Mengenal lebih jauh Tes RMIB (Rothwell Miller Interest Blank)

Tes RMIB adalah tes minat yang dikembangkan ditahuan 1950-an, yang artinya sudah sangat lama jika dibandingkan dengan saat ini, sudah lebih dari setengah abad.
situs psikotes
NS Development
psikotes gratis

Tes RMIB  (Rothwell Miller Interest Blank) disusun oleh Rothwell pertama kali pada tahun 1947. Saat itu tes hanya memiliki 9 jenis kategori dari jenis-jenis pekerjaan yang ada. kemudian pada tahun 1958, tes diperluas dari 9 kategori menjadi 12 kategori oleh Kenneth Miller. Hal–hal yang merupakan kekhususan dari tes ini adalah (Indrawati, 2010) sebagai berikutt:

  1. Dapat dimasukkan ke dalam susunan battery tes.
  2. Lebih mudah dikerjakan oleh subjek.
  3. Tugas pengisian dari tes ini akan menimbulkan subjek minat dan kerjasama yang aktif sifatnya.
  4. Skor dapat disusun dengan lebih cepat.
  5. Lebih cocok apabila diberikan kepada orang dewasa.
  6. Hasil keseluruhan dari tes akan memperlihatkan pola minat dari subjek.

Tes RMIB disusun dengan tujuan untuk mengukur minat seseorang berdasarkan sikap seseorang terhadap suatu pekerjaan. Hal yang didasarkan atas ide-ide stereotype terhadap pekerjaan yang bersangkutan. Pemikiran yang mendasari pembentukan tes ini adalah bahwa setiap orang memiliki konsep- konsep stereotype terhadap jenis-jenis pekerjaan yang tersedia atau yang disediakan oleh masyarakat, dan yang kemudian memilih pekerjaan yang sesuai dengan ide-ide tersebut, meskipun terdapat juga stereotype yang tidak berdasarkan ide tertentu atau tidak ada hubungannya sama sekali dengan pekerjaan yang dimaksud. Stereotype seperti ini lebih banyak mendasarkan konsepnya pada hal- hal yang menarik daripada hal-hal yang merupakan kekhususan dari pekerjaan tersebut dan keadaan semacam ini sangat memungkinkan terjadinya atau timbulnya stereotype yang benar atau salah sama sekali. Misalnya saja stereotype dari pegawai bank adalah orang yang selalu berhubungan dengan pembayaran atau uang adalah benar, tetapi pendapat umum yang mengatakan bahwa pekerjaan seorang pramugari adalah pekerjaan yang penuh dengan hal-hal yang menyenangkan, seperti jalan-jalan keluar negeri, gaji besar dan sebagainya adalah tidak sesuai dengan kenyataan, seperti tugas melayani penumpang yang justru merupakan tugas pokok dari seorang pramugari.

Tujuan terpenting dari tes ini bukanlah hanya sekedar untuk mengetahui kebenaran dari stereotype tersebut, tetapi untuk mengetahui bahwa konsep tersebut benar-benar ada dan dapat merupakan pengaruh yang kuat terhadap konsep-konsep seseorang mengenal suatu pekerjaan karena biasanya apabila seseorang menyatakan suka atau tidak suka terhadap suatu pekerjaan tertentu, maka mereka juga memperlihatkan sikap yang sama terhadapnya idenya, meskipun secara kenyataan banyak pekerjaan yang berbeda dengan konsepnya.

Tes RMIB merupakan suatu formulir yang berisikan suatu daftar pekerjaan yang disusun menjadi 9 kelompok dengan kode huruf dari A sampai I dan dibedakan antara pria dan wanita. Masing-masing kelompok pekerjaan tertentu dengan alasan bahwa banyak pekerjaan yang dapat digolongkan menjadi 12 jenis kategori.

Adapun ke 12 kategori tersebut adalah sebagai berikutt:

1. Out (Outdoor)

Pekerjaan yang aktifitasnya dilakukan diluar atau di lapangan terbuka.

Untuk laki-laki: petani, juru ukur, nelayan, supir.

Untuk wanita: ahli pertamanan, peternak, petani bunga dan tukang kebun

2. Me (Mechanical)

Pekerjaan yang berhubungan dengan mesin, alat-alat dan daya mekanik.

Untuk laki-laki: insinyur sipil, montir, pembuat arloji, tukang las.

Untuk wanita: ahli kacamata, petugas mesin sulam, ahli reparasi permata, ahli reparasi jam.

3. Comp (Computational)

Pekerjaan yang berhubungan dengan angka-angka.

Untuk laki-laki: akuntan, auditor, kasir, petugas pajak.

Untuk wanita: pegawai urusan gaji, juru bayar, pegawai pajak, guru ilmu pasti.

4. Sci (Scientific)

Pekerjaan yang dapat disebut sebagai keaktifan dalam hal analisa dan penyelidikan, eksperimen, kimia dan ilmu pengetahuan pada umumnya.

Untuk laki-laki: ilmuwan, ahli biologi, ahli astronomi dan insinyur kimia industri.

5. Pers (Personal Contact)

Pekerjaan yang berhubungan dengan manusia, diskusi, membujuk, bergaul dengan orang lain. Pada dasarnya adalah suatu pekerjaan yang membutuhkan kontak dengan orang lain.

Untuk laki-laki: penyiar radio, petugas wawancara, sales asuransi, pedagang keliling.

Untuk wanita: sales girl, pegawai rumah mode, penyiar radio, petugas humas.

6. Aesth (Aesthetic)

Pekerjaan yang berhubungan dengan hal-hal yang bersifat seni dan menciptakan sesuatu.

Untuk laki-laki: seniman, artis, arsitek, dekorator, fotografer dan penata panggung

Untuk wanita: seniwati, guru kesenian, artis, penata panggung

7. Lit (Literary)

Pekerjaan yang berhubungan dengan buku-buku, kegiatan membaca dan mengarang.

Untuk laki-laki: wartawan, pengarang, penulis skenario, ahli perpustakaan, penulis majalah.

Untuk wanita: wartawan, kritikus buku, penyair, penulis sandiwara radio.

8. Mus (Musical)

Minat memainkan alat-alat musik atau untuk mendengarkan orang lain, bernyanyi atau membaca sesuatu yang berhubungan musik. Untuk laki-laki: pianis konser, komponis, pemain organ, ahli pustaka dan pramuniaga took musik.

Untuk wanita: pemain orgen, guru musik, komponis, pianis konser, pramuniaga took musik.

9. S.S. (Social Service)

Minat terhadap kesejahteraan penduduk dengan keinginan untuk menolong dan membimbing atau menasehati tentang permasalahan dan kesulitan mereka. Keinginan untuk mengerti orang lain, dan mempunyai ide yang besar atau kuat tentang pelayanan.

Untuk laki-laki: guru SD, psikolog pendidikan, kepala sekolah, penyebar agama, petugas palang merah.

Untuk wanita: guru SD, psikolog pendidikan, petugas kesejahteraan sosial, ahli penyuluh jabatan, petugas palang merah.

10. Cler (Clerical)

Minat terhadap tugas-tugas rutin yang menuntut ketepatan dan ketelitian. Untuk laki-laki: manajer bank, petugas arsip, petugas pengiriman barang, pegawai kantor, petugas pos, petugas ekspedisi(surat).

Untuk wanita: sekretaris pribadi, juru ketik, penulis steno, pegawai kantor, penyusun arsip.

11. Prac (Practical)

Minat terhadap pekerjaan-pekerjaan yang praktis, karya pertukangan, dan yang memerlukan keterampilan.

Untuk laki-laki: tukang kayu, ahli bangunan, ahli mebel, tukang cat, tukang batu, tukang sepatu.

Untuk wanita: ahli penata rambut, tukang bungkus coklat, tukang binatu, penjahit, petugas mesin sulam, juru masak.

12. Med (Medical)

Minat terhadap pengobatan, mengurangi akibat dari penyakit, penyembuhan, dan di dalam bidang medis, serta terhadap hal-hal biologis pada umumnya.

Untuk laki-laki: dokter, ahli bedah, dokter hewan, ahli farmasi, dokter gigi, ahli kacamata, ahli rontgen.

Untuk wanita: dokter, ahli bedah, dokter hewan, pelatih rehabilitasi pasien, perawat orang tua.

Tes RMIB dapat diberikan kepada seseorang secara perseorangan ataupun masal. Kepada mereka diinstruksikan untuk membuat rangking dari daftar pekerjaan yang tersedia dalam formulir tes. Rangking di mulai dengan nomor 1 untuk pekerjaan yang paling disukai dalam satu kelompok dan berakhir dengan

nomor 12 untuk pekerjaan yang paling tidak disukai, sesuai dengan jumlah pekerjaan yang terdapat satu kelompok.

Instruksi biasanya sudah terdapat dalam formulir sehingga bagi mereka responden yang sudah dewasa dapat di instruksikan untuk membaca sendiri kecuali untuk orang dewasa yang mempunyai intelejensi rendah. Bagi yang mempunyai intelenjensi rendah diadakan pengecualian, disebabkan karena mereka dianggap atau diragukan kemampuannya untuk memahami maksud instruksi yang tertulis, sehingga perlu diberikan beberapa contoh untuk dapat mengerjakannya dengan tepat. Bahkan ini pun masih harus dilengkapi dengan memeriksanya setiap saat untuk mencegah kemungkinan berbuat kesalahan.

Sesudah rangking dibuat oleh responden, maka hasil rangking tersebut kemudian dipindahkan ke dalam suatu kerangka yang terdapat dibagian terakhir dari formulir tes ini. Rangking dari kelompok A di masukkan ke dalam kerangka sesuai dengan aslinya. Rangking kelompok B di mulai dari kolom Me Kelompok C di mulai dari kolom Comp, dan seterusnya sehingga dalam kelompok akhir akan terdapat bahwa jenis pekerjaan yang letaknya terbawa dalam susunan daftar pekerjaan akan menjadi paling atas dalam kelompok tabulasi.

KRITIK TERHADAP TES RMIB

Tes RMIB adalah tes minat yang dikembangkan ditahuan 1950-an, yang artinya sudah sangat lama jika dibandingkan dengan saat ini, sudah lebih dari setengah abad. Artinya bahwa, telah banyak bermunculan profesi-profesi baru atau hilangnya profesi-profesi lama. Hal ini dibuktikan dengan pilihan-pilihan pekerjaan yang ada pada tes RMIB yang banyak tidak relevan lagi dengan perkembangan zaman saat ini. Pekerjaan yang tidak relevan, akan membuat peserta tes memilih pekerjaan yang tidak tepat.

Khusus generasi milinial dan generasi-Z, tes RMIB akan kelihatan aneh, karena banyak pilihan pekerjaan pada tes RMIB mereka tidak memahami. Ambil saja contoh pekerjaan Ahli pembuat alat-alat. Generasi saat ini akan mempersepsikan lain terhadal ahli pembuat alat-alat.

Selain itu, proses konversi Bahasa dari Bahasa Inggris kedalam Bahasa Indonesia juga sepertinya mengalami perubahan. Rasa Bahasa tahun 1960 (Bahasa kakek-nenek dari generasi milenial dan generasi-Z), sangat berbeda dengan Bahasa saat ini.

Posted by Ardi almaqassary

Artikel lain yang berhubungan

Pengertian Kematangan Karir

Pengertian Kematangan Karir

Karir menurupakan istilah yang berkaitan dengan peranan yang dimainkan individu sepanjang kehidupannya. Karir itu terdapat dalam pendidika ...

Jenis-Jenis Bakat Khusus

Jenis-Jenis Bakat Khusus

Kita semua mengetahui bahwa bakat sangat beragam dan berbeda untuk setiap orang. Bakat (aptitude) dapat diartikan sebagai kemampuan bawaan ...

Pengertian Bakat Khusus

Pengertian Bakat Khusus

Bakat merupakan salah satu potensi yang luar biasa yang dimiliki seseorang. Tetapi mungkin juga dari kita yang bertanya tentang bakat khus ...

Tes Analogi Verbal

Tes Analogi Verbal Online

Tes analogi verbal merupakan salah satu tes intelegensi. Analogi merupakan salah satu bagian dari teori inteligensi Thurstone yaitu reason ...

Pengertian Kemampuan Verbal

Pengertian Kemampuan Verbal

Kemampuan verbal memiliki peran penting dalam mengkomunikasikan pengetahuan, pengalaman, dan kecakapan yang dimiliki kepada orang lain. Lw ...

Bentuk-bentuk Kemampuan Numerik

Bentuk-bentuk Kemampuan Numerik

Kemampuan numerik merupakan kemampuan mengenal angka-angka, baik angka sederhana maupun angka yang rumit.  Kemampuan numerik yaitu ke ...

Pengertian Kemampuan Numerik

Pengertian Kemampuan Numerik

Kemampuan numerik yaitu kemampuan khusus dalam hitung menghitung. Kemampuan numerik yaitu kemampuan memahami hubungan angka dan memecahkan ...

Teori Bakat Howard Gardner

Teori Bakat Howard Gardner

Teori bakat pertama kami dikemukan oleh Howard Gardners. Howard Gardner adalah seseorang ahli psikologi perkembangan dan professor pendidi ...

Teori Minat Holland

Teori Minat Holland

Teori minat yang dikembangkan oleh John L. Holland menjelaskan bahwa suatu pemilihan pekerjaan atau jabatan merupakan hasil dari interaksi ...

Tes Kuder

Tes Kuder

Tes Kuder merupakan salah satu tes Minat. Nama tes Kuder diambil dari  nama penyusunnya yaitu G. Frederic Kuder. Tes Kuder memfokuska ...

Perbedaan Tes Bakat dan Tes Minat

Perbedaan Tes Bakat dan Tes Minat

Penggunaan tes minat dan tes bakat merupakan salah satu bentuk penerapan metode psikodiagnostik di bidang pendidikan yang digunakan untuk ...

Teori Kecerdasan Majemuk

Teori Kecerdasan Majemuk (2)

Amstrong menambahkan bahwa seseorang dengan kecerdasan ruang-visual memiliki kemampuan membayangkan, mempresentasikan diri secara visual a ...

Tes Minat Bakat Online

Tes Minat Bakat Online untuk Membantu Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

Tes minat bakat merupakan cara paling ampuh untuk membantu Anda menentuka ...

Tes Minat Bakat

Pentingnya Tes Minat Bakat Untuk Pemilihan Jurusan di Perguruan Tinggi

Tes minat bakat online dari NS development ini bias mempermudah Anda dala ...

Tes Minat Bakat

Tes Minat Bakat untuk Persiapan Masuk Kuliah

Kali ini kami akan membahas mengenai tes minat bakat online yang akan mem ...

Tes Minat Bakat

Tes Minat Bakat untuk Pemilihan Jurusan di Perguruan Tinggi

Mencoba melakukan tes minat bakat akan sangat berguna. Apalagi untuk memi ...

Tes Minat Bakat Online

Tes Minat Bakat Online Untuk Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

Kemajuan teknologi yang semakin canggih juga membuat Anda lebih mudah unt ...

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Bakat

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Bakat

Pada dasarnya, setiap anak membutuhkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya, apapun bentuk kemampuannya itu. Terkadang kemampuan te ...

Pengertian Tes Bakat Skolastik

Pengertian Tes Bakat Skolastik

Bakat skolastik adalah bakat yang memadukan antara kata-kata (logika) dengan angka-angka, berpikir dalam pola sebab akibat, sehingga orang ...

Fungsi Tes Bakat

Fungsi Tes Bakat

Tes bakat sangat bermanfaat bagi pengembangan individu maupun kelompok. Dengan mengetahui bakat secara umum, seseorang pemegang kebijakan ...

Pengertian Tes Bakat

Pengertian Tes Bakat

Tes bakat adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan potensial individu dalam melakukan aktivitas-aktivitas tertentu. Dari hasil t ...

Tes untuk Mengetahui Bakat

Rekomendasi Tes untuk Mengetahui Bakat

Tes bakat merupakan salah satu tes psikologi yang paling banyak dicari. Tetapi banyak yang tidak tahu, tes-tes apa saja yang dapat digunak ...

Tes Psikotes Online Gratis

Ikuti Tes Psikotes Online Gratis di NS Development

Kamu sedang mencari tempat tes psikotes online yang gratis? NS Development tempatnya. NS Development menyediakan aplikasi tes psikotes onl ...

Macam-macam Tes Bakat

Macam-macam Tes Bakat

Untuk mengetahui dan memahami bakat perlu dilakukan asesmen psikologi. Asesmen atau pengukuran psikologi bakat adalah serangkaian tes yang ...

Manfaat Tes Minat Bakat

Manfaat Tes Minat Bakat yang Perlu Kamu Ketahui

Tes minat bakat merupakan sebuah proses untuk mengetahui potensi dan arah yang jelas tentang diri dan deskripsi kepribadian. Dengan tes mi ...

Tes Minat Bakat Online

Kenali Kepribadian Diri Sendiri Melalui Tes Minat Bakat Online Berikut!

Tes minat bakat online penting untuk kamu ketahui, terutama untuk kalangan anak yang masih duduk di bangku sek ...

Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Persiapkan Masa Depan dengan Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah!

Bagi para siswa SMA yang akan segera melanjutkan ke perguruan tinggi, tes minat bakat jurusan kuliah sangatlah p ...

Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah, Ketahui Berbagai Manfaatnya!

Saat ini banyak pelajar yang baru lulus SMA merasa kebingungan dan bimban ...

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar

Belajar adalah sebuah proses yang panjang. Ketertarikan belajar pada sebuah hal atau memilih jurusan dipengaruhi oleh minat belajar. Minat ...

Unsur-Unsur Minat

Unsur-Unsur Minat yang Perlu Dipahami

Minat merupakan keadaan psikologis yang tidak terlihat dengan kasat mata. Minat dapat terlihat dari aktivitas sehari-hari ataupun melalui ...

Pentingnya Tes Minat

Pentingnya Tes Minat Untuk Siswa Sekolah

Tes minat merupakan salah satu hal yang perlu diidentifikasi lebih awal agar tujuan dan program pendidikan menjadi tepat sasaran. Seorang ...

Tes Minat dan Bakat

Tes Minat dan Bakat Pahami Arti Pentingnya Saat Memilih Program Kuliah

Tes minat dan bakat merupakan salah satu bagian dari psikotes yang mulai banyak dihadirkan oleh berbagai insti ...

Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Pentingnya Melakukan Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah, Ini Manfaatnya!

Tes minat bakat jurusan kuliah merupakan salah satu cara agar kamu tidak salah dalam memilih jurusan. Pasalnya ...

Cara Mengetahui Bakat

Cara Mengetahui Bakat yang Terpendam

Tidak jarang orang susah mengidentifikasi bakatnya. Bahkan kata-kata bakat yang terpendam sering kita dengar. Maksud dari kata-kata ini ad ...

Tujuan Mengetahui Bakat

Hal yang Mempengaruhi Bakat dan Tujuan Mengetahui Bakat

Bakat merupakan potensi yang dimiliki oleh seseorang sebagai bawaan sejak lahir. Bakat sebagai suatu kondisi atau kualitas yang dimiliki o ...

Cara Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Minat Dan Bakat

Cara Menentukan Jurusan Kuliah Sesuai Minat Dan Bakat

Penentuan jurusan kuliah merupakan salah satu hal yang mendebar-debarkan. Kuliah merupakan salah satu tantangan terbaru setelah mengikuti ...

Tes Minat Bakat Online

Tes Minat Bakat Online

Untuk mengetahui potensi minat dan bakat, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah melakukan tes Minat Bakat. Bakat merupakan sebuah anu ...

Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah yang Tepat

Kuliah adalah salah satu langkah penting untuk meniti karir yang lebih baik. Dengan kuliah diperguruan tinggi, akan terbuka kesempatan men ...

Pengertian Minat

Pengertian Minat menurut Para Ahli

Minat adalah ketertarikan atau kecenderungan pada sesuatu yang merupakan sebuah aspek psikologis. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI ...

Pengertian Bakat

Pengertian Bakat Menurut Para Ahli

Bakat adalah salah satu pemberian atau anugrah khusus paling berbaharga bagi manusia. Seseorang yang memiliki bakat, akan menjadikannya sp ...

Tes RMIB

Administrasi Tes RMIB

Tes minat rmib (Rothwell Miller Interest Blank) dapat diberikan kepada seseorang secara perseorangan (individual) ataupun massal (classica ...

Mengenal lebih jauh Tes RMIB (Rothwell Miller Interest Blank)

Tes RMIB  (Rothwell Miller Interest Blank) disusun oleh Rothwell pertama kali pada tahun 1947. Saat itu tes hanya memiliki 9 jenis ka ...

Aspek-aspek Tes RMIB

RMIB merupakan salah satu tes yang digunakan untuk mengidentifikasi minat. Savickas (1999) dan Crites (1969) memberikan definisi mengenai ...

Teori Pembentukan Minat

Minat dapat dijelaskan melalui beberapa teori yang telah dikemukakan oleh ahli psikologi. Teori yang dimaksud adalah teori Psikoanalisa, S ...

Konsep Dasar Tes RMIB (Rothwell Miller Interest Blank)

RMIB (Rothwell Miller Interest Blank) Pada awalnya dikembangkan oleh Rothwell pada tahun 1947, yang mengungkap 9 aspek minat. Pada perkemb ...

Ada Pertanyaan?

kami senantiasa berusaha merepon pertanyaan anda secepatnya.

Contact Us

PT. Nirmala Satya Development, Aplikasi Psikotes Online dan Vendor Psikotes Online Terbaik

Copyright © 2021. All rights reserved.