bisa mencegah terjadinya human error.

Memudahkan Peserta Tes

Pelaksanaan tes IQ online ini tentunya juga akan sangat memudahkan para peserta tesnya. Sebab peserta tidak perlu repot menyediakan alat tulis maupun persiapan tes paper base lainnya. Peserta hanya perlu menyiapkan perangkat baik smartphone maupun laptop serta jaringan internet yang lancar dan tidak lemot.

Dengan beberapa kelebihan tersebut, tidak heran jika zaman sekarang banyak orang yang beralih menggunakan tes Intelligence Quotient secara online. Nah, jika Anda juga ingin melakukan tes Intelligence Quotient secara online, maka NS Development bisa menjadi pilihan utama yang terbaik untuk Anda.

NS Development menghadirkan layanan tes IQ dengan berbagai fitur-fitur yang mendukung pelaksanaan tes. Semua proses tes IQ hingga penilaiannya juga berlangsung secara online. Dengan NS Development, Anda bisa menyelenggarakan tes IQ terbaik untuk individual maupun klasikal dengan hasil real time dan akurat.

Dengan kelebihan tersebut Anda tidak perlu ragu menyelenggarakan tes IQ online bersama NS Development.

Artikel berhubungan: