logo PT Nirmala Satya Development
Fungsi Tes Bakat

Dengan mengetahui bakat secara umum, seseorang pemegang kebijakan dapat mengambil keputusan yang tepat untuk sebuah langkah-langkah strategis

Tes bakat sangat bermanfaat bagi pengembangan individu maupun kelompok. Dengan mengetahui bakat secara umum, seseorang pemegang kebijakan dapat mengambil keputusan yang tepat untuk sebuah langkah-langkah strategis. Bagi individu, dengan mengetahui bakat akan mampu mengarahkan dirinya sesuai dengan bakatnya agar dapat mencapai kesuksesan yang nyata.

Berikut ini kami akan menyelaskan fungsi tes bakat mulai dari fungsi prediksi, diagnosis, monitoring evaluasi dan penempatan / Penjurusan.

Fungsi Prediksi

Bakat dapat menjadi prediksi sukses atau tidaknya seseorang. Dengan mengetahui dan memahami bakat, seseorang dapat fokus mengembangkan bakat yang merupakan kelebihannya dibandingkan dengan orang lain.  

Diagnosis

Diagnosis adalah upaya untuk mendeteksi gejala. Bakat dapat mendeteksi gejala-gejala psikologis, baik gejala yang adaptif maupun gejala yang maladaptif (gangguan). Bakat yang yang teindikasi maladaptif dapat dicegah lebih dini agar tidak membuat kerusakan yang parah dikemudian hari.

Monitoring

Sebagai sebuah potensi alami yang dibawa sejak lahir, seyogyanya bakat dilakukan monitoring dalam pengembangannya. Bakat yang tidak dilakukan monitoring (tidak dilakukan pendidikan, pelatihan) akan mengalami hambatan dalam pengembangannya. Ingat bahwa bakat dapat mengalami hambatan jika tidak diasah. Tetapi jika bakat diberikan stimulus khusus melalui pendidikan, pelatihan maka pengembangannya akan lebih mudah.

Evaluasi dalam bidang konseling, pendidikan, dan industry

Bakat dapat dijadikan sebagian bahan evaluasi dalam bidang konseling, pendidkan maupun Industri. Dibidang konseling bakat bisa menjadi bahan untuk memberikan rekomendasi yang bermanfaat bagi individu. Dibidang industri, seseorang yang berbakat pada bidang tertentu dapat dijadikan sebagai prioritas utama sebagai kandidat yang unggul (rekrutmen).

Penempatan/Penjurusan dan Pemilihan karir

Hal yang paling penting dari fungsi bakat adalah melakukan Penempatan/penjurusan dan pemilihan karir. Dengan mengetaui bakat seseorang, akan memberikan rekomendasi jurusan (program studi) di perguruan tinggi ataupun pemilihan karir yang cocok baginya. Ini penting karena kekeliruan dalam penempatan akan menghambat pengembangan karir kedepannya.

Berikut resume fungsi tes bakat:

  • Mengidentifikasikan kemampuan potensial yang dimiliki individu
  • Mendukung pengembangan kemampuan istimewa atau potensial individu tertentu
  • Menyediakan informasi untuk membantu individu membuat keputusan pendidikan dan karir atau pilihan lain diantara alternatif-alternatif yang ada
  • Membantu memprediksi tingkat sukses akademis atau pekerjaan yang bisa di antisipasi individu,
  • Berguna mengelompokkan individu-individu dengan bakat serupa bagi tujuan perkembangan kepribadian dan pendidikan.

Itulah fungsi dari tes bakat seperti yang telah dijelaskan diatas. Seseorang yang telah mengetahui bakatnya akan mampu dan secara mudah mengembangkan potensi alami yang ada didalam dirinya.

Ingin mengidentifikasi minat dan bakatmu? Kini telah tersedia aplikasi psikotes online terpecaya untuk mengenali minat dan bakatmu. Diampuh oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman, NS Development adalah rekomendasi untuk anda.

Artikel berhubungan: