logo PT Nirmala Satya Development
Tes RMIB

Tes minat rmib (Rothwell Miller Interest Blank) dapat diberikan kepada seseorang secara perseorangan (individual) ataupun massal (classical)

Tes minat rmib (Rothwell Miller Interest Blank) dapat diberikan kepada seseorang secara perseorangan (individual) ataupun massal (classical). Kepada mereka diinstruksikan untuk membuat ranking dari daftar pekerjaan yang tersedia didalam formulir tes. Ranking dimulai dengan nomor 1 untuk pekerjaan yang paling disukai dalam satu kelompok dan berakhir dengan nomor 12 untuk pekerjaan yang paling tidak disukai, sesuai dengan jumlah pekerjaan yang terdapat dalam satu kelompok. Instruksi biasanya sudah terdapat dalam formulir, sehingga bagi mereka responden yang sudah dewasa dapat diinstruksikan untuk membaca sendiri, kecuali untuk orang dewasa dengan intelligensi rendah (Dull Normal).

Bagi yang terakhir ini diadakan pengecualian disebabkan karena mereka dianggap atau diragukan kemampuannya untuk memahami maksud instruksi yang tertulis, sehingga perlu diberikan beberapa contoh untuk dapat mengerjakannya dengan tepat. Bahkan inipun masih harus dilengkapi dengan memeriksanya setiap saat untuk mencegahnya kemungkinan berbuat kesalahan.

INSTRUKSI PENGADMINISTRASIAN TES RMIB

Berikut adalah penjelasan lebih detail pelaksanaan tes RMI.

Pertama-tama katakan kepada mereka (1):

“Bila saudara sudah menerima formulir, tulislah nama, dan keteranganketerangan lain mengenai diri saudara di kolom yang sudah disediakan disebelah atas dalam formulir”.

Sesudah beberapa saat, dilanjutkan (2):

“Kemudian bacalah instruksi yang terdapat pada formulir tersebut”. Bunyi instruksi secara tepatnya adalah sebagai berikut : “Dibawah ini akan saudara temui daftar dari bermacam-macam pekerjaan yang tersusun ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 12 macam pekerjaan. Setiap pekerjaan merupakan keahlian khusus yang membutuhkan latihan atau pendidikan keahlian tersebut.

Mungkin hanya beberapa diantaranya yang saudara sukai. Akan tetapi disini saudara diminta untuk memilih pekerjaan mana yang ingin saudara lakukan atau paling saudara sukai, terlepas dari besar kecilnya upah atau gaji yang akan diterima, atau apakah saudara akan berhasil dalam mengerjakannya atau tidak.

Tugas saudara adalah mencantumkan nomor atau angka dibelakang setiap pekerjaan per-kelompok, mulai dengan nomor 1 untu pekerjaan yang paling saudara sukai dan seterusnya sampai 12 untuk pekerjaan yang paling tidak disukai. Bekerja dengan secepatnya dan tuliskan nomor-nomor sesuai dengan kesan dan keinginan saudara yang pertama. Jangan ada yang dilewatkan !!!

Diberi waktu lagi untuk beberapa saat, dan … “Ada pertanyaan?” (3)

Untuk respondent dengan intelligensi rendah (Dull Normal) dapat diberikan beberapa illustrasi sebagai berikut :

“Seandainya saudara mempunyai suatu daftar buah-buahan, misalkan saja jeruk, nanas, mangga dan rambutan. Dan kemudian saya tanyakan kepada saudara buah mana yang paling saudara sukai. Apabila audara paling suka buah mangga, maka saudara tulis nomor 1 di belakang mangga, dan kemudian lebih suka nanas dari pada 2 yang lainnya, maka saudara tulis angka 2 di belakang nanas. Demikian seterusnya sehingga di belakang setiap nama buah terdapat angka yang menunjukkan urutan dari buah-buahan kesukaan saudara.

Saudara harus mengerjakan seperti tadi, akan tetapi daftar yang terdapat di dalam formulir ini adalah daftar pekerjaan, bukan daftar buah-buahan. Di sini juga saudara harus memilih pekerjaan mana yang paling saudara sukai, beri angka 1 di belakangnya, nomor 2 untuk pekerjaan nomor 2 disukai, dan demikian seterusnya, sehingga semua mempunyai angka di belakngnya yaitu dari nomor 1 sampai nomor 12” .

Apabila tidak terdapat pertanyaan maka instruksi dapat diteruskan (4):

“sekarang kerjakan, dan lengkapilah formulir itu sesuai dengan instruksi. Mengenai beberapa pekerjaan yang belum atau kurang saudara kenal, dapat saudara baca keterangannya di baigian akhir dari formulir ini. Apabila saudara membuat kesalahan, coretlah nomor yang salah tersebut, dan tuliskanlah angka yang benar di samping angka yang salah tadi. Sesudah saudara selesai mengerjakannya, saudara dapat mengembalikan formular tersebut”.

Kemudian, sesudah responden selesai mengisi atau membuat rangking, kepada mereka diinstruksikan untuk menuliskan 3 jenis pekerjaan yang disukainya, tidak tergantung pada jenis pekerjaan yang terdapat di dalam daftar. Boleh menulis pekerjaan yang terdapat dalam daftar, boleh pula tidak. Walau pengambilan tes tidak terbatas, akan tetapi biasanya seorang dewasa dapat mengerjakannya dalam waktu 20 menit.

CARA PENGECEKAN LEMBAR JAWABAN RMIB

Untuk mengadakan pengecekan apakah tidak terdapat kesalahan dalam memindahkan angka-angka ranking, maka sesudah dijumlahkan, hasil penjumlahan dari semua angka harus sama dengan = 702. Apabila terdapat 2 angka yang sama, maka masing-masing angka dikurangi atau ditambah dengan 0,5 sesuai dengan keperluannya. Misalkan : terdapat angka kembar 5 dan angka 6 tidak ada, maka ke 2 angka tersebut di tambah dengan 0,5 sehingga masing-masing menjadi 5,5. Sedangkan apabila angka kembar 7 dan angka 6 tidak ada, maka kedua angka tersebut dikurangi dengan 0,5 dan masingmasing menjadi 6,5.

Konsistensi seseorang dalam memberikan jawaban dapat dilihat dari:

  1. Penyebaran pilihan pekerjaan; apakah meneetap pada kategori yang sama dari setiap-tiap kelompok .
  2. Cara pemberian rangking apakah responden membuat rangking secara berurutan atau tidak. Arti berurutan dalam hal ini misalkan saja, sesudah menetukan sesuatu pekerjaan sebagai nomor 1 maka peekerjaan yang terdapat di bawah pekerjaan tersebut, langsung di rank sebagai nomor 2,3,4 dan seterusnya.
  3. Pilihan bebas; apakah pilihan ini sesuai dengan hasil rangking yang diberikan atau hasil yang muncul di dalam rangking.

Demikian administrasi tes RMIB yang perlu diperhatikan.

Dengen berkembangnya teknologi proses pengadministrasi alat tes, termasuk tes RMIB sudah dapat dikerjakan langsung oleh sistem. Baik dari pemberian instruksi, pengecekan, skoring hingga laporan hasil tes. Semua sudah tersedia secara online. Tes RMIB Online telah dikembangkan oleh NS Development.

Artikel berhubungan: