logo PT Nirmala Satya Development
Tes IQ Online

Ada banyak fakta unik yang bisa Anda ketahui tentang tes IQ online. Salah satunya tes IQ hanya menunjukkan kecerdasan kognitif saja.

Hasil atau skor dari tes IQ online sering kali menjadi tolak ukur tingkat kecerdasan dari seorang individu dalam kelompok sebayanya. Semakin tinggi skor yang didapatkan, maka semakin tinggi tingkat kecerdasan seseorang tersebut.

Sebagian orang juga beranggapan bahwa skor IQ ini dapat menjadi penentu kesuksesan seseorang, baik dalam dunia pendidikan maupun karir. Tes ini juga memiliki beberapa fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui.

Fakta Unik Tes IQ Online

Intelligence Quotient Test atau tes IQ ini memiliki pengertian sebagai sebuah penilaian untuk mengetahui kemampuan kognitif seorang individu. Kemampuan kognitif ini adalah kemampuan otak untuk belajar, berpikir, mengingat, serta memusatkan perhatian dalam satu hal tertentu.

Hasil atau skor yang Anda dapatkan setelah menjalani tes kecerdasan online ini memiliki klaim sebagai tingkat kemampuan dan potensi intelektual dalam diri Anda sendiri.

Tes kecerdasan ini ditemukan oleh Alfred Binet dan kemudian dikembangkan oleh Charles Spearman. Sejak awal abad ke-20 yang merupakan awal kehadirannya hingga saat ini tes IQ masih sering digunakan.

Tes ini mengandalkan sejumlah aspek sebagai dasar penilaiannya. Aspek tersebut adalah kemampuan matematika, berbahasa, penyimpanan memori, pemrosesan visual, kemampuan penalaran, dan juga kecepatan mempelajari hal baru.

Adapun beberapa fakta yang perlu Anda ketahui seputar tes IQ adalah sebagai berikut:

Tidak Dapat Menjadi Penentu Kecerdasan

Perlu Anda ketahui tes IQ online hanya menunjukkan kecerdasan kognitif saja. Padahal, kecerdasan dalam diri seseorang tidak hanya sekedar soal logika dan penalaran.

Kecerdasan seseorang dapat meliputi kecerdasan empati, spiritual, sosial, dan kreativitas. Itu semua tidak bisa diukur hanya dengan tes IQ saja.

Selain itu, otak manusia akan terus berevolusi dan menjadi begitu kompleks. Sehingga, skor IQ tersebut tidak bisa melulu menjadi dasar pengukuran kecerdasan dari seorang individu.

Skor IQ Tidak Bisa Menjadi Penentu Risiko Gangguan Mental

Sejak pertama kali ditemukan hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa IQ dengan gangguan mental memiliki keterkaitan.

Meski begitu, banyak orang yang menganggap orang dengan IQ tinggi dapat menerima respons lebih kuat dari rangsangan lingkungan sekitarnya. Hal inilah yang membuat mereka cenderung lebih rentan mengalami depresi, gangguan kecemasan, dan gangguan mental yang lain.

Yang perlu Anda ingat adalah kondisi mental seseorang tidak dapat Anda ketahui dengan tes IQ online. Melainkan hal tersebut tergantung pada beberapa faktor yang mempengaruhinya, tak terkecuali faktor lingkungan dan genetika.

Skor IQ Rendah Bukan Berarti Bodoh

Kecerdasan seseorang tidak hanya terlihat dari kemampuan kognitifnya saja, melainkan berbagai faktor lain, seperti kepekaan sosial, emosional, dan lain sebagainya.

Sedangkan tes IQ ini biasanya hanya dapat menilai kemampuan kognitif saja. Oleh karena itu, skor tes IQ yang di bawah rata-rata atau rendah, tidak dapat menjadi tanda pasti bahwa seseorang tersebut bodoh.

Orang dengan IQ rendah masih memiliki peluang selain dalam bidang akademik, seperti musik, olahraga, dan kemampuan praktikal. 

Perolehan Skor IQ dapat Berubah-ubah Seiring Berjalannya Waktu

Skor IQ yang Anda miliki dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu. Proses adaptasi, akses pendidikan dan lingkungan dapat menjadi beberapa faktor yang mengubah nilai skor IQ Anda.

Nyatanya, mayoritas orang memiliki skor IQ antargenerasi yang terus meningkat. Ini terjadi karena semakin mudahnya akses pendidikan dan informasi era serba digital ini. Kejadian ini dikenal dengan istilah Flynn Effect.

Perubahan skor pada tes IQ online sendiri berkaitan dengan perkembangan otak seiring bertambahnya usia. Anak-anak, cenderung memiliki skor IQ yang rendah. Hal ini karena, perkembangan otak anak-anak belum sepenuhnya sempurna.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika skor IQ Anda meningkat maupun menurun daripada kali pertama Anda melakukan tes IQ.

Itulah beberapa fakta unik dari tes IQ online yang perlu untuk Anda ketahui sebelum menjalaninya. Yang perlu Anda ingat bahwa tes IQ ini tidak dapat menjadi tolak ukur kecerdasan dalam diri Anda.

Karena seiring dengan bertambahnya usia dan beberapa faktor, seperti lingkungan atau genetika, skor IQ dapat meningkat atau bahkan menurun.

Selain itu, masih ada kecerdasan dalam bentuk visual, emosi, auditori sebagai pengganti kemampuan kognitif yang mungkin ada dalam diri Anda. Oleh karena itu, jangan terlalu menjadikan skor tes IQ online sebagai acuan untuk kesuksesan atau karir Anda kedepannya.

Artikel berhubungan: