logo PT Nirmala Satya Development
Cara Mengetahui Bakat

Bakat merupakan kapasitas yang dimiliki seseorang atau kapasitas yang diperkirakan dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu yang sedikit sekali dipengaruhi oleh latihan

Tidak jarang orang susah mengidentifikasi bakatnya. Bahkan kata-kata bakat yang terpendam sering kita dengar. Maksud dari kata-kata ini adalah belum memahami dan mengetahui bakatnya lebih jauh. Agar mengetahui bakat, kita perlu memahami terlebih dahulu pengertian bakat.

Bakat merupakan kapasitas yang dimiliki seseorang atau kapasitas yang diperkirakan dimiliki seseorang untuk melakukan sesuatu yang sedikit sekali dipengaruhi oleh latihan. Utami Munandar menyampaikan analisisnya mengenai bakat (aptitude) sebagai kemampuan bawaan yang merupakan potensi, untuk bisa terwujud eksistensinya perlu dikembangkan dan dilatih.

Pendapat-pendapat bahwa bakat merupakan potensi yang bisa dikembangkan juga disampaikan oleh Kartini kartono, yang mendefinisikan bakat mencakup segala faktor yang ada pada individu sejak awal pertama dari kehidupannya, yang kemudian tumbuh menjadi keahlian, kecakapan dan keterampilan khusus tertentu, yang bersifat laten potensial dalam arti dapat dikembangkan dan dapat diaktifkan potensinya. Menurutnya bahwa bakat merupakan benih dari suatu sifat dan baru nampak nyata jika mendapat kesempatan atau kemungkinan untuk berkembang. Bakat merupakan sebuah kondisi atau serangkaian karakteristik dari kemampuan seseorang untuk mencapai sesuatu dengan sedikit latihan (khusus) mengenai pengetahuan, keterampilan, atau serangkaian respon tertentu.

Dari pengertian diatas, kita memiliki gambar itu seperti apa. Bahwa bakat merupakan potensi yang dimiliki seseorang yang merupakan bawaan dari lahir dan dipengaruhi oleh lingkungan. Pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara mengetahui bakat?

CARA MENGETAHUI BAKAT YANG TERPENDAM

Pada dasarnya, untuk mengetahui bakat, ada dua cara yang perlu diketahui agar mengenali bakat yang terpendam, yaitu melalui:

1. Pengalaman                           

Ketika mencoba hal tertentu, individu mengalami banyak kemajuan dalam bidang tersebut. Hal ini akan menjadi satu cara dalam mengetahui bakat apa yang dimilikinya.

2. Mengikuti Tes Bakat

Cara yang kedua ini adalah cara yang paling tepat dan cepat, mengikuti tes bakat. Dengan mengetahi bakat lebih awal, akan memudahkan seseorang mengambil langkah-langkah kedepannya. Misal mengambil jurusan kuliah ataupun memilih karir.

Saat ini telah tersedia lembaga tes Bakat online seperti NS Development.

3. Memadukan antara pengalaman dan tes bakat

Dengan melakukan antara pengalaman dan tes bakat, tentunya hasilnya lebih meyakinkan.

Rekomendasi tes Bakat yang terpercaya adalah NS Development. Tes Bakat NS Development tersedia secara online, bisa diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia (desktop, table, ataupun mobile phone). Yang lebih penting bahwa, NS Development sisemnya dibangun dan telah di audit oleh psikolog, sehingga hasil yang dikeluarkan dapat dipertanggungjawabkan.

Ikuti tes Minat Bakat di NS Development, sebuah lembaga psikologi khusus pengukuran minat dan bakat.

 

 

Referensi:

William B. Michael, School Culture and School School Improvement, (San Fransisco: American Educational Research Association,1960)

S.C. Utami Munandar, Hubungan Isteri, Suami dan Anak dalam Keluarga, (Jakarta : Pustaka Antara, 1992)

Kartini kartono, Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi, (Jakarta : CV Rajawali, 1985)

Artikel berhubungan: