logo PT Nirmala Satya Development
Terapi Perilaku Kognitif

terapi perilaku kognitif adalah terapi yang relatif singkat, berbasis bukti yang berfokus pada saat ini dan mengajarkan keterampilan menolong diri sendiri kepada klien, karena terapi perilaku kognitif adalah terapi yang dapat disesuaikan, terapis dapat menyesuaikan perawatan untuk memenuhi kebutuhan unik setiap klien

Terapi perilaku kognitif adalah jenis psikoterapi yang berfokus pada perubahan pola pikir dan perilaku negatif dan dikenal sebagai pengobatan yang efektif untuk berbagai gangguan kesehatan mental, termasuk kecemasan, depresi, dan gangguan stres pascatrauma (PTSD). artikel ini menjelaskan lima manfaat terapi perilaku kognitif, termasuk pendapat para ahli.

1. Berbasis bukti

Terapi perilaku kognitif adalah pengobatan berbasis bukti dan telah banyak diteliti dan diuji melalui uji klinis. menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam journal of clinical psychology, terapi perilaku kognitif efektif dalam mengobati berbagai gangguan kesehatan mental, termasuk kecemasan, depresi, dan ocd. studi ini juga menemukan bahwa terapi perilaku kognitif lebih efektif daripada psikoterapi lain seperti terapi psikodinamik. Judith Baker, direktur baker institute for cognitive behavioral therapy, mengatakan bahwa terapi perilaku kognitif merupakan pendekatan pengobatan yang 'sangat praktis, berorientasi pada tindakan, dan berbasis bukti'. ia juga menyatakan bahwa terapi perilaku kognitif telah terbukti efektif dalam mengobati berbagai gangguan kesehatan mental, termasuk kecemasan, depresi, dan gangguan stres pascatrauma.

2. Lebih berfokus pada hal-hal yang terjadi sekarang

Tidak seperti bentuk psikoterapi lainnya, seperti terapi psikodinamik, terapi perilaku kognitif berfokus pada masa kini dan terapis terapi perilaku kognitif membantu klien mengidentifikasi pola pikir dan perilaku negatif yang saat ini menyebabkan masalah dalam hidup mereka. terapis kemudian membantu klien mengembangkan strategi untuk mengubah pola-pola tersebut pada saat ini. dr Aaron Baker, pendiri terapi perilaku kognitif, menyatakan bahwa terapi perilaku kognitif adalah tentang saat ini dan bagaimana mengubah pikiran dan perilaku pada saat ini. dia menyatakan bahwa terapi perilaku kognitif adalah proses di mana terapis dan klien bekerja sama untuk membantu klien mencapai tujuan mereka dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

3. Dilakukan dalam waktu yang singkat

Terapi perilaku kognitif umumnya merupakan terapi jangka pendek, sehingga klien dapat melihat hasilnya dengan relatif cepat. menurut national institute of mental health, terapi perilaku kognitif biasanya berlangsung selama 12-20 sesi. dr Baker mengutip sifat jangka pendek terapi perilaku kognitif sebagai salah satu kelebihannya. dia menyatakan bahwa terapi perilaku kognitif adalah intervensi jangka pendek, yang berarti perbaikan dapat dilakukan dalam waktu yang relatif singkat'. dia menyatakan bahwa terapi perilaku kognitif sangat membantu bagi orang-orang yang mengalami gejala akut seperti serangan panik.

4. Melatih klien menyembuhkan diri sendiri

Salah satu manfaat utama dari terapi perilaku kognitif adalah mengajarkan keterampilan menolong diri sendiri yang dapat digunakan klien di luar sesi terapi. terapis terapi perilaku kognitif membantu klien mengidentifikasi pola pikir dan perilaku negatif dan mengajarkan mereka strategi untuk mengubah pola-pola ini. dr baker menyatakan bahwa terapi perilaku kognitif mengajarkan klien bagaimana menjadi terapis bagi diri mereka sendiri'. terapi perilaku kognitif dapat memberdayakan klien dengan membantu mereka mempelajari teknik-teknik yang dapat mereka gunakan untuk mengelola gejala-gejala mereka sendiri.

5. Perawatan yang fleksibel

Terapi perilaku kognitif adalah pendekatan terapi yang dibuat khusus, yang memungkinkan terapis untuk menyesuaikan pengobatan dengan kebutuhan unik setiap klien; terapis terapi perilaku kognitif menggunakan berbagai teknik, termasuk restrukturisasi struktural kognitif, aktivasi perilaku dan terapi paparan. dr baker menyatakan bahwa terapi perilaku kognitif bukanlah pengobatan yang cocok untuk semua orang.  terapis terapi perilaku kognitif bekerja dengan klien untuk mengembangkan rencana perawatan individual berdasarkan kebutuhan dan tujuan unik klien.

Pada kesimpulanya terapi perilaku kognitif adalah terapi yang relatif singkat, berbasis bukti yang berfokus pada saat ini dan mengajarkan keterampilan menolong diri sendiri kepada klien, karena terapi perilaku kognitif adalah terapi yang dapat disesuaikan, terapis dapat menyesuaikan perawatan untuk memenuhi kebutuhan unik setiap klien. Menurut para ahli, terapi perilaku kognitif adalah terapi pemberdayaan yang praktis dan berorientasi pada tindakan yang telah terbukti efektif dalam mengobati berbagai gangguan kesehatan mental.

Ketahui kondisi kesehatan mentalmu, melalui Tes Psikologi Online yang tersedia melalui layanan NS Development.