logo PT Nirmala Satya Development
Tes RMIB

Minat dapat digunakan sebagai salah satu prediktor bagi keberhasilan seseorang dalam menjalakan tugas

RMIB (Rothwell Miller Interest Blank) Pada awalnya dikembangkan oleh Rothwell pada tahun 1947, yang mengungkap 9 aspek minat. Pada perkembangan selanjutnya kemudian diperbaharui oleh Kenneth Miller pada tahun 1950. Miller mengembangkan kecenderunga minat menjadi 12 aspek. Pada akhirnya, pembaruan test ini memberikan nama Rothwell Miller Interest Blank. Test RMIB merupakan bentuk test battery, dimana peserta atau klien mengerjakan test dalam batas waktu tertentu. Tes ini mengungkap reaksi seseorang terhadap berbagai situasi yang secara keseluruhan akan mencerminkan minatnya. Ungkapan minat yang disampaikan RMIB bisanya lebih mencerminkan kondisi yang sesungguhnya, dibanding apa yang diungkapkan secara langsung.

RMIB merupakan alat test yang dinilai mampu untuk mengungkap minat dan atau kecenderungan rasa suka atau tidak suka akan suatu kegiatan ataupun pekerjaan yang dimiliki individu. Tes ini merupakan bagian dari upaya untuk memberikan bimbingan karir pada berbagai aktivitas tugas yang diberikan. RMIB memberikan kesempatan pada individu memberikan gambaran mengenai keinginan atau apa yang disukai individu berkaitan dengan pekerjaan ataupun aktivitas yang dijalaninya.

Test inventory RMIB (Rothwell Miller Interest Blank), tidak hanya banyak digunakan untuk melihat minat yang dimiiki seseorang, ia juga menggambarkan kecenderungan seberapa besar komitmen dan kemungkinan ia menunjukkan keterlibatan serta kemauan berkontribusi pada berbagai aktivitas yang dimaksud. Sebagai salah satu tes inventory yang secara khusus terfokus pada penilaian minat individu, alat tes ini berusaha untuk mengidentifikasi preference atau kecenderungan yang dimiliki seseorang.

Prinsip dasar RMIB ini adalah berusaha memberikan gambaran mengenai persepsi, penilaian, rasa suka dan tidak suka akan suatu aktivitas maupun mengenai pekerjaan–pekerjaan tertentu. Dengan kecenderungan rasa suka/tidak suka akan suatu bidang pekerjaan atau aktivitas tertentu, tes RMIB mampu untuk mengungkapkan jenis pekerjaan dan juga minat yang ada dalam diri individu. Tes RMIB dimaksudkan untuk bimbingan karir. Minat dapat digunakan sebagai salah satu prediktor bagi keberhasilan seseorang dalam menjalakan tugas.

Artikel berhubungan: