logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah

Tes minat bakat jurusan kuliah ini cara tepat untuk menentukan jurusan kuliah. Selain itu, memberi pilihan jurusan kuliah secara terukur.

Tes minat bakat jurusan kuliah saat ini mulai banyak yang menggunakan. Dengan mengikuti tes minat bakat yang akan memudahkan Anda dalam menentukan jurusan kuliah kelak. Apalagi untuk bisa menentukan jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah.

Pada faktanya, ada banyak mahasiswa yang melakukan kesalahan saat memilih jurusan. Perlu diketahui bahwa tes minat bakat ini tidak hanya bisa membantu memudahkan dalam menentukan jurusan kuliah.

Tes minat bakat juga bisa berguna saat proses melamar pekerjaan. Sebab, tes ini akan membantu perekrut mengenal kekuatan dan kelemahan dari pelamar tersebut. Jika tes tersebut Anda gunakan dalam menentukan minat siswa terhadap jurusan kuliah, maka bisa memperkirakan bidang pekerjaan yang sesuai dengan passion.

Meski memiliki fungsi serupa untuk mengukur pengetahuan dan keterampilan seseorang, namun tes ini juga memiliki jenis berbeda. Apalagi ada beberapa tahapan saat mengikuti tes satu ini yang perlu menjadi perhatian.

Tahapan Mengikuti Tes Minat Bakat Jurusan Kuliah Perlu Diketahui

Jika ingin mengikuti tes minat bakat ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Ada beberapa pertanyaan terkait diri Anda sendiri yang perlu dijawab. Terdapat tiga tahapan tes minat dan bakat yang perlu Anda ikuti sehingga akan mengetahui pilihan jurusan kuliah yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa tahapannya.

1. Tes Kepribadian

Tes kepribadian yang berguna untuk memilih jurusan kuliah ini beracuan pada teori DISC. DICS sendiri adalah singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Ada kecenderungan bagi setiap orang untuk lebih sesuai dengan salah satu tipe ini. Biasanya seorang Dominance menyukai hasil yang cepat, tantangan pada bidang baru, serta mengambil peran otoritas.

Influence merupakan tipe yang cekatan dan suka berkolaborasi dengan orang lain, terlebih saat mengerjakan tugas. Steadiness yang bisa melakukan sesuatu secara konsisten hingga berhasil atau selesai. Sementara compliance sosok yang tekun, fokus pada kualitas serta ketepatan.

2. Tes Penjurusan

Tes Penjurusan juga menjadi tahapan saat mengikuti tes minat bakat jurusan kuliah. Pada tes ini yang akan mengarahkan Anda ke dalam bidang pendidikan yang selaras dengan tipe vokasi individu. RIASEC merupakan tipe vokasi ideal dari Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, serta Conventional.

Tipe Realistic ini memiliki cara berpikir cenderung praktis, akan tetapi senang dengan aktivitas atau bekerja luar ruangan. Investigative menjadi tipe pengamat yang bisa dengan mudah larut dalam kegiatan keilmuannya.

Artistic yakni orang yang menyukai kegiatan kreatif dalam penciptaan karya seni, memiliki cara pikir unik serta kreatif. Untuk tipe Social lebih merasa senang saat bisa mendahulukan orang lain. Ia termasuk orang yang suka berpartisipasi untuk berbagai kegiatan sosial. Bahkan ia juga bisa memecahkan masalah-masalah interpersonal.

Sementara Enterprising senang membujuk orang lain dalam mencapai suatu tujuan. Ia juga cenderung ingin mendapatkan posisi sebagai pemimpin. Conventional merupakan tipe orang yang terorganisir, mementingkan akurasi serta detail. Ia sangat ahli dalam hal kegiatan administratif, apalagi yang berhubungan dengan angka.

3. Tes Kemampuan

Tes minat bakat jurusan kuliah lainnya perlu melalui tahapan tes kemampuan. Guna menentukan jurusan kuliah yang tepat dengan landasan pada Teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Dalam teori ini, intelegensi menjadi kemampuan dalam memecahkan masalah serta memberikan solusi saat situasi real.

Perlu Anda ketahui bahwa ada 8 tipe kecerdasan majemuk meliputi musikal, logika-matematika,  intrapersonal, interpersonal, visual-spasial, kinestetik, naturalistik, serta verbal-linguistik. Untuk tipe musikal yang senang bernyanyi bisa mengapresiasi irama dan juga nada.

Tipe logika-matematika menggunakan cara pikir abstrak dan algoritma. Tipe visual-spasial lebih senang konsep bentuk dan berminat dengan hal-hal yang ada hubungan dengan arsitektur atau bangunan.

Sementara, pada tipe kinestetik mempunyai keterampilan motorik halus serta kasar dengan cenderung baik. Tipe intrapersonal bisa berintrospeksi diri, memahami kekuatan, dan kelemahan dalam diri. Tipe interpersonal bisa menanggapi serta merespon suasana hati dari orang lain. Untuk tipe naturalistik lebih senang dengan flora dan fauna serta peduli dengan lingkungan. Selain itu, terdapat tipe verbal-linguistik yang mempunyai kepekaan bahasa lebih baik.

Tes minat bakat jurusan kuliah ini bisa menjadi upaya tepat untuk menentukan jurusan kuliah yang paling sesuai. Selain itu, juga bisa memberi pilihan jurusan-jurusan kuliah secara terukur. Penggunaan tes ini bisa menentukan jurusan kuliah lebih obyektif.

Ikuti tes Minat Bakat Jurusan kuliah di NS Development.

Artikel berhubungan: