logo PT Nirmala Satya Development
Aplikasi Psikologi Online

Memilih sebuah aplikasi psikotes online wajib memenuhi persyaratan minimal sehingga dapat menghasilkan hasil tes yang terpercaya

Tahukah Anda ternyata ada aplikasi psikologi online bisa menjadi tempat sharing, lho. Jadi, Anda bisa konsultasi psikologi via online hanya melalui aplikasi. Ada yang berbayar, namun tak sedikit yang tersedia dalam versi gratis.

Mensana in corpore sano. Ingatkah Anda akan pepatah tersebut? Dalam fisik yang sehat terdapat jiwa/akal yang sehat pula. Ungkapan ini memang benar adanya.

Sehat bukan hanya fisik namun juga mental atau pikiran. Jadi, mulai peduli dengan kesehatan mental kita, yuk, supaya semakin mendapat kualitas hidup yang lebih baik.

Persyaratan Wajib untuk Aplikasi Psikologi Online Terbaik

Hidup tanpa ujian terasa kurang afdhol. Hal ini akan menjadikan kita sebagai pribadi yang matang. Faktanya, tidak sedikit yang memilih untuk lari daripada menyelesaikan permasalahan hidup mereka.

Padahal ada kemudahan untuk memecahkannya. Tidak harus dengan teman yang terkadang memiliki segudang kesibukan. Tidak pula harus berlangganan berkunjung ke ahli psikologi. Hanya dalam satu genggaman saja, Anda bisa berkonsultasi dengan psikolog pilihan.

Suatu aplikasi menjadi terpercaya apabila memenuhi beberapa kriteria. Selain itu, persyaratan tersebut mutlak menjadi tolak ukur penilaian hasil tes yang akurat, valid, dan reliabel. Hasil tes benar-benar mencerminkan kondisi psikologi peserta yang sebenarnya.

Meski ada banyak aplikasi psikologi, namun sebisa mungkin pilihlah layanan yang memberikan hasil benar-benar  Sebelum menggunakannya, cermati terlebih dahulu apakah aplikasi psikologi online tersebut telah memenuhi persyaratan berikut ini.

1. Design Soal

Salah satu syarat aplikasi psikologi yang memegang posisi penting terdapat pada design soal. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penyimpangan hasil tes nantinya.

Ada beberapa poin penting pada desain soal yang harus Anda perhatikan. Poin tersebut meliputi:

Lama waktu pengerjaan soal memegang peranan penting terhadap akurasi hasil. Inilah mengapa aplikasi tes psikologi menjadikan batas durasi waktu sebagai fitur utamanya. Umumnya, durasi waktu pengerjaan soal ada pada tes kemampuan, intelegensi, kecepatan, ketahanan, dan lain-lain.

Tampilan soal harus berdasarkan norma asalnya. Beberapa tes memberi persyaratan mana pengerjaan tes yang baiknya didahulukan dan mana yang menyusul. Sebisa mungkin carilah aplikasi psikologi online dimana desainnya sama dengan norma aslinya.

Penyajian tes yang baik adalah tanpa typo atau akses gambar (kualitas gambar). Kedua hal tersebut dapat mempengaruhi hasil tes. Respon jawaban yang muncul akan berbeda sebagai akibat kesalahan pengetikan atau kualitas gambar yang kurang baik. Besar kemungkinan akan membuat jawaban menjadi salah.

2. Melalui Audit Pakar Psikolog

Syarat aplikasi psikologi online terbaik yang wajib dipenuhi berikutnya adalah lulus audit atau pengecekan. Lebih tepatnya adalah ahli psikolog benar-benar memahami seluk beluk alat tes dan bahasa pemrograman. Dengan demikian, aplikasi psikotes online tersebut cukup intens dan dijamin terpercaya.

Berbeda hal dengan aplikasi yang dibangun tanpa melalui verifikasi atau audit. Maka aplikasi tersebut patut dipertanyakan kebenarannya. Cobalah cermati sistem coding, rumus, serta kaidah psikologinya, apakah sesuai dengan norma aslinya atau tidak.

Memperluas Norma Tes Psikotes Online

Psikotes yang dikembangkan dengan metode paper base tentu telah memiliki norma yang telah teruji sebelum digunakan. Artinya, ketika psikotes tersebut berubah dalam versi online, tentu wajib memiliki norma tersendiri, bahkan berbeda dengan metode konvensional.

3. Memiliki Fitur Observasi

Aplikasi psikotes online terbaik seharusnya memiliki fitur observasi lebih dari satu. Adapun fitur pada aplikasi psikotes antara lain adalah:

  • Observasi kamera (proctoring camera) merupakan fitur yang memungkinkan peserta untuk mendeteksi keaslian serta menangkap ekspresi saat proses pengerjaan tes.
  • Lokasi pengerjaan tes psikologi yang baik seharusnya bisa dideteksi baik melalui kamera maupun IP akses.
  • Mengingat aplikasi psikologi dapat dilakukan secara online, maka perangkat tersebut wajib yang memenuhi aturan, yakni harus dapat ditangkap.

Beberapa tes akan terpengaruh hal tersebut. Misalkan pada tes kecepatan. Secara otomatis jenis gadget yang peserta pakai untuk mengerjakan soal akan mempengaruhi proses pengerjaan para kandidat tes.

Ada histori pengerjaan. Meski tidak dapat mengikuti gerak gerik para kandidat tes, namun melalui histori pengerjaan kita bisa mengetahui dan menangkap hal-hal seperti:

  • Berapa frekuensi mengerjakan tes yang sama.
  • Frekuensi pengulangan soal tes.
  • Berapa kali keluar masuk aplikasi saat pengerjaan
  • Lama waktu pengerjaan dan
  • Jam mulai pengerjaan hingga jam selesai pengerjaan.

Jika Anda berminat mengikuti tes psikologi, pastikan memilih koneksi internet yang mumpuni. Akan tetapi, jika Anda bingung memilih aplikasi psikotes online terbaik dan terpercaya, maka NS Development penyelesaian terbaiknya.

Hal ini karena aplikasi recruitment yang kami berikan telah memenuhi persyaratan yang telah dibahas sebelumnya. Selain itu, aplikasi psikologi online tersebut sudah terintegrasi dengan job portal, psikotes online, dan database recruitment dalam satu sistem. Kunjungi portal NS Development untuk memperoleh informasi selengkapnya.

Aplikasi Psikologi Online

Aplikasi Psikologi online yang merupakan aplikasi psikotes terbaik di Indonesia adalah NS Development. Tersedia puluhan alat tes psikologi dalam aplikasi NS Development yang telah siap digunakan. Aplikasi psikotes online NS Development tersedia dalam bentuk aplikasi android maupun website, sehingga memudahkan akses. Akses psikotes dapat dengan menggunakan laptop, komputer, tablet ataupun mobile phone.

Berminat menggunakan aplikasi psikotes online NS Development? Anda dapat mengunjungi langsung dengan mengklik tautan Aplikasi Psikologi Online.

Artikel berhubungan: