logo PT Nirmala Satya Development
Tes RMIB

Pada awalnya, Rothwell mengemukakan 9 jenis pekerjaan melalui self report tentang rasa suka atau tidak suka pada bidang pekerjaan ataupun aktivitas tertentu. Tes ini lebih lanjut kemudian dikembangkan oleh Miller menjadi 12 pekerjaan.

RMIB merupakan salah satu tes yang digunakan untuk mengidentifikasi minat. Savickas (1999) dan Crites (1969) memberikan definisi mengenai apa yang dimaksud dengan minat. E. K. Strong Jr. Strong (1955). Strong Jr. Strong (1955) menyampaikan definisi yang didasarkan definisi kamus Webster. Minat didefinisikan sebagai "kecenderungan untuk memperhatikan dan digerakkan oleh objek tertentu.

Pada awalnya, Rothwell mengemukakan 9 jenis pekerjaan melalui self report tentang rasa suka atau tidak suka pada bidang pekerjaan ataupun aktivitas tertentu. Tes ini lebih lanjut kemudian dikembangkan oleh Miller menjadi 12 pekerjaan.

Berikut ini adalah ke 12 aspek pekerjaan yang ada pada test RMIB:

1. Outdoor (OUT)

Outdoor merupakan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan aktivitas di luar ruangan, atau aktivitas lapangan ataupun aktivitas yang memungkinkan untuk melakukan kegiatan di luar ruangan, yang membutuhkan mobilitas dan bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya.

2. Mechanical (ME)

Mengidentifikasi jenis pekerjaan yang menggunakan mesin, peralatan mesin, alat gerak mekanik. Menyukai kegiatan yang mempelajari prinsip mekanik dan pengoperasiannya dan juga memanipulasi, memanfaatkan dan memodifikasi, memperbaiki ataupun memfungsikan berbagai peralatan. Tes ini juga berusaha untuk bisa melihat seberapa besar keinginan dan kemauan individu untuk terlibat dan mengembangkan kontribusinya untuk menggunakan alat guna mengasilkan produk tertentu.

3. Computational (COMP)

Berupaya untuk mendeteksi rasa suka atau tidak suka seseorang berhubungan dengan angka, operasi hitungan, analisa berhubungan dengan angka, melakukan manipulasi, forecasting, yang berhubungan dengan angka. Individu menikmati bekerja dengan angka.

4. Scientific (SCL)

Merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan analisa, penyelidikan, penelitian, eksperiman dan berbagai hal yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Individu menunjukkan kemauan, kontribusi, komitmen untuk mengembangkan dan bekerja dengan angka. Ia tidak segan berkreasi dan memaknakan data numerik.

5. Personal Contact (PERS)

Mengidentifikasi minat pada pekerjaan yagn berhubungan dengan manusia, hubungan interpersonal, melakukan pendektan personal, menjalin diskusi, dan juga hubungan dengan relasi personal, minat di bidang ini melibatkan dorongan untuk menjalin hubungan dan melakukan pendekatan pada orang.

6. Aesthetic (AESTH)

Mengidentifikasi rasa suka akan pekerjaan yang berhubungan dengan seni, baik sebagai penikmat seni atau orang yang memproduksi seni atau berhubungan dengan kreasi seni, memanipulasi, menggunakan alat maupun melakukan aktivitas yang bersifat memproduksi musik, seni ataupun menjadi ahli atau penikmat seni yang menghayati aspek estetika.

7. Literary (LIT)

Merupakan upaya untuk identifikasi pekerjaan yang berkaitan dengan membaca buku, membaca, mengarang, aktivitas yang berhubungan dengan kata, kalimat, dan segala bentuk kegiatan literature, seperti menulis, mengarang, dan sebagainya. Baik sebagai penikmat yang cerdas, menunjukkan kemauan untuk bisa terlibat.

8. Musical (MUS)

Mengidentifikasi aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan yang berkaitan dengan music, beik dalam bentuk menyeleksi music, hingga melakukan aktivitas seperti memainkan alat music, menciptakan lagu, instrumentalia. Bisa juga digunakan untuk identifikasi seberapa besar komitmen dan kesungguhannya dalam menunjukkan kontribusi dalam menjalankan aktivitas berhubungan dengan musik.

Menyangkut minat yang berhubungan dengan aktivitas yang berkaitan dengan kehidupan sosial, pelayanan masyarakat, berbagai bentuk layanan pada penduduk dengan keinginan untuk menolong dan membimbing atau memberikan jalan keluar mengenai masalah sosial. Menunjukkan kepedulian dan kontribusi dan kemauan untuk memperhatikan, memikirkan membantu dan juga mendukung kehidupan sesama manusia yang lebih baik.

10. Clerical (CLER)

Berhubungan dengan minat untuk pekerjaan yang berhubungan dengan tugas – tugas rutin,tugas yang membutuhkan kecekatan dan ketrampilan tanga, memanipulasi dan merekayasa objek dengan mengandalkan kecermatan, konsistensi dan kerapihan pada objek yang memutuhkan perhatian pada unsur detil

11. Practical (PRAC)

Menyangkut rasa suka atau tidak suka akan pekerjaan yang sifatnya praktis, membutuhkan keahlian, dan keterampilan untuk membuat suatu objek tertentu. Menyangkut kemampuan memproduksi, memanipulasi ataupun memodifikasi objek atau benda.

12. Medical (MED)

Mengidentifikasi pekerjaan yang berkaitan dengan pengobatan, penyembuhan, dan juga perawatan secara medis ataupun yang berhubungan dengan Kesehatan. Menunjukkan perhatian, keterlibatan, kontribusi dan waktu untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan.

Artikel berhubungan: