logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat dan Bakat

Manfaat tes minat dan bakat akan banyak membantu anak menentukan dan memilih jurusan dengan tepat saat siswa akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi

Tes minat dan bakat merupakan salah satu bagian dari psikotes yang mulai banyak dihadirkan oleh berbagai institusi pendidikan. Dalam hal ini termasuk pendidikan menengah atas (SMA). Ini dilakukan sebagai media untuk mengenal dan mengembangkan keseluruhan potensi minat dan bakat yang ada dalam diri masing-masing peserta didik. Jadi, dapat dikatakan jika tes tersebut memiliki tujuan utama untuk mengungkap serta menelusuri bakat dan minat siswa.

4 Alasan Penting Mengapa Tes Minat dan Bakat Harus Dilaksanakan

Kedua tes tersebut adalah sebuah tes psikologi untuk mencari dan menelusuri seluruh potensi, keinginan, maupun bakat yang dimiliki seseorang, termasuk soft skill anak. Manfaat salah satu cabang tes psikologi ini akan banyak membantu anak menentukan dan memilih jurusan dengan tepat saat siswa akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Supaya lebih paham, simak alasan mengapa tes ini begitu dibutuhkan agar anak tidak salah menentukan program kuliah.

Media untuk Lebih Mengenal Dirinya (Understanding Self)

Tes minat dan bakat akan membantu para siswa agar dapat mengenali dan memahami diri sendiri dengan lebih baik. Tidak dapat dipungkiri bahwa meskipun sudah duduk di bangku SMA hingga menjelang kelulusan, sebagian besar belum bisa mengenali dirinya dengan baik.

Bahkan tidak mengenali kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, hobinya apa, dan tidak tahu apa yang menarik dari dalam dirinya. Oleh karena itu, psikotes minat dan bakat berperan penting sebagai sarana siswa untuk mengenali karakter dan kepribadian mereka. 

Membantu Siswa Menemukan Program Kuliah yang Tepat

Secara umum, tes minat dan bakat akan mendorong siswa mengetahui arah peminatan tertentu. Informasi yang diperoleh setelah melakukan psikotes akan menepis dan menghilangkan keraguan serta kebingungan siswa saat memilih program jurusan ke perguruan tinggi yang dituju.

Ini karena tes yang diselenggarakan bukanlah tes sembarangan. Bahkan pihak penyelenggara merupakan lembaga psikologi yang handal dan profesional, seperti Nirmala Satya Development.

Mengembangkan Seluruh Bakat dan Minat Siswa 

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu program resmi sekolah. Program ini dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan kemudian mengasah bakat siswa menjadi lebih baik. Tes yang dilakukan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan atau menjadi rekomendasi ekstrakurikuler yang tepat untuk mereka. Diharapkan setelah mengetahui bakat dan minat yang dimiliki, para siswa semakin terdorong untuk selalu meningkatkannya.

Sebagai Motivasi dan Membangun Masa Depan yang Lebih Cerah

Para pelajar merupakan generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, mereka membutuhkan pembinaan dan juga pendidikan yang memadai. Hal ini agar mereka bisa tumbuh menjadi generasi tangguh yang tahan banting dengan segala tantangan dunia di zaman serba canggih ini.

Mereka harus sadar bahwa belajar bukan lagi kewajiban, namun kebutuhan yang harus terpenuhi. Mereka harus tahu bahwa perkembangan dunia di luar sana sangatlah ekstrem. Jadikan mereka aset negara untuk memajukan pembangunan di Tanah Air. 

Mengenal NSD sebagai Lembaga Psikotes Terbaik Nomor Wahid di Indonesia

Lembaga Psikotes NSD Indonesia sudah berpengalaman melakukan tes minat dan bakat serta penjurusan ini kepada ribuan orang. Baik secara individual maupun kelompok.

Kami memberikan layanan tatap muka maupun secara online. Saat ini layanan Psikotes Online dinilai lebih efektif dan bisa menjangkau seluruh Indonesia bahkan hingga ke pedalaman. Adapun waktu pelaksanaan tes hanya sekitar 90-120 menit. Bagi peserta yang menginginkan mengikuti sesi konseling maka ada penambahan waktu selama 60 menit, sehingga waktu pelaksanaan tes seluruhnya menjadi 180 menit. 

Latar belakang yang mendorong NSD menjadi penyedia tes bakat dan minat siswa yaitu berdasarkan riset  yang menyatakan bahwa sebanyak 87% mahasiswa di Indonesia merasa jika dirinya telah keliru mengambil program studi di perguruan tinggi. Melalui tes yang disajikan, Anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Bukan hanya menentukan jurusan kuliah, hasil tes juga dapat digunakan sebagai referensi memilih karir yang cocok dengan kepribadian masing-masing peserta.

Selain layanan yang kami tuliskan di atas, Nirmala Satya Development juga bisa membantu sekolah maupun kampus sesuai dengan kebutuhan. Kami juga menyediakan layanan berupa rekrutmen atau seleksi karyawan atau mahasiswa, assessment center, training, dan konseling. Tertarik menggunakan jasa tes minat dan bakat NS Development, silahkan hubungi kami dan temukan profil lengkap kami di https://nsd.co.id/tes-minat-bakat.

Artikel berhubungan: