logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat

Tes minat dan bakat ini akan jadi salah satu cara terbaik agar kamu dapat mengetahui bakat terpendam yang kamu miliki sekaligus menyadari ketertarikanmu pada suatu bidang.

Bakat adalah potensi bawaan yang dimiliki oleh seseorang sejak lahir. Bakat inilah yang membuat seseorang jadi terlihat lebih istimewa, unggul, dan menonjol dalam suatu bidang tertentu. Untuk jenis bakat khusus sendiri ada bermacam-macam, mulai dari bakat verbal, numerik, spasial, dan lain sebagainya.

Dengan bakat khusus ini, seseorang dapat menemukan pilihan pendidikan dan karir yang paling tepat untuknya sesuai dengan kemampuan alami yang ia miliki.

Bakat berbeda dengan minat. Minat merupakan ketertarikan seseorang terhadap suatu bidang. Minat ini bukan merupakan bawaan dari lahir, ia memerlukan suatu rangsangan untuk timbul. Minat ini dapat tumbuh, berkembang, atau bahkan berganti seiring dengan pertambahan usia seseorang dan pengalaman yang ia miliki.

Mengetahui minat dan bakat memiliki fungsi yang sama pentingnya dengan mengetahui bakat terpendam. Dengan mengetahui minat apa yang kita miliki, kita jadi tahu. Kemanakah arah pembelajaran dan karir di masa mendatang.

Dengan menemukan jurusan ataupun pilihan karir yang sesuai dengan minat yang kamu miliki. Maka, kamu bisa menjalaninya dengan sukarela dan penuh dengan rasa senang serta puas. Minat inilah yang mendorong kita untuk semakin memperdalam bidang tersebut. Hambatan-hambatan yang kamu temui pun jadi semakin tak berarti karena kamu menjadikannya sebagai suatu tantangan khusus yang harus kamu selesaikan dengan baik.

Minat sendiri bisa berasal dari dalam diri sendiri atau berdasarkan faktor lingkungan sekitar. Contoh, semasa kecil kamu melihat pertunjukan piano yang indah. Hal tersebut sangat membekas dalam ingatanmu. Alhasil, kamu jadi berminat untuk mencoba bermain piano dan menjadi seorang pianis.

Meskipun begitu, seseorang yang berminat dalam suatu bidang belum tentu juga ia akan berbakat dalam bidang tersebut. Kamu mungkin menyukai piano, tapi kamu belum tentu berbakat dalam memainkannya.

Setelah ikut kursus piano dan berlatih selama bertahun-tahun, kamu mungkin akan jadi lebih mahir. Namun, bisa saja kamu akan kalah saing dengan pianist lain yang berbakat. Usaha memang tak akan mengkhianati hasil. Dengan berlatih keras, kamu mungkin bisa menjadi seorang pemain piano yang hebat. Namun tetap saja, bakat akan menjadi salah satu faktor penting penentu kesuksesanmu.

Kombinasi sempurna antara minat dan bakat seseorang dalam suatu bidang. Tentunya akan menghasilkan talent-talent jenius di masa mendatang. Karena itulah, akan lebih baik kalau kamu mengenali bakatmu, mengembangkan minat seputar bakat tersebut, dan melatihnya.

Lalu, bagaimana cara kamu mengetahui bakat apa yang kamu miliki? Kamu bisa bertanya pada orang sekitarmu, orang tua, atau guru lesmu, bidang manakah yang membuatmu paling menonjol jika berada di dalamnya?

Atau, kamu bisa mencoba tes minat bakat untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Berikut akan kami jelaskan berbagai tipe assessment dalam tes minat bakat

Berbagai Tipe Assessment dalam Tes Minat Bakat

Tes minat dan bakat ini akan jadi salah satu cara terbaik agar kamu dapat mengetahui bakat terpendam yang kamu miliki sekaligus menyadari ketertarikanmu pada suatu bidang. Ada banyak sekali tipe assessment yang ada dalam tes minat bakat ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tes Kepribadian

Tes kepribadian dapat membantumu untuk memahami mengapa kamu lebih menyukai suatu hal dan tidak menyukai hal yang lainnya. Pemahaman ini bisa berguna ketika membuat keputusan penting yang memiliki dampak jangka panjang, seperti memilih jurusan kuliah dan pekerjaan termasuk karirmu.

2. Tes Gaya Kerja

Tes ini sendiri sering digunakan untuk menguji gaya kerjamu di tempat kerja. Bagi yang belum bekerja, kemungkinan akan diganti dengan informasi kegiatan-kegiatan yang merupakan hobby (minat). Dengan memahami gaya kerja, akan mampu memprediksi karir yang tepat untuk kamu.

3. Tes Intelegensi

Tes intelegensi sangat penting dalam menentukan minat bakat dan penelusuran karirmu yang tepat. Walaupun intelegensi tidak menentukan semuanya, tetapi merupakan proporsi terbesar dalam keberhasilan. Perlu diingat bahwa, intelegensi ini terdapat beberapa jenis, sehingga ada orang yang genius dihal-hal tertentu, dan agak kurang di hal lainnya. Jadi penentuan aspek intelegensi itu sangat penting, area mana yang merupakan kekuatanmu.

4. Tes Kepemimpinan

Tes ini sangat penting bagi kamu yang berniat menjadi politisi, leader ataupun pekerjaan yang membutuhkan Kerjasama tim.

Nah, itulah beberapa tipe assessment yang dapat digunakan sebagai tes minat dan bakat seseorang. Semoga dapat menjadi refensi.

Tes Minat Bakat Online

Mengidentifikasi minat bakat adalah hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat.

Artikel berhubungan: