logo PT Nirmala Satya Development
Minat dan Bakat

Minat dan bakat memiliki hubungan yang erat dengan pilihan karir di masa mendatang. Dengan mengembangkan minat dan bakat yang kamu miliki, harapan kedepannya kamu bisa bekerja di bidang tersebut sehingga kinerjamu juga akan lebih maksimal karena kamu menguasai dan menyukai bidang tersebut.

Pada dasarnya setiap orang memiliki minat dan bakatnya sendiri-sendiri. Minat dan bakat antara satu orang dengan orang lainnya bisa saja berbeda, karena itulah kamu perlu mengetahui minat dan bakat aslimu sehingga kamu bisa menemukan pekerjaan impianmu.

Minat dan bakat memiliki hubungan yang erat dengan pilihan karir di masa mendatang. Dengan mengembangkan minat dan bakat yang kamu miliki, harapan kedepannya kamu bisa bekerja di bidang tersebut sehingga kinerjamu juga akan lebih maksimal karena kamu menguasai dan menyukai bidang tersebut.

Keuntungan Bekerja Sesuai dengan Minat dan Bakat

Nah, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu bekerja dalam bidang yang sesuai dengan minat dan bakatmu.

• Pekerjaan akan terasa ringan

Selama kamu melakukan hal yang kamu kuasai dan senangi, waktu akan terasa berjalan dengan cepat. Karena kamu menguasai pekerjaan tersebut, kamu juga bisa menyelesaikan setiap pekerjaan dengan baik tanpa adanya halangan yang berarti.

Contohnya, kamu memiliki minat dan bakat khusus abstract, maka kamu bisa menjadi seorang designer. Pekerjaan desain memiliki hubungan yang erat dengan kreativitas seseorang. Dengan kreativitas ini kamu dapat menghasilkan desain yang berdaya guna dan memenuhi aspek estetika. Bayangkan saja, jika kamu tidak memiliki bakat dan minat dalam dunia desain dan kamu bekerja dalam bidang tersebut. Tentunya, kamu akan merasa pekerjaan ini sulit, kan? Itulah mengapa bekerja sesuai minat dan bakat adalah hal yang sangat penting.

• Tidak mudah stress

Perasaan terpaksa, terbebani, dan kesulitan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan tentunya akan membuatmu lebih mudah stress. Hal ini tak akan terjadi jika kamu bekerja sesuai minat dan bakatmu. Contoh, pekerjaan programmer. Seorang programmer harus memiliki kemampuan komputer dan menguasai berbagai bahasa pemrograman dengan baik. Karena itulah, selain kamu harus senang dengan pekerjaan ini kamu juga harus menguasainya. Sehingga kamu bisa menyelesaikan setiap pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat.

Banyak orang yang merasa stress dengan pekerjaannya karena pekerjaan tersebut bukanlah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Sayangnya, hal tersebut kerap terjadi. Kurangnya lowongan di bidang yang diminati dan kuasai, terkadang membuat banyak orang terpaksa banting stir ke profesi lain yang sebenarnya tidak mereka inginkan. Jangan sampai hal ini terjadi padamu ya.

• Performa kerja terjaga

Pengaruh minat dan bakat terhadap karir memang sangat besar. Dengan bekerja sesuai minat dan bakat, performa kerjamu akan tetap terjaga. Karena kamu bisa menyelesaikan setiap pekerjaan dengan baik tanpa minus, maka atasanmu juga akan menilai kalau kamu memiliki performa kerja yang baik.

• Kenaikan karir lebih cepat

Jika atasanmu memiliki penilaian yang positif terhadapmu. Maka, peluang kenaikan karirmu atau peluang naik jabatanmu juga makin besar lho. Siapa tahu nih, dalam beberapa waktu ke depan kamu akan dipromosikan ke level jabatan yang lebih tinggi. Semakin tinggi jabatanmu, maka gaji dan tunjanganmu juga akan semakin besar.

• Kepuasan lebih

Ketika kamu bekerja dalam suatu bidang yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Maka, secara tak langsung kamu juga telah memenuhi hasrat atau keinginan hatimu. Sehingga setiap kali kamu berhasil membuat pencapaian baru akan ada kepuasan lebih yang kamu rasakan.

Kamu juga makin menghargai setiap proses pekerjaanmu, menikmatinya dan tidak akan merasa terbebani.

Apakah Minat dan Bakat dapat Mempengaruhi Karir Seseorang di Masa Depan?

Pengaruh minat dan bakat terhadap karir seseorang di masa depan memang sangat besar. Jadi, minat dan bakat ini sangat berpengaruh terhadap kesuksesan karir seseorang ya. Analogi sederhananya seperti ini :

Minat adalah ketertarikan seseorang terhadap suatu bidang. Bakat adalah potensi bawaan. Kombinasi keduanya akan menghasilkan skill dan kinerja yang luar biasa. Ketika seseorang bekerja di bidang yang ia minati dan kuasai. Maka, secara tak langsung orang tersebut bisa lebih mudah dan lebih cepat sukses.

Alasannya? Tentu saja karena ia berhasil menyelesaikan semua pekerjaan yang diberikan dengan hasil  maksimal. Tidak ada perasaan terpaksa atau terbebani ketika tengah menjalankan pekerjaan tersebut. Tidak ada hambatan yang berarti pula. Sekalipun ada, kamu justru akan merasa semakin tertantang untuk menyelesaikan hambatan yang ada.

Ibaratkan hobi, bekerja sesuai minat dan bakat ini akan membuatmu merasa lebih puas. kamu tidak perlu menghitung jam pulang setiap harinya. Bahkan, jam kerja dapat diibaratkan layaknya waktu-waktu emas untukmu mengembangkan diri.

Kesimpulan

Itulah beberapa pembahasan seputar pengaruh minat dan bakat terhadap karir seseorang. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa minat dan bakat memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kesuksesan karir.

Seseorang yang bekerja dalam bidang yang ia kuasai dan minati tentu saja akan menjalani karir dan pekerjannya dengan senang hati, tanpa perlu merasa terbebani ataupun terpaksa. Sebaliknya, orang yang bekerja dalam bidang yang ia tidak kuasai dan sukai akan merasa mudah jenuh dan terbebani. Alhasil, kinerjanya tidak maksimal. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada kesuksesan karir orang tersebut.

Cara Mengikuti Tes Minat Bakat

Untuk mengidentifikasi minat dan bakat, biasanya dilakukan tes psikologi. Saat ini telah tersedia banyak lembaga untuk mengidentifikasi minat dan bakat dalam bentuk psikotes online. Lembaga atau tempat untuk melakukan psikotes online dalam rangka mengukur minat dan bakat yang terpercaya di Indonesia adalah NS Development.

Daftarkan diri dan registrasi langsung dirimu untuk mengidentifikasi minat dan bakatmu secara online di NS Development.

Artikel berhubungan: