logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikotes Kerja Online

Psikotes kerja online sangat memudahkan pekerjaan HRD diperusahaan karena akan menghemat waktu, biaya dan tenaga dalam pelaksanaan tes.

Tes psikotes kerja online memiliki kelebihan tersendiri bagi praktisi yang sekarang ini sudah beralih menggunakan metode tersebut. Bukan hanya keamanan yang terjamin, namun adanya psikotes online mampu membuat waktu menjadi ringkas yang diperlukan ketika proses recruitment. Maka dari itu, penilaian dari hasil tes yang dilakukan akan keluar lebih cepat serta bisa secara instan.

Dengan demikian, HRD perusahaan tidak perlu khawatir dalam melakukan persiapan ruangan serta mencari waktu pengganti apabila adalah satu kandidat yang berhalangan untuk hadir. Dikarenakan, tes bisa dilakukan pada masing-masing lokasi sesuai dengan waktu ataupun hari yang sudah dijadwalkan.

Fungsi Tes Psikotes Kerja Online Bagi HRD Perusahaan

Perusahaan menjadi salah satu tempat untuk menyerap tenaga kerja. Maka, perusahaan memerlukan tenaga kerja atau karyawan guna membantu dalam menggerakan roda perusahaan. Hal tersebut dikarenakan perusahaan akan berjalan dengan maksimal jika dijalankan atau digerakkan oleh orang-orang yang mempunyai kualitas mumpuni serta berkompeten dalam bidangnya.

Supaya perusahaan bisa mendapatkan kandidat yang kompeten salah satunya melalui screening tes psikotes kerja online. Terdapat beberapa HRD memang memilih metode tes konvensional. Namun dengan berkembangnya teknologi semakin canggih, maka semua hal berbasis digital.

Maka sekarang ini, telah muncul kemudahan tes psikotes kerja online yang bisa dilakukan dengan mudah dan memakai internet. Bahkan tes tersebut bukan hanya memberikan keuntungan untuk praktisi HRD sebuah perusahaan.

Melainkan juga berguna untuk calon karyawan yang menjadi kandidat sebagai pelamar kerja. Untuk itu, dengan adanya tes psikotes kerja online bisa menjadi hal yang begitu penting yang perlu untuk dilakukan oleh karyawan maupun calon karyawan.

Banyak alasan yang menjadi landasan dasar hal tersebut Akan tetapi, pada kenyataanya sedikit sekali para kandidat pelamar pekerjaan yang sudah mengetahuinya. Bahkan bisa saja apabila sampai detik ini masih ada yang mempunyai pertanyaan untuk apa dilakukannya tes psikotes yang dilakukan secara online.

Sehingga, tes tersebut bisa membantu perusahaan dalam proses alal recruitment. Lantas, apa saja sebenarnya fungsi dari tes psikologi secara online untuk HRD perusahaan?

1. Membaca Kepribadian

Ketika sebuah perusahaan melakukan recruitment pegawai, maka HRD perlu sikap yang teliti dalam membaca kepribadian para kandidat yang melamar pekerjaan. Hal tersebut dikarenakan, kepribadian seseorang menjadi kunci yang amat penting dalam menentukan cocok atau tidak seseorang masuk tim perusahaan.

Maka dari itu, adanya tes psikotes tersebut menjadi tolak ukur guna memperoleh gambaran seseorang secara umum. Maka, HRD dapat membantu perusahaan dalam memperoleh karyawan dengan kepribadian yang sesuai dengan budaya perusahaan atau dengan sistem kerjanya.

2. Hasil Mampu Mengetahui Potensi

Selanjutnya fungsi tes psikotes bagi HRD perusahaan yakni dapat mengetahui atau bisa mengenali potensi yang dimiliki oleh para kandidat pelamar kerja. Pastikan tidak ada kandidat yang sempurna dalam memenuhi kriteria secara keseluruhan yang menjadi kebutuhan dari perusahaan. Dengan demikian, potensi kandidat yang menjadi pelamar pekerjaan dapat menjadi bahan pertimbangan untuk HRD perusahaan guna menentukan ataupun memilih kandidat yang terbaik.

Benar sekali, tugas dari HRD sebuah perusahaan yaitu memilah serta memilih potensi dari para kandidat yang melamar kerja. Yang mana kandidat tersebut kurang lebihnya telah mendekati kualifikasi posisi dari perusahaan butuhkan. Namun, perlu diingat bahwa seseorang dengan IPK tinggi ataupun paling baik sekalipun bisa dengan otomatis lolos saat melakukan tes psikotes kerja Online tersebut.

Pasalnya, hal tersebut disebabkan semua tergantung pada penilaian sebuah potensi yang akan dilakukan oleh praktisi HRd sebuah perusahaan.

3. Menjadi Alat Ukur Pada Tingkat Kecerdasan

Terdapat pula beberapa posisi yang ada di perusahaan secara khusus menginginkan para kandidat pelamar kerja mempunyai intelegensi tertentu. Sehingga adanya tes psikotes yang dilakukan secara online bisa mengukur tingkat kecerdasan seseorang. Sebelum melakukan pendalaman pada kemampuan calon karyawan atau para kandidat melalui sesi wawancara, biasanya mereka akan lolos pada tahapan tes psikotes terlebih dulu.

Dikarenakan perusahaan memerlukan seseorang yang memiliki tingkat kecerdasan lebih. Pasalnya orang yang cerdas akan cepat dalam membuat sebuah keputusan. Terlebih untuk menempati posisi atau jabatan yang strategis pada level yang lebih tinggi.

Maka HRD sebuah perusahaan perlu lebih jeli lagi ketika melakukan penilaian pada calon karyawan dengan kecerdasan intelektual yang bagus melalui sebuah tes psikotes kerja online tersebut.

Aplikasi Psikotes Online

Aplikasi psikotes online yang merupakan aplikasi psikotes terbaik di Indonesia adalah NS Development. Tersedia puluhan alat tes psikologi dalam aplikasi NS Development yang telah siap digunakan. Aplikasi psikotes online NS Development tersedia dalam bentuk aplikasi android maupun website, sehingga memudahkan akses. Akses psikotes dapat dengan menggunakan laptop, komputer, tablet ataupun mobile phone.

Berminat menggunakan aplikasi psikotes online NS Development? Anda dapat mengunjungi langsung dengan mengklik tautan Aplikasi Psikotes Online.

Artikel berhubungan: