logo PT Nirmala Satya Development
tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah

Tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah adalah solusi terbaik bagi kamu untuk bisa langsung menentukan jurusan mana yang sesuai bakat kamu

Melakukan tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah merupakan hal yang sangat penting untuk kamu lakukan sebelum memilih jurusannya. Pasalnya cara menentukan jurusan kuliah yang sesuai dengan bakat atau minat merupakan hal yang tepat dan efektif.

Memang memilih jurusan juga bukan merupakan hal yang mudah, namun sayangnya kebanyakan orang hanya sering ikut-ikutan teman lainnya. Sehingga bagi kamu yang merasa bingung saat menentukan jurusan, maka harus melakukan tes psikologi terlebih dahulu. Bagaimana caranya?

Pentingnya Melakukan Tes Psikologi untuk Menentukan Jurusan Kuliah

Pada dasarnya tes minat bakat sendiri akan memudahkan seseorang untuk melakukan kegiatan seperti memilih jurusan. Karena saat harus memilih antara keinginan orang tua atau keinginan diri sendiri, maka tes minat bakat ini akan memberikan kemudahannya.

Mengingat bahwa memilih jurusan kuliah sebenarnya bukan hal yang sangat mudah dan asal-asalan dalam menentukannya. Jadi tidak heran jika seseorang harus menghadapi rasa kebimbangan ketika akan menentukan jurusan sesuai pilihan.

Meski demikian bagi beberapa orang, bahwa ini juga bukan hal yang susah, karena sejak kecil kita sudah tahu bahkan akan menjadi orang yang sukses. Nah sehingga melakukan tes psikologi adalah jawaban dan solusi tepat untuk membantumu dalam menentukan jurusan.

Akan ada banyak penjelasan supaya kamu dapat memantapkan hati ketika menentukan jurusan kuliah sesuai kemampuan dan minat kamu sendiri. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena sudah salah memilih jurusan yang tidak sesuai bakat dan minat kamu sendiri. Lantas bagaimana caranya?

Cara Memilih Jurusan Kuliah

Tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah adalah solusi terbaik bagi kamu untuk bisa langsung menentukan jurusan mana yang sesuai bakat kamu. Pasalnya saat akan menentukan maupun memilih jurusan kuliah, maka kamu bisa melakukannya dengan berbagai macam cara.

Misalnya kamu bisa memulainya dengan cara mencari sumber informasi yang lengkap misalnya di internet maupun website. Mengingat bahwa perkembangan dunia teknologi seperti sekarang ini termasuk bidang informasi juga lebih baik daripada zaman dahulu kala.

Sebab kamu tidak perlu langsung datang ke universitas atau sekolah impianmu untuk mengetahui seperti ada bentuk dan rupanya itu. Oleh karena itu kamu cukup dengan mencari informasinya melalui media internet, sehingga dengan demikian maka rasa penasaran kamu akan langsung terjawab.

Terlebih saat ini setiap universitas juga telah memiliki situs resmi masing-masing, sehingga kamu bisa membaca bagaimana keunggulannya. Tidak hanya melalui dunia internet saja, melainkan testimoni dari para alumni pun juga bisa kamu jadikan sebagai rujukan terbaik saat akan menentukan jurusan.

Melakukan Tes Kepribadian

Salah satu tes kepribadian yang biasa digunakan untuk mengidentifikasi kecocokan jurusan kuliah adalah DISC. Nah DISC sendiri merupakan akronim dari kata Dominance, Influence, Steadiness dan Compliance.

Sehingga setiap kita mempunyai kecenderungan untuk lebih sesuai dengan menggunakan salah satu dari tipe-tipe tersebut. Nah untuk seorang Dominance, maka mereka lebih menyukai hasil yang cepat serta tantangan dalam bidang apru hingga mengambil peran otoritas.

Sementara itu seorang Influence ini merupakan mereka sosok yang cekatan serta suka berkolaborasi dengan orang lain ketika sedang mengerjakan tugas. Selanjutnya Steadiness ini adalah mereka yang sanggup dalam melakukan sesuatu dengan cara konsisten hingga sampai pada akhirnya selesa.

Terakhir adalah Compliance merupakan mereka yang sangat tekun, lebih fokus pada kualitas serta ketepatan yang tinggi. Lantas kamu lebih mendekati tipe yang mana? Untuk menemukan jawabannya, maka kamu harus melakukan tes psikologi terlebih dahulu.

Melakukan Tes Penjurusan

Tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah seperti ini akan mengarahkan kamu dalam bidang pendidikan yang lebih sesuai. Tes yang biasa digunakan ada tes RIASEC (SDS Holland). Tipe minat untuk penjurusan pada RIASEC dari Realistic, Investigative, Arctic, Social, Enterprising dan juga Conventional.

Khusus untuk tipe Realistis ini mempunyai cara berpikir yang lebih praktis serta suka beraktivitas di luar ruangan. Sedangkan Investigative merupakan tipe pengamat yang bisa tenggelam dalam kegiatan keilmuan tinggi.

Artistic merupakan mereka orang yang suka berkegiatan kreatif penciptaan suatu karya serta memiliki cara berpikir yang kreatif dan unik. Sementara itu tipe Social adalah merasa senang saat bisa mendahulukan orang lain, dan Enterprising adalah suka mempersuasi orang lain guna mencapai tujuan.

Terakhir da tipe Conventional merupakan tipe orang yang terorganisir dan akan mengutamakan akurasi serta detail. Ia merupakan seorang ahli dalam kegiatan administratif termasuk yang berkaitan dan angka.

Untuk melakukan tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah dengan mudah, maka kamu bisa memanfaatkan NS Development. Ini adalah sebuah aplikasi psikotes online terpercaya yang bisa kamu gunakan. NS Development menyediakan layanan tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah secara online sehigga memudahkan akses, karena dapat diakses via desktop (komputer atau laptop), tablet, mobile phone menggunakan browser ataupun aplikasi android.

Ingin mengikuti tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah? Anda dapat mengikutinya secara online dan mendaftar langsung di situs NS Development!

Artikel berhubungan: