logo PT Nirmala Satya Development
Mengetahui Bakat

Salah satu cara mengenal bakat anak adalah melihat perilaku dan kecenderungannya (minat) dalam melakukan kegiatan”. Namun lain dari itu terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengetahui bakat seseorang.

Bakat seseorang tidak dapat dengan mudah untuk dimunculkan ataupun diketahui. Bakat dapat diketahui melalui beberapa cara yang dapat dilakukan agar dapat lebih membantu seseorang menemukan bakatnya. Menurut Ma’mur (2012) “salah satu cara mengenal bakat anak adalah melihat perilaku dan kecenderungannya (minat) dalam melakukan kegiatan”. Namun lain dari itu terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengetahui bakat seseorang.

Cara Mengetahui Bakat

Berikut adalah cara-cara untuk mengetahui bakat yang ada pada diri seseorang, yaitu sebagai berikut:

a. Mengamati rekasi

Seseorang yang memiliki minat terhadap suatu hal yang menjadi bakatnya akan memberikan reaksi yang sangat spotan yang sangat mendalam pada hal baru yang mengarah pada bakatnya. Orang tersebut mampu memberikan reaksi yang lebih seksama pada hal yang diminati.

b. Besarnya niat

Orang yang tertarik pada suatu hal biasanya akan mengantarkannya untuk dapat memunculkan bakat yang dimiliki. Bakat yang dimiliki terlihat dari awal seseorang yang memiliki keinginan dan juga niat yang besar dalam melakukan sebuah kegiatan atau hal yang berhubungan dengan bakatnya. Keinginan tersebut sering kali ditandai dengan keinginan untuk melakukan kembali kegiatan yang berhubungan dengan bakat yang dimiliki.

c. Kecepatan penguasaan

Bakat yang terdapat dalam diri setiap individu sering kali muncul dengan ditandai dengan kecepatan seseorang tersebut dalam menekuni atau mendalami pemahaman terkait bakatnya. Berbeda dengan orang lain, individu yang senantiasa mendalami kegiatan atau hal yang sesuai dengan bakatnya akan dengan cepat menguasi dibandingkan dengan orang lain.

d. Perasaan

Bakat yang ditekuni atau dikembangkan akan menciptakan perasaan yang senang dari diri individu tersebut. Bahkan individu tersebut akan merasa puas dan merasakan keasyikan tersendiri ketika melakukan kegiatan yang berhubungan dengan bakatnya.

e. Menikmati

Berbeda dengan kegiatan atau hal yang mungkin bukan menjadi sebuah bakat seseorang. Apabila seseorang melakukan kegiatan yang berhubungan bakatnya maka orang tersebut akan merasa nyaman apa yang dilakukan.

f. Keinginan mendalami

Rasa senang dan asyik terhadap kegiatan ataupu hal yang berhubungan dengan bakat orang tersebut, akan mampu memunculkan perasaan untuk ingin lebih mendalami lagi bakat yang dimiliki.

g. Tes Minat Bakat

Hal yang paling mudah dilakukan untuk mengetahui bakat seseorang dengan melakukan identifikasi minat dan bakat. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan tes Psikologi.

NS Development menyediakan layanan Identifikasi minat dan bakat online. Layanan NS Development akan membantu anda menelusuri minat dan bakat anda. Sesi layanan, baik psikotes online maupun konseling dilakukan secara online, sehingga memudahkan anda mengakses layanan yang tersedia.

Dari berbagai uraian diatas apabila mampu dipahami oleh setiap orang dewasa maka dapat menjadi sebuah acuan yang membantu mereka untuk dapat menemukan bakat yang dimiliki. Semua cara diatas juga tidak dapat dilakukan satu dua poin saja namun apabila seseorang ingin mengetahui benar tidaknya bakat yang dimiliki oleh anak tersebut maka berbagai cara yang diuraikan diatas harus dipastikan semua, karena bila tidak bisa saja hal dimaksud tersebut hanya sebatas minat yang dengan mudah masih dapat berubah tergantung kondisi lingkungan.

Ingin mengetahui bakat anda? Silahkan langsung registrasi minat bakat anda secara online di NS Development.

 

Referensi

Asmani, Jamal Ma’mur. 2012. Kiat Mengembangkan Bakat Anak di Sekolah. Yogyakarta: Diva press

Artikel berhubungan: