logo PT Nirmala Satya Development
PSIKOTES ONLINE

Psikotes memungkinkan tim asesor untuk secara formal dan akurat mengukur berbagai faktor yang dapat berkontribusi pada masalah seseorang. Dengan demikian, hasil seleksi (baik dalam bidang pendidikan, sekolah, forensik, karir-kejuruan, klinis, lintas budaya maupun neuropsikologis) dapat menggambarkan keseluruhan potensi individu, tidak hanya secara akademis, tetapi mencakup potensi, bakat dan kepribadiannya.

Psikotes adalah instrumen yang digunakan untuk mengukur konstruk psikologis yang dimiliki seseorang. Tes psikotes dapat menilai berbagai bidang, termasuk sifat-sifat pribadi (Introvert-ekstrovert), kondisi-kondisi yang mengindikasikan depresi dan kecemasan, prestasi, bakat maupun kecerdasan. Memetakan minat, karir, kemampuan, pengetahuan atau keterampilan khusus seperti kognitif, memori dan kemampuan memecahkan masalah.

Kenapa psikotes diperlukan?

Psikotes telah menjadi alat integral untuk organisasi, kelompok maupun individu. Psikotes mungkin bagi sebagian orang terdengar menyeramkan atau mengintimidasi. Namun, dalam banyak hal psikotes sebenarnya berfungsi layaknya tes medis pada umumnya. Jika pasien menunjukkan indikasi tertentu, dokter akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan dengan X-ray atau tes darah untuk memahami apa yang menyebabkan gejala-gejala tersebut. Hasil dari tes akan membantu menginformasikan pengembangan rencana perawatan. Begitu pula dengan psikotes.

Psikotes memungkinkan tim asesor untuk secara formal dan akurat mengukur berbagai faktor yang dapat berkontribusi pada masalah seseorang. Dengan demikian, hasil seleksi (baik dalam bidang pendidikan, sekolah, forensik, karir-kejuruan, klinis, lintas budaya maupun neuropsikologis) dapat menggambarkan keseluruhan potensi individu, tidak hanya secara akademis, tetapi mencakup potensi, bakat dan kepribadiannya.

Psikotes dapat dilaksanakan secara offline dan online

Tes psikologi offline atau paper-based-test dilakukan dengan bertatap muka secara langsung dalam setting classical atau one on one. Sementara tes psikologi online dengan memanfaatkan teknologi dan akses internet dapat diikuti dalam setting apapun, dilakukan di rumah, di perpustakaan atau di cafe. Artikel ini akan berfokus pada tes psikologi yang dilaksanakan secara online.

Meningkatnya kebutuhan untuk ‘serba cepat’ yang didukung pertumbuhan teknologi mendorong berkembangnya penggunaan tes psikologi online (psikotes online). Laporan Global Assessment Trend Report memperlihatkan bahwa tes psikologi online telah marak dilakukan sejak tahun 2012, dimana setidaknya 64% responden survei Sumber Daya Manusia menunjukkan bahwa perusahaan mereka mengizinkan psikotes jarak jauh dan tanpa supervisi langsung. Pengecualian untuk tes klinis dan neurosikologis tertentu, Hambleton (2010) dalam penelitiannya berpandangan bahwa dalam 5 hingga 10 tahun kedepan, semua tes psikologis akan dilakukan secara online. Dengan perkembangan teknologi dan situasi pandemi seperti hari ini, maka dapat diduga bahwa angka pelaksanaan psikotes online terus meningkat.

Tes psikologi online adalah inovasi yang menjawab berbagai tantangan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Tes ini tidak tergantung pada tempat atau ruang tertentu. Hal ini memungkinkan kandidat untuk mengikuti psikotes ketika telah siap secara fisik maupun mental, tentu saja masih dalam rentang waktu yang diperbolehkan oleh penyelenggara psikotes.

Pelaksanaan psikotes online akan memanfaatkan aplikasi psikotes atau platform penyedia layanan psikotes online. Instrumen, instruksi pengerjaan, norma serta durasi pengerjaan tes yang terdapat di aplikasi psikotes telah diuji coba dan divalidasi sesuai standar pelaksanaan tes psikologi. Aplikasi psikotes juga memungkinakan untuk memperoleh hasil tes secara real time. Oleh karena itu keberadaan aplikasi psikotes ini sangat membantu bagian Sumber Daya Manusia dalam melaksanakan asesmen psikologis.

Tes psikotes online memberikan berbagai keuntungan!

Tes psikologi online dinilai lebih menguntungkan dan efisien baik bagi perusahaan maupun kandidat yang akan mengikuti tes. Hal ini tidak bisa dipungkiri mengingat ada berbagai kelebihan dari pelaksanaan tes psikologi online, diantaranya adalah:

  1. Efisiensi kerja. Psikotes online memungkinkan untuk mempersingkat rangkaian waktu pelaksanaan rekrutmen atau seleksi dimana penilaian  hasil dari psikotes online dapat diperoleh lebih cepat dengan bantuan sistem. Selain itu, kandidat dapat membaca dan memahami instruksi tes secara mandiri dengan supervisi minimum dari tester atau administrator. Hal ini juga memungkinkan kandidat untuk secara pribadi menentukan apakah sudah memahami instruksi tes atau perlu membaca ulang instruksi tersebut sehingga setiap pilihan jawaban selama tes benar-benar dipilih secara sadar.
  2. Waktu pelaksanaan fleksibel. Tes psikologi online dapat menjadi solusi bagi peserta tes yang berada diluar kota atau kemungkinan terkena macet, hujan, atau hal-hal tidak terduga lainnya. Kandidat dapat melakukan psikotes online dari mana saja selama memiliki akses internet yang memadai. Kandidat dapat menyesuaikan waktu antara jam kerja dengan jadwal tes yang dapat menghindari kemungkinan batal atau diundurnya pelaksanaan psikotes.
  3. Mengurangi resiko human error. Human error dapat terjadi karena banyaknya peserta tes dan konsentrasi yang menurun akibat kelelahan. Tes psikologi online tentu saja dapat meminimalisir hal ini. Pengawasan atau observasi dapat dilakukan oleh sistem dan tersimpan di database aplikasi psikotes, Instruksi tes dapat dibaca secara mandiri oleh peserta tes, begitu pula dengan hasil tes (diagram dan deskripsi) yang diformulasikan oleh sistem dengan akurasi dan validitas yang sudah terjamin.
  4. Hemat biaya operasional. Pelaksanaan tes psikologi online dapat mengurangi biaya operasional perusahaan yang berhubungan dengan biaya cetak, pengadaan ruangan pelaksanaan psikotes  dan keperluan mendatangkan tenaga ahli untuk membantu proses psikotes offline.
  5. Laporan hasil tes dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Sistem dalam aplikasi psikotes memungkinakan untuk menyesuaikan psikogram hasil psikotes online sesuai dengan kebutuhan organisasi atau perusahaan. Psikotes online juga memungkinkan penggunanya untuk mengakses hasil psikotes di kemudian hari pada aplikasi psikotes, atau mendownload hasil tersebut untuk disimpan pribadi.
  6. Menjaga keamanan dan kesehatan selama masa pandemi.

 

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, apakah pelaksanaan tes psikologi online masih menjamin kredibilitas hasilnya?

Tentu saja! Dilaksanakan secara online tidak menjadikan psikotes online kehilangan validitas dan reliabilitasnya sebagai instrumen untuk mengukur konstruk psikologis manusia. Platform penyedia layanan tes psikologi online NS Development telah diuji coba dan divalidasi sesuai standar pelaksanaan tes psikologi, sehingga komputer tidak lagi sebatas sarana untuk menilai tes, namun telah menjadi bagian integral dari seluruh proses pelaksanaan tes psikologi, mulai dari desain, administrasi hingga skoring.

Smoline (2012) mengindikasikan bahwa penggunaan komputer memungkinkan manusia  untuk menggunakan tes dengan struktur kompleks tanpa mengurangi validitas tes, menerapkan pemrosesan matematis dan mendalam dari setiap respons selama tes dan hasil tes secara keseluruhan. Selain itu, pengujian terkomputerisasi juga meningkatkan keandalan, standarisasi, dan objektivitas administrasi tes dengan pemberian item dengan cara yang sama dalam setiap tes (Butcher, 1987).

Kecanggihan teknologi saat ini juga mendukung online proctoring untuk meminimalisir kecurangan selama pelaksanaan tes psikologi online. Online proctoring adalah pengawasan ujian yang dilakukan secara online yang memungkinkan penyelenggara tes untuk mengawasi kandidat atau peserta ujian secara langsung melalui webcam device atau smartphone yang sedang digunakan. Sistem online proctoring ini juga memungkinkan penyelenggara memantau apa yang sedang berjalan di perangkat ujian peserta tes, menggunakan mikrofon dan speaker serta meng capture otomatis yang memperlihatkan peserta tes. Keberadaan online proctoring ini berfungsi layaknya catatan observasi pada pelaksanaan psikotes offline.

Memenuhi kebutuhan praktisi HR untuk kemudahan proses asesmen, NS Development hadir sebagai platform layanan tes psikologi online yang menyediakan lebih dari 15 jenis tes psikologi untuk mengetahui kepribadian, minat & bakat, intelegensi umum, gaya belajar dan ketahanan atau performa kerja. Menghadirkan hasil psikotes real time, terstandarisasi dan mampu menyesuaikan kebutuhan perusahaan atau organisasi dan akses langsung hasil psikotes kepada peserta. NS Development juga memfasilitasi perusahaan untuk melakukan job posting dan registrasi kandidat yang akan sangat membantu dan mempermudah kinerja HR.

Daftarkan perusahaan anda di NS Development dan dapatkan pengalaman kemudahan psikotes online terstandarisasi yang terpercaya.

Artikel berhubungan: