logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Online

Untuk mengetahui minat dan bakat, maka perlu dilakukan sebuah pengetesan/percobaan psikologis. Karena minat dan bakat adalah ranah psikologi, sehingga pengetesan seharusnya dilakukan oleh ahli yang kompeten dibidangnya, yaitu psikolog

Untuk mengetahui potensi minat dan bakat, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah melakukan tes Minat Bakat. Bakat merupakan sebuah anugrah yang mahakuasa yang diberikan untuk setiap orang. Bakat merupakan kemampuan bawaan seseorang yang merupakan potensi yang masih perlu dilatih dan dikembangkan agar dapat terwujud. Jadi bakat merupakan sebuah wadah. Bagaimanapun besarnya sebuah wadah kalau tidak dikembangkan, diisi, distimulasi, maka wadah itu tetap kosong. Tetapi jika wadah tersebut diisi, maka potensinya akan semakin besar. Salah satu yang mempengaruhi keterisian wadah tersebut adalah minat. Jika seseorang memiliki minat yang besar, disertai dengan kapasitas wadah yang besar, maka akan menghasilkan seseorang yang luar biasa.

Jadi tes minat dan bakat adalah mencocokkan antara bakat dan minat agar sejalan. Bakat diumpakan wadah, dan minat adalah upah atau tekad untuk mengisinya. Jika seseorang memiliki bakat yang besar disertai dengan minat yang besar pula, maka akan menghasilkan potensi yang luar biasa.

Untuk mengetahui minat dan bakat, maka perlu dilakukan sebuah pengetesan/percobaan psikologis. Karena minat dan bakat adalah ranah psikologi, sehingga pengetesan seharusnya dilakukan oleh ahli yang kompeten dibidangnya, yaitu psikolog. Psikolog akan mendeteksi minat dan bakat secara mendalam dan akan memberikan rekomendasi psikologis dalam upaya pengembangan minat dan bakat.

Jika anda sedang mencari layanan tes minat bakat, perlu berhati-hati. Kekeliruan dalam mendeteksi minat dan bakat, akan memberikan rekomendasi yang keliru pula. Berikut rekomendasi dalam mencari tempat tes minat dan Bakat.

Syarat Tes Minat Bakat yang Terpercaya

1. Diampuh oleh Psikolog

Karena tes minat bakat adalah ranah psikologi, maka seharusnya tes ini dlakukan oleh seorang yang ahli dibidang psikologi (psikolog). Tes minat bakat yang tidak diampuh oleh ahlinya akan memberikan rekomendasi minat bakat yang kemungkinan besar keliru. Rekomendasi yang keliru, akan menyesatkan anda.

2. Memiliki Tools (alat) yang terpercaya

Untuk mendeteksi minat dan bakat tentunya menggunakan alat. Dan alat untuk mendeteksinya seharusnya adalah alat tes yang terpercaya. Alat tes yang tidak terpercaya, juga akan menghasilkan kesimpulan yang keliru. Jadi, jika ingin melakukan tes minat bakat, anda harus mengetahui alat tes apa saja yang digunakan. Tetapi jika anda telah menggunakan jasa psikolog, sudah dipastikan psikolog akan menggunakan alat tes yang terpercaya.

3. Tes Minat Bakat Premium

Di internet tersedia beberapa tes minat bakat gratis. Apakah anda percaya dengan hasil tes minat bakat yang gratis tersebut? Anda boleh saja mengikutinya, tetapi saran kami jangan langsung mempercayainya. Selain ketidaktahuan kita, apakah alat itu dikembangkan sesuai norma-norma (aturan-aturan) psikologi (psikometri), atau tidak. Besar kemungkinan rekomendasi yang diberikan akan menyesatkan anda.

4. Dapat diakses dengan mudah

Salah satu hal mendasar untuk tes minat bakat adalah akses ke psikolog. Jika ada psikolog disekitar anda, mungkin anda bisa langsung mendatanginya. Tetapi jika tidak ada, mungkin anda harus mencari alternatif lain. Alternatif lain adalah dengan tes minat bakat online. Tentunya anda harus berhati-hati dalam mencari layanan tes minat bakat online ini. Seharusnya tes minat bakat online di ampuh oleh psikolog yang pasti menggunakan alat tes yang terpercaya.

Salah satu tempat tes minat Bakat Online yang terpercaya adalah NS Development. NS Development memiliki psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya menangani pengembangan karir, minat dan bakat. Jika anda ingin melakukan tes minat bakat, anda dapat menghubungi situs NS Development.

Artikel berhubungan: