logo PT Nirmala Satya Development
Kegunaan Tes Minat dan Bakat

Tes minat dan bakat adalah serangkaian tes untuk menguji potensi alami dan ketertarikan seseorang. Seringkali seseorang tidak menyadari potensi bawaan yang dimilikinya, alhasil ia tidak mengambangkan bakatnya dengan baik. Tes ini akan membantumu untuk menemukan ketertarikan serta kemampuan khusus yang kamu miliki.

Umumnya, minat akan muncul ketika seseorang menemukan hal yang disukainya. Sementara itu, bakat dapat timbul sendiri tanpa memerlukan stimulus tertentu karena merupakan potensi bawaan. Nah, agar lebih meyakinkan. Kamu juga bisa lho melakukan tes minat dan bakat.

Apa itu Tes Minat dan Bakat?

Tes minat dan bakat adalah serangkaian tes untuk menguji potensi alami dan ketertarikan seseorang. Seringkali seseorang tidak menyadari potensi bawaan yang dimilikinya, alhasil ia tidak mengambangkan bakatnya dengan baik. Tes ini akan membantumu untuk menemukan ketertarikan serta kemampuan khusus yang kamu miliki.

Kamu bisa menjadikan tes ini sebagai perencanaan masa depanmu. Contoh, untuk pemilihan pendidikan dan karir yang sesuai.

JENIS TES MINAT DAN BAKAT

Tes minat dan bakat ini terdiri dari beberapa rangkaian tes yang jenisnya bermacam-macam, seperti sebagia berikut:

Jenis Tes Bakat

Tes bakat lebih fokus ke pengukuran kemampuan yang lebih spesifik. Namun, sekaligus juga memberikan informasi seputar kemampuan lainnya (multiple). Tes bakat ini juga digunakan untuk memproyeksikan dan mendiagnosis perilaku seseorang lainnya di masa mendatang sehingga bisa digunakan untuk memprediksi performance seseorang di kemudian hari.

Menurut Guilford, tes bakat ini memiliki 3 dimensi yang berbeda yakni dimensi perseptual, dimensi psikomotor dan dimensi intelektual. Sementara itu, menurut Thurstone kemampuan mental individu terdiri dari beberapa dimensi yakni Verbal (V), Number (N), Spatial (S), Word Fluency (W), Memory (M), dan Reasoning (R).

Tes bakat tentunya memiliki beberapa tujuan yakni sebagai sarana diagnosis untuk mengetahui sejauh mana minat dan bakat seseorang pada suatu bidang. Diagnosis ini tentunya mengandung unsur prediktif. Kedua adalah sebagai prediksi kegagalan atau kesuksesan seseorang dalam suatu bidang yang menjadi pilihan karirnya. Meskipun begitu, tes bakat tidak bisa dijadikan satu-satunya tolok ukur kesuksesan atau kegagalan seseorang karena masih ada banyak sekali faktor lain yang dapat mempengaruhi hal tersebut.

Ragam tes bakat

Ada beberapa tes minat bakat yang biasa dipakai oleh psikolog. Ragam tes bakat itu sebagai berikut:

  • Single Test : Meliput tes kraeplin, tes pauli, dan sejenisnya.
  • Battery Test : Masing-masing tes ini dapat berdiri sendiri dan tidak harus digunakan secara keseluruhan. Meliputi Tes IST, Tes DAT, Tes FACT, dan Tes GATB.

Jenis Tes Minat

Minat merupakan ketertarikan seseorang pada suatu bidang tertentu. Ketertarikan ini akan membuat seseorang memberikan perhatian lebih, meluangkan lebih banyak waktunya untuk melakukan hal tersebut. Ada rasa senang dan kepuasan tertentu ketika tengah menjalankan kegiatan atau aktivitas yang disukainya.

Beberapa faktor yang dapat menimbulkan minat ini adalah faktor intrinsik, emosional, dan faktor sosial. Lalu, bagaimana cara melihat minat? Secara umum minat dapat dilihat dari :

  • Expressed interest yakni dengan melihat ekspresi individu terhadap suatu objek.
  • Manifest interest yakni dengan melihat aktivitas apa yang paling sering dilakukan.
  • Measurement interest yakni dengan melakukan pengukuran menggunakan alat terstandarisasi atau dengan bertanya langsung pada objek yang bersangkutan.

Umumnya, tes ini dilakukan berdasarkan 3 terapan yakni konseling karir, konseling pekerjaan, dan penjurusan siswa.

Ada 5 tes minat yang paling terkenal dan paling sering digunakan oleh para psikolog yakni Tes Strong Vocational Interest Blank (SVIB), SCII, Tes Kuder, Minnesota Vocational Interest Inventory (MVII), dan tes RMIB (Rothwell Miller Interest Blank).

Nah, itulah beberapa tes minat dan bakat. Lalu, bagaimana cara melakukantes minat dan bakat tersebut. Kamu bisa melakukannya dengan 2 cara lho yakni secara online dan offline.

Untuk cara online sendiri, kamu bisa menginstal aplikasi tes minat dan bakat atau mengunjungi website tertentu yang menyediakan tes ini. Untuk cara offline, kamu bisa berkonsultasi pada psikolog yang ada di sekitar wilayahmu. Datangilah lembaga psikolog atau konsultasi untuk melakukan tes minat dan bakat ini. Kamu bisa menemukan tempat tes minat dan bakat ini secara mudah di internet. Pilih tempat terbaik berdasarkan rating, review, harga, dan jaraknya.

Tips untuk Mengembangkan Minat dan Bakat

Setelah kamu mendapatkan hasil dari tes minat dan bakat yang telah kamu lakukan. Selanjutnya, kamu harus mengembangkan minat dan bakat yang kamu miliki agar hasilnya jadi jauh lebih maksimal. Nah, berikut ini beberapa tips untuk mengembangkan minat dan bakat :

  • Cobalah ikuti kursus atau aktivitas tertentu yang berhubungan dengan minat dan bakat yang kamu miliki. Dengan mengikuti kursus, kamu akan memiliki mentor yang bisa membimbing dan mengajarimu.
  • Cobalah bergabung ke dalam komunitas tertentu. Contoh, komunitas penyanyi, penari, design, accounting, dan lain sebagainya di berbagai platform online yang terpercaya.
  • Terus berlatih, lakukan evaluasi, dan tingkatkan kemampuan yang kamu miliki.
  • Dapatkan dukungan dari orang-orang di sekitarmu. Seperti teman dekat dan keluarga. Sehingga kamu bisa lebih termotivasi.
  • Tempuh jalur pendidikan yang paling sesuai. Contoh, jika minat dan bakatmu adalah bernyanyi. Maka, ambillah jurusan kuliah dalam bidang musik.
  • Berkarya atau bekerjalah di bidang yang sesuai dengan minat atau bakatmu. Contoh, kalau kamu memiliki ketertarikan dan kemampuan bernyanyi yang baik maka kamu bisa memutuskan untuk menjadi seorang penyanyi.

Cara Mengikuti Tes Minat dan Bakat

Untuk mengidentifikasi minat dan bakat, biasanya dilakukan tes psikologi. Saat ini telah tersedia Lembaga untuk mengidentifikasi minat dan bakat dalam bentuk psikotes online. Lembaga atau tempat untuk melakukan psikotes online dalam rangka mengukur minat dan bakat yang terpercaya di Indonesia adalah NS Development.

Daftarkan diri dan registrasi langsung dirimu untuk mengidentifikasi minat dan bakat secara online di NS Development.

Artikel berhubungan: