logo PT Nirmala Satya Development
Aplikasi Psikotes Online

Proses seleksi untuk mendapatkan karyawan potensial menjadi jantung utama dalam proses rekrutmen. Kini telah hadir produk baru yang berhubungan dengan proses seleksi karyawan, salah satunya adalah psikotes online.

Pandemi covid-19 memaksa kita mengubah pola dan gaya hidup, termasuk kebiasaan-kebiasaan kita sehari-hari. Untuk tetap survive, tentu kita tidak selamanya menolak gaya dan kebiasaan yang baru, bahkan yang betul-betul baru dalam hidup kita.

Demikian pula pola kerja pada perusahaan, yang sebelumnya pekerjaan harus dikerjakan di kantor, bertatap muka langsung dengan orang-orang, dengan pandemic covid-19, memaksa kita harus bekerja work from home. Tentunya ini sangat memberatkan diawal-awal pandemi. Tetapi dengan berjalannya waktu, kebiasan WFH sudah menjadi sebuah hal yang biasa saja.

Khusus rekan-rekan HR diperusahaan dan rekruter, tentu perubahan situasi juga mengubah pola-pola kerja kita. Proses pelaksaan seleksi calon karyawan, yang harus dikerjakan dengan serba online. Salah satu isu utama yang menjadi pelik dimasa pandemi ini adalah proses seleksi calon karyawan. Masa sebelum pandemi, proses seleksi tidak terlalu menjadi masalah. Sortir data, Telpon kandidat potensial, jadwalkan psikotes, interview dan seterusnya, menjadi isu utama yang harus dicarikan solusinya dimasa pandemi ini.

Proses seleksi untuk mendapatkan karyawan potensial menjadi jantung utama dalam proses rekrutmen. Kini telah hadir produk baru yang berhubungan dengan proses seleksi karyawan, salah satunya adalah psikotes online.

Dari beberapa hari berselancar diinternet diawal pandemi (maret 2020), kami telah mendapatkan layanan psikotes online NS Development (Nirmala Satya Development, PT / www.nsd.co.id). Setelah bincang-bincang langsung dengan founder-nya, kami baru mengetahui bahwa, aplikasi psikotes online NS Development ternyata telah hadir sejak tahun 2019 (sebelum pandemi covid-19). Tetapi baru booming setelah adanya pandemi covid. NS Development hadir dan telah direncanakan sejak awal, bukan karena “ikut-ikutan meramaikan pasar”. Ini terlihat dari fitur-fitur dan layanan yang diberikan oleh NS Development.

Selama ini, sebagai klien NS Development, ada beberapa nilai plus yang dapat kami berikan untuk NS Development, mulai dari fitur, layanan maupun kualitas produk dan layanan.

Beberapa kelebihan NS Development dapat kami list sebagai berikut:

Online Proctoring (Webcam)

Dengan fitur ini, kita dapat melihat aktivitas peserta tes secara langsung saat mengerjakan tes. Sehingga aspek observasi tetap tersedia, yang kemungkinan dapat mempengaruhi hasil tes peserta (minimalisir kecurangan peserta tes).

Valid dan Reliabel

Tools yang digunakan adalah tools baku yang familiar digunakan untuk proses seleksi karyawan. Pihak NS Development menyadari bahwa, skala paper base dengan online base tentunya akan berbeda, terutama untuk tes-tes kognitif. NS Development menyediakan data lengkap untuk validatas dan reliabilitas alat tes. Bahkan kita sebagai klien dapat mengolah data sendiri, dan menguji validitas dan reliabilitas alat tes yang kita gunakan.

Jumlah alat tes dan kustomisasi

Jumlah tools yang tersedia beragam hingga puluhan tools. Bahkan kita sebagai klien dapat melakukan customisasi tools. Ini yang kemungkinan juga berguna bagi perusahaan rekan-rekan yang memiliki tools tersendiri. Custom tools dapat dipadukan kedalam system NS Development.

psikotes online

Bentuk dan Hasil laporan tes psikologis (Psikogram)

Semua tools memiliki report psikogram tersendiri secara lengkap. Menyediakan data row, maupun data hasil konversi, sehingga dapat membandingkan skala apa yang digunakan pada tools tersebut. Selain itu, yang menjadi kelebihan NS Development dalam hal ini, rekan-rekan HR dapat membuat custom psikogram sesuai dengan format perusahan masing-masing. Psikogram tersedia dalam bentuk excel maupun pdf, yang bisa didownload secara langsung.

Realtime report

Ini tentunya kelebihan psikotes yang dilakukan secara online, hasil tes dapat diakses secara langsung. Tidak membutuhkan waktu untuk skoring, review dan membuat laporan psikologisnya (psikogram). Semua sudah tersedia dalam system.

Tes Klasikal/Massal

Dengan adanya design yang menurut saya cukup bagus, pelaksanaan tes bisa dilaksanakan secara klasikal/massal, tanpa ada batasan jumlah peserta. Jadi tes tidak dalam bentuk memberikan token (sekali akses), tetapi memberikan akses sesuai dengan kebutuhan. Dan akses tersebut bisa dibuka atau ditutup oleh administrator. Termasuk akses peserta tes akan otomatis menghilang, setelah menyelesaikan tes. Ini tentunya diperuntukkan untuk menjadi kerahasiaan alat tes.

Desain multi user

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa akses peserta “terbatas” sesuai dengan hak aksesnya masing-masing.

Recruitment Sistem

Ini adalah fitur yang sedang dikembangkan oleh NS Development yang kedepannya menurut saya sangat fantastis. Menyatukan MPP diperusahaan. Mulai dari posting lowongan kerja, seleksi data pelamar, psikotes, progress interview hingga offering. Sistem ini telah tersedia secara lengkap. Kalau saya biasanya menggunakannya sebagai bank data pelamar.

Terakhir, layanan yang memuaskan

Tidak terasa, tim kami sudah menggunakan sistem NS Development selama 2 tahun. Selama ini, setiap keluhan, problem pertanyaan, complain dll, selalu dijawab dengan memuaskan. Termasuk konsultasi mengenai tools, psikolog-psikolog dari NS Development memberikan masukan-masukan yang cukup membangun kepada tim-tim kami.

Bagi rekan-rekan HR dan rekruter, jika sedang mencari aplikasi psikotes online, NS Development adalah rekomendasi kami. Detail lengkap nya bisa kunjungi situsnya NS Development.

Artikel berhubungan: