logo PT Nirmala Satya Development
Ciri-ciri Minat

Agar dapat dengan mudah mengetahui bahwa seseorang memiliki minat atau tidak terhadap suatu hal, benda ataupun kegiatan dapat dilihat melalui beberapa ciri-ciri yang dapat menunjukan apakah seseorang memiliki minat atau tidak terhadap suatu hal yang dihadapi.

Minat yang dimiliki oleh setiap individu memiliki peran tersendiri dalam yang mampu menjadikan antara individu memiliki perbedaan tersendiri dengan individu yang lain. Minat tidak dapat dengan mudah langsung diketahui. Agar dapat dengan mudah mengetahui bahwa seseorang memiliki minat atau tidak terhadap suatu hal, benda ataupun kegiatan dapat dilihat melalui beberapa ciri–ciri yang dapat menunjukan apakah seseorang memiliki minat atau tidak terhadap suatu hal yang dihadapi.

Menurut Elizabeth Hurlock dalam Susanto (2014) menyebutkan kembali terkait ciri-ciri minat antara lain:

  1. Minat tumbuh bersamaan dengan perkembangan fisik dan mental. Minat disemua bidang berubah selama terjadi perubahan fisik dan mental, misalnya perubahan minat dalam hubungannya dengan perubahan usia.
  2. Minat tergantung pada kegiatan belajar. Kesiapan belajar merupakan salah satu penyebab meningkatnya minat seseorang.
  3. Minat tergantung pada kesempatan belajar. Kesempatan belajar merupakan faktor yang sangat berharga, sebab tidak semua orang dapat menikmatinya.
  4. Perkembangan minat mungkin terbatas. Keterbatasan ini mungkin dikarenakan keadaan fisik yang tidak memungkinkan.
  5. Minat dipengauhi budaya. Budaya sangat memengaruhi sebab jika budaya sudah mulai luntur mungkin minat juga ikut luntur.
  6. Minat berbobot emosional. Minat yang berhubungan dengan perasaan, maksudnya bila suatu objek dihayati sebagai sesuatu yang sangat berharga, maka akan timbul perasaan senang yang akhirnya dapat diminatinya.
  7. Minat berbobot egosentris, artinya jika seseorang senang terhadap sesuatu, maka akan timbul hasrat untuk memilikinya.

Itulah ciri-ciri minat menurut Elizabeth Hurlock, yang seperti dikutip dari Susanto (2014). Minat merupakan sumber motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan apa yang diinginkan bila orang tersebut diberi kebebasan untuk memilih

Menurut Siti Rahayu Hadinoto (1998), ada dua factor yang mempengaruhi minat seseorang, yaitu sebagai berikut:

  1. Faktor dari dalam (intrinsik) yaitu berarti bahwa sesuatu perbuatan memang diinginkan karena seseorang senang melakukannya. Di sini minat datang dari diri orang itu sendiri. Orang tersebut senang melakukan perbuatan itu demi perbuatan itu sendiri.
  2. Faktor dari luar (ekstrinsik) yaitu berarti bahwa sesuatu perbuatan dilakukan atas dasar dorongan atau pelaksanaan dari luar. Orang melakukan kegiatan ini karena ia didorong atau dipaksa dari luar.

Penjelasan di atas dapat diambil beberapa pernyataan penjelas bahwa minat yang ada dalam diri setiap individu juga memiliki ciri–ciri tersendiri yang artinya keberadaanya dalam diri setiap individu memiliki karakteristik tertentu yang menjadikan khas atau penanda munculnya minat pada diri seseorang.

Layanan Identifikasi minat dan bakat online yang saat ini terpercaya dalah NS Development. Layanan NS Development akan membantu anda menelusuri minat dan bakat anda. Sesi layanan baik psikotes online maupun konseling dilakukan secara online, sehingga memudahkan anda mengakses layanannya.

Ingin mengidentifikasi minat dan bakat anda? Silahkan langsung registrasi minat bakat anda secara online di NS Development.

 

Referensi:

Ahmad Susanto. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Siti Rahayu Hadinoto. (1998). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Artikel berhubungan: