logo PT Nirmala Satya Development
Tes IQ Online

Tes IQ online memiliki banyak manfaat dalam berbagai kebutuhan. Skor tes IQ terbagi menjadi 7 tingkatan yakni sebagai berikut.

Tes IQ online memiliki banyak manfaat dalam berbagai kebutuhan. Keberadaan tes ini kerap dijadikan sebagai salah satu acuan dalam menilai kepribadian maupun kecerdasan dari seseorang. Pada beberapa momen nyatanya tes ini benar-benar dibutuhkan. Seperti halnya untuk kebutuhan rekrutmen ataupun mengetahui minat bakat serta untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Ketahuilah, pada dasarnya teks tersebut juga sangat cocok untuk semua kalangan, terlebih bagi anak-anak remaja. Sebelum melakukan tes tersebut, terdapat beberapa pertimbangan yang harus benar-benar calon peserta pertimbangkan dengan baik.

Di sisi lain, tes IQ juga memberikan keuntungan terhadap suatu perusahaan. Hal ini tidak lain bisa sedikit lebih banyak tahu akan minat bakat calon karyawannya. Dengan demikian itu peranan tes IQ tersebut akan semakin banyak digunakan dan diminati. Apalagi saat ini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan adanya sistem digital ataupun online.

Beberapa Tingkatan dalam Tes IQ Online

Perlu Anda ketahui, tes IQ adalah Intelligence Quotient yakni penilaian guna mengukur kemampuan kognitif seseorang. Sedangkan untuk kemampuan kognitif itu sendiri merupakan sebuah kemampuan inti otak untuk berpikir, mengingat, belajar, serta memusatkan perhatian. Hasil setelah melakukan tes tersebut nantinya akan dijadikan sebagai ukuran untuk menilai kemampuan juga potensi.

Hasil Tes IQ

Nyatanya dalam melakukan tes tersebut terdapat beberapa tingkatan yang harus Anda ketahui. Agar, nantinya setelah mendapatkan hasil Anda bisa menilai, sebenarnya kemampuan yang Anda miliki masuk dalam IQ yang rendah, tinggi, atau tengah-tengah.

Untuk tingkatan 69 ke bawah adalah intellectual disability atau fungsi intelektual yang rendah. Kemudian untuk 70-79 adalah tingkat batas fungsi intelektual atau borderline, 80-89 low average atau rata-rata rendah. Selanjutnya untuk tingkatan 90-109 average yang berarti rata-rata, 110-119 high average (rata-rata tinggi), 120-129 superior (di atas rata-rata), dan 130 ke atas adalah very superior (cerdas).

Dari beberapa tingkatan tersebut, bisa ditarik kesimpulan untuk hasil tes IQ online yang normal itu kisaran angka 90-109. Kerap kali nilai atau skor IQ yang tinggi dari seseorang menandakan bahwa dirinya memiliki kemampuan akademis yang baik. Walaupun demikian, nilai tersebut juga tidak bisa selalu kita jadikan sebagai patokan. Pasalnya, kapanpun kita melakukan tes tersebut, hasilnya akan selalu berbeda.

Manfaat Tes IQ

Sebelumnya, sudah sedikit kita singgung bahwa manfaat dari tes IQ secara online itu sangat banyak. Berikut bisa Anda simak poin-poinnya.

Kebutuhan Masuk Perguruan Tinggi

Pertama untuk remaja atau anak SMA. Seperti yang sudah kita ketahui juga, anak-anak yang sudah menduduki sekolah menengah atas akan merasa bingung untuk melanjutkan jenjang universitas atau perguruan tinggi. Padahal sebenarnya, manfaat yang bakal mereka dapatkan ketika melakukan tes IQ ini adalah bisa membantu untuk menentukan jurusan yang tepat dan terbaik sesuai kemampuan.

Setiap tes nantinya juga akan berbeda. Misalnya adalah tes IQ online untuk anak SMA. Sudah pasti dalam tes tersebut semua akan mudah untuk dipahami. Entah untuk soal logika, tata bahasa, ataupun yang lainnya. Sedangkan soal yang harus dikerjakan biasanya adalah, numerikal, verbal, serta spasial. Anak remaja yang sudah mengikuti tes tersebut juga bisa terus berupaya mengembangkan kemampuan intelektualnya.

Kebutuhan Rekrutmen

Lain halnya dengan manfaat tes IQ online untuk kebutuhan rekrutmen. Baik bagi karyawan maupun perusahaan tes tersebut memberikan manfaat yang besar. Umumnya tes untuk rekrutmen ini berfungsi untuk mengukur intelektual seseorang. Termasuk juga berpikir, logis, problem solving, juga analitis. Dengan demikian itu, nantinya pemilik perusahaan akan lebih mudah untuk mengidentifikasi calon karyawan.

Kebutuhan Prediktor Performa Kerja

Berikutnya, akan bermanfaat sebagai prediktor performa kerja. Pada dasarnya tingkat kecerdasan seseorang itu juga mempunyai korelasi dengan kemampuan belajar yang dimiliki, beradaptasi, dan menghadapi situasi yang mengalami perubahan. Dengan demikian itu, perusahaan juga bisa memprediksi calon karyawan dengan tugas-tugas yang butuh solusi, pemikiran kreatif, juga analisis.

Apabila suatu hari Anda mendapati seseorang ada yang mendapatkan skor tes IQ online rendah, bukan berarti menandakan anak itu bodoh. Karena pada dasarnya hasil mengikuti tes ini bisa berubah kapan saja. Tak hanya itu saja, kecerdasan itu sendiri merupakan perpaduan dari banyak faktor.

Seseorang yang mendapatkan nilai IQ rendah, bisa saja memiliki potensi di luar akademik. Misalnya dalam aspek olahraga, musik, atau yang lainnya. Jadi, jangan pernah terburu-buru menilai skor tes IQ Online yang rendah itu adalah seseorang yang tidak memiliki kemampuan dan bakat.

Artikel berhubungan: