logo PT Nirmala Satya Development
Layanan Psikotes Online

NS.Development terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan pengguna sehingga dapat menjadi penyedia layanan psikotes terbaik di Indonesia.

Psikotes sudah bukan lagi hal yang baru. Maraknya campaign tentang mental health dan literasi yang membahas pentingnya mengetahui potensi diri, minat, bakat serta menjaga kesehatan mental sudah banyak tersedia dan semakin mudah diakses. Trend ini menjadikan psikotes sebagai salah satu keyword yang banyak dicari di Internet.

Sejak pandemi masuk ke Indonesia, masyarakat seperti dipaksa untuk beralih dan terbiasa untuk menggunakan internet, baik untuk bekerja, belajar, mengikuti seleksi, pelatihan dan aktivitas lainnya di rumah. Begitu pula dengan pelaksanaan psikotes yang diadaptasi dan dilaksanakan secara online.

Psikotes online saat ini telah menjadi pilihan yang memberikan lebih banyak keuntungan dibandingkan psikotes secara offline. Salah satu platform penyedia layanan psikotes online di Indonesia adalah NS. Development.

NS. Development merupakan sebuah sistem yang memfasilitasi proses rekrutmen secara end to end, termasuk didalamnya layanan psikotes online dan job posting yang terintegrasi. Untuk dapat mengikuti psikotes pada sistem ini, peserta dapat mendaftar secara mandiri maupun didaftarkan oleh administrator tim NSD. Untuk mendaftar secara pribadi, calon peserta cukup memiliki email yang aktif, selanjutnya akan diarahkan kedalam sistem dan diminta untuk melengkapi profil diri.

Halaman profil ini ditampilkan dengan desain yang sederhana dan mudah dipahami. Pada halaman ini, calon peserta dapat mendaftar pada layanan yang diinginkan. Terdapat layanan psikotes dan bimbingan & konseling serta tes TPA Online. Calon peserta dapat memilih jenis psikotes atau jenis konseling yang ingin diikuti, waktu pelaksanaan tes serta media yang akan digunakan (Khusus dalam bimbingan & konseling).

Sistem NS. Development menyediakan berbagai jenis alat tes seperti tes kepribadian,intelegensi, tes kecepatan dan ketelitian serta tes minat dan bakat. Dalam pelaksanaannya, alat-alat tes ini dapat dikombinasikan sesuai kebutuhan, seperti dalam psikotes untuk seleksi masuk perguruan tinggi dapat menggunakan tes minat bakat dan tes intelegensi, sementara dalam tes untuk seleksi karyawan dapat memadukan tes kepribadian, tes kecepatan dan ketelitian serta tes intelegensi.

Alat-alat tes yang digunakan dalam sistem ini pun sudah terjamin kevalidannya, telah sesuai dengan standarisasi Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI). Penting untuk menggunakan alat tes yang terstandarisasi, pertama hal ini menunjukkan bahwa sebuah tes telah dikonstruksi sedemikian rupa sesuai dengan standar nasional dan internasional serta berpegang teguh pada kode etik psikologi Indonesia. Selanjutnya untuk memastikan bahwa alat tes digunakan benar-benar mampu berfungsi dengan baik dengan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan.

Sebagai penyedia layanan psikotes online, sistem NS. Development dapat digunakan secara bersamaan dengan jumlah pengguna yang tidak terbatas. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa kamu bisa mendaftar secara pribadi dan mengikuti psikotes online ini secara mandiri.

Meskipun dilaksanakan secara online, namun mengikuti psikotes di NS development tetap terasa ‘nyata’. Keunggulan yang dimiliki sistem ini membuat peserta tes merasa sedang diawasi atau berada dalam pengawasan penuh. Selain dipantau dengan camera webcam, sistem juga dapat membaca aktivitas peserta setiap kali meninggalkan portal psikotes, aktivitas ini akan tercatat pada sistem  dalam bentuk angka. Jika peserta tes mengalihkan, meninggalkan atau membuka website baru pada komputernya, maka sistem NSD dapat mengetahui aktivitas ini secara statistik sehingga tidak ada peluang untuk melakukan kecurangan selama tes. Selain itu, sistem juga mampu membaca alamat IP komputer yang digunakan oleh peserta selama mengikuti tes.

Selain menggunakan alat tes yang terpercaya dan pengawasan yang ketat, NS.Development juga memberikan kemudahan bagi peserta untuk membaca dan memahami hasil tes dengan memberikan penjelasan deskriptif yang terperinci, disamping memberikan psikogram hasil tes. Lebih dari itu, pengguna dapat mendownload hasil psikotes ini untuk disimpan secara pribadi.

Sebagai sebuah sistem yang terintegrasi, NS.Development mengorganisir dan menjamin keamanan dan kerahasiaan data peserta tes. Data-data yang tersimpan hanya digunakan untuk kebutuhan dan mendukung interpretasi hasil tes. Data-data ini pun, seperti hasil rekam atau capture foto peserta hanya akan tersimpan selama 1 minggu didalam sistem. Sistem ini juga dapat disetting agar hasil psikotes hanya dapat diakses oleh pihak-pihak tertentu sesuai kebutuhan.

NS Development terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan pengguna sehingga dapat menjadi penyedia layanan psikotes terbaik di Indonesia.

Artikel berhubungan: