logo PT Nirmala Satya Development
KELEBIHAN PSIKOTES ONLINE

Psikotes online menawarkan berbagai keuntungan, baik bagi perusahaan maupun bagi kandidat yang akan mengikuti psikotes. Keuntungan ini tidak hanya berhubungan dengan penghematan biaya operasional perusahaan.

Proses rekrutmen adalah hal krusial bagi perusahaan atau instansi. Memilih dan menentukan kandidat tentu saja harus dengan memperhatikan berbagai indikator, mengingat sumber daya manusia terbaik adalah aset yang sangat berharga bagi keberlangsungan perusahaan. Indikator-indikator ini dapat diukur dengan beberapa cara, salah satunya melalui psikotes.

Namun, apa jadinya jika terjadi masalah global seperti yang saat ini sedang berlangsung? Tentu saja psikotes konvensional (Paper based test yang dilakukan dengan tatap muka) tidak bisa secara bebas diterapkan.

Perusahaan penyedia jasa layanan psikotes pun berinovasi, menjadikan layanan psikotes online semakin menjamur di tahun 2022 ini.

Dibandingkan dengan psikotes konvensional, apa saja kelebihan dan keuntungan memilih psikotes online?

Psikotes online menawarkan berbagai keuntungan, baik bagi perusahaan maupun bagi kandidat yang akan mengikuti psikotes. Keuntungan ini tidak hanya berhubungan dengan penghematan biaya operasional perusahaan, berikut ini beberapa kelebihan psikotes online yang telah kami rangkum.

 

Menjadi solusi WFH

Dalam masa krisis pandemi yang saat ini masih terjadi, penggalakan social distancing, karantina mandiri dan populernya work from home (kerja dari rumah) dapat menjadi batu sandungan bagi pelaksanaan rekrutmen konvensional. Oleh karena itu, kehadiran psikotes online memungkinkan perusahaan tetap bisa melakukan rekrutmen secara aman. Pelaksanaan tes yang bisa dilakukan di tempat masing-masing kandidat tanpa harus bertatap muka menjadikan proses rekrutmen tetap bisa diselesaikan dengan baik.

 

Efisiensi Pekerjaan dan Lokasi Pelaksanaan Tes

Salah satu tanggung jawab recruiter adalah memberikan dan memeriksa hasil psikotes dari para kandidat. Aktivitas pemeriksaan yang dapat memakan waktu ini bisa dipermudah dengan bantuan aplikasi psikotes. Aplikasi ini telah dilengkapi dengan instruksi pengerjaan dan timer atau batasan waktu pengerjaan, sehingga recruiter hanya perlu memahami dan mengawasi pengoperasian aplikasi dan hasil dari psikotes dapat segera diketahui. Selain itu, psikotes online memungkinkan peserta tes untuk mengerjakan tes dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, mengerjakan tes di tempat paling nyaman yang ia sukai, dan peserta tes juga tidak perlu terburu-buru untuk berangkat ke lokasi pelaksanaan tes.

 

Hasil Terjamin

Setiap layanan psikotes online di NS Development diformulasikan sesuai alat tes dan norma yang telah diuji ke-valid-an nya dan sesuai standar HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) sehingga hasil dari psikotes online dapat dipertanggungjawabkan secara profesional. Selain itu, pemanfaatan teknologi dalam mengungkap hasil psikotes juga dapat meminimalisir human error (kesalahan akibat kelalaian manusia) yang dapat merugikan instansi dan kandidat.

 

Penyesuaian Alat Tes (Kustomisasi alat tes)

Dalam proses rekrutmen, alat tes yang digunakan bisa disesuaikan (custom) sesuai posisi pekerjaan dan kebutuhan perusahaan. Hal ini menjadi semakin mudah dan praktis dengan bentuk psikotes online, sehingga persiapan, pembuatan dan proses revisi alat tes bisa  lebih cepat hingga mampu memenuhi ekspektasi Klien.

 

Laporan Psikotes realtime dan Format bisa Disesuaikan

Pelaksanaan psikotes online memungkinkan perusahaan (atau peserta tes-jika melakukan tes secara mandiri) untuk mengetahui hasil psikotes secara langsung (realtime) setelah menyelesaikan seluruh rangkaian psikotes. Hal ini tentu saja mempercepat kinerja Human Resource dan proses rekrutmen secara keseluruhan dimana kandidat yang memperoleh hasil psikotes yang sesuai kriteria dapat segera dijadwalkan untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya.

Kelebihan lainnya adalah, meskipun hasil psikotes diperoleh secara realtime, namun format hasil laporan tetap dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

NS Development akan memberikan 2 jenis laporan, berupa laporan psikogram (format bisa disesuaikan) dan laporan deskriptif yang disusun oleh psikolog yang ahli di bidangnya. Dengan 2 jenis laporan ini, user dapat memperoleh gambaran lebih lengkap terkait kandidatnya.

 

Online Proctoring (Observasi)

Dalam pelaksanaan psikotes online, online proctoring atau pengawasan jarak jauh harus menjadi salah satu pertimbangan dalam pemilihan jasa penyedia layanan psikotes online. Online proctoring membantu penyelenggara tes untuk memastikan kredibilitas hasil tes dan mendeteksi peserta yang melakukan kecurangan.

Sayangnya, pengawasan hanya dengan menggunakan zoom atau video call masih memberikan kemungkinan untuk peserta melakukan cheating. Oleh karena itu, NS Development menghadirkan online proctoring yang tidak hanya mengawasi aktivitas peserta melalui webcam. Namun sistem online proctoring kami juga mampu mendeteksi perangkat yang digunakan oleh peserta tes, termasuk aktivitas keluar masuk dan perpindahan antar tab atau jendela dekstop yang dilakukan peserta selama tes berlangsung. Sistem kami diprogram untuk secara otomatis meng-capture dan menyimpan informasi di database dalam waktu yang ditentukan.

Dengan berbagai keuntungan yang bisa diperoleh dari pelaksanaan psikotes online,  NS Development tidak ragu menawarkan psikotes online terbaik terstandarisasi yang terpercaya.

NS Development menyediakan psikotes online dengan lebih dari 15 jenis tes untuk mengetahui kepribadian, minat & bakat, intelegensi umum, gaya belajar dan ketahanan atau performa kerja. Menghadirkan hasil psikotes real time, terstandarisasi dan mampu menyesuaikan kebutuhan perusahaan atau organisasi dan akses langsung hasil psikotes kepada peserta. NS Development juga memfasilitasi perusahaan dalam pelaksanaan rekrutmen dari melakukan job posting dan registrasi kandidat yang akan sangat membantu dan mempermudah kinerja HR.

Artikel berhubungan: