logo PT Nirmala Satya Development
Bimbingan Konseling Karir di Sekolah

Bimbingan konseling karir merupakan salah satu aspek dari bimbingan dan konseling secara meyeluruh, oleh karena itu kurang bijaksana apabila pelaksanaan bimbingan karir tersebut terlepas dari bimbingan secara menyeluruh sehingga bimbingan yang lain terbengkalai.

Bimbingan karir atau jabatan (Vocational Guidance) merupakan suatu jenis bimbingan yang ditunjukan untuk membantu siswa dalam menyelesaikan masalah karir sehingga dapat menyesuaikan diri dengan baik, baik pada waktu itu maupun pada masa yang akan dating.

Bimbingan konseling karir merupakan salah satu aspek dari bimbingan dan konseling secara meyeluruh, oleh karena itu kurang bijaksana apabila pelaksanaan bimbingan karir tersebut terlepas dari bimbingan secara menyeluruh sehingga bimbingan yang lain terbengkalai. Saat ini, bimbingan karir memang sedang mendapatkan tempat tersendiri sehingga lebih sering dilakukan.

Fungsi Bimbingan Konseling Karir di Sekolah

Bimbingan karir perlu dan penting di berikan kepada siswa, baik siswa SMP dan terlebih-lebih SMA dengan alasan sebagai berikut:

  1. Para siswa tingkat SMA pada akhirnya semester dan perlu menjalani pemilihan program studi atau penjurusan, apakah memilih program A1, A2, A3 atau A4. Kenyataan menunjukkan bahwa program A5 secara praktis belum atau tidak dapat berlansung. Walau ada kata “memilih”, sebenarnya telah ada batas tertentu dalam pengambilan program, karena ada persyaratan yang terkait dengan prestasi akademik dari siswa yang bersangkutan. Penjurusan itu jelas akan mennetukan masa depan siswa. Oleh karena itu, dalam pemilihan ini diperlukan kecematan dan perhitungan yang matang dan tepat. Oleh karena itu siswa memerlukan adanya bimbingan.
  2. Tidak semua siswa yang tamat SMA akan melanjutkan ke jenjangpendidikan yang lebih tinggi. Siswa yang akan langsung terjun ke dunia kerja tentu memerlukan bimbingan karir ini agar siswa dapat bekerja dnegan senang dan baik.
  3. Siswa SMA merupakan angkatan kerja yang potensial, merekalah yang akan menentukan bagaimana keadaan negara yang akan datang. Mereka merupakan sumber daya manusia dalam pembangunan. Oleh karena itu, di perlukan persiapan yang sebaik-baiknya untuk menghadapi masa depan, serta menyiapkan dengan baik pekerjaan-pekerjaan atau jabatan-jabatan yang sesuai dengan potensi yang ada pada diri mereka. Untuk mempersiapkan tersebut diperlukan bimbingan karir.
  4. Pada kenyataan, para ssiwa SMA sedang dalam masa remaja, yang merupakan masa peralihan dari masa anak ke masa dewasa. Pada umumnya, mereka belum dapat mandiri sehingga memerlukan bantuan dari orang lain untuk menuju kemandirian. Sehubungan dengan itu mereka memerlukan bimbingan, termasuk bimbingan karir untuk menyiapkan kemandirian dalam hal pekerjaan.
  5. Siswa SMP juga membutuhkan bimbingan, baik untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi maupun untuk mencari pekerjaan karena sati sebab tidak dapat melanjutkan sekolahnya. Dengan demikian jelaslah manfaat bimbingan karir.  

Untuk kebutuhan konseling dan bimbingan karir di Sekolah, anda dapat menggunakan jasa Konselor. Jasa layanan pengembangan karir tidak hanya dalam bentuk konseling tetapi akan dipadukan assessment yang berupa psikotes online. Konselor adalah layanan yang berada di bawah naungan NS Development.

Artikel berhubungan: