logo PT Nirmala Satya Development
Psikotes Online

Terdapat sejumlah kelebihan dilaksanakannya psikotes online bagi para peserta maupun penyelenggara. Berikut uraiannya.

Sering kali tes psikotes online dianggap kurang efektif dan aman oleh sebagian praktisi HR, sehingga tidak melibatkannya dalam proses rekrutmen. Bukan hanya praktisi HR, tetapi pengelola sistem seleksi beasiswa juga masih sangsi dengan tes online yang satu ini.

Meski begitu, jika dibandingkan dengan tes offline yang mengharuskan peserta datang langsung ke lokasi tes, tes psikotes daring ini jauh lebih menguntungkan. Hanya bermodalkan perangkat dan jaringan internet yang mumpuni, peserta sudah bisa menjalani tes dari manapun dan kapanpun sehingga lebih praktis.

Kelebihan Psikotes Online

Secara bahasa, tes psikologi merupakan prosedur yang telah terstandarisasi yang berguna untuk mengukur potensi kecerdasan seseorang. Tes psikotes yang dilaksanakan secara daring merupakan salah satu jenis tes psikologis atau asesmen yang berjalan melalui internet.

Tujuan dari pelaksanaan tes ini adalah untuk mengukur beberapa aspek psikologis, seperti kemampuan kognitif, kepribadian, minat, dan masih banyak lagi.

Sistem yang berjalan secara daring memudahkan setiap peserta untuk bisa menjalankan tes ini dari mana saja selama masih memiliki akses internet yang mumpuni. Peserta bahkan juga bisa menyesuaikan jadwal pelaksanaan tes dengan waktu senggang yang dimiliki.

Melihat dari pernyataan tersebut, jelas tes psikotes daring lebih praktis dan memudahkan para pesertanya. Untuk lebih lengkap, berikut ini adalah pemaparan kelebihan-kelebihan dari psikotes yang berjalan secara daring:

Efisiensi Waktu

Psikotes online jauh lebih efisien dalam hal waktu ketimbang tes konvensional atau offline. Misalnya saja dalam satu gelombang rekrutmen, terdapat puluhan bahkan ribuan peserta yang mengikutinya.

Jika berjalan secara online hal ini tentu akan praktis dan menghemat waktu. Meski dilakukan secara massal pada waktu bersamaan dan puluhan peserta yang mengikuti, faktanya tes ini tetap memiliki hasil yang akurat sebagai penilaian masing-masing individu.

Bayangkan bila berjalan dengan offline dan tanpa manajemen yang baik, bisa saja tes ini justru memicu human error dan kurang efektif. Apalagi di masa pandemi seperti kemarin yang mengharuskan seluruh manusia tetap berada dalam rumah dan menerapkan protokol kesehatan. Melaksanakan psikotes secara daring adalah alternatif yang terbaik.

Lebih Hemat Biaya dengan Teknologi Digital

Keseluruhan prosedur yang berjalan secara daring, membuat siapa saja tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk transport atau yang lainnya. Bisa saja ada peserta yang jauh dari jangkauan atau kurang mampu untuk memenuhi biaya-biaya tambahan ini.

Oleh karena itu, kehadiran psikotes online menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Meski tidak perlu datang ke lokasi tes, bukan berarti ini mengurangi upaya para peserta. Mereka tetap harus memiliki persiapan yang mumpuni untuk dapat melaksanakan tes dengan lancar. Persiapan seperti perangkat video call, jaringan internet, dan aplikasi yang diperlukan tetap memerlukan perjuangan untuk menyiapkannya.

Selain itu, untuk perusahaan yang mengadakan tes ini secara online, maka biaya operasional akan lebih berkurang. Sebab, perusahaan tidak harus menyiapkan gedung dan serba-serbi tes yang lain sehingga dapat menekan biaya pengeluaran.

Memberikan Pengalaman Terhubung dengan Banyak Orang

Karena belum banyak perusahaan yang menggunakan metode ini dalam perekrutan karyawan barunya, maka ini akan menjadi hal baru untuk peserta. Meski mungkin sebagian dari mereka sudah pernah menjalaninya, tetapi terhubung dengan orang-orang baru akan memberikan pengalaman bersaing yang menyenangkan.

Mereka akan terhubung dengan banyak orang dari berbagai daerah dalam satu platform daring di waktu yang sama. Jumlah peserta untuk tes ini umumnya tidak terbatas, tergantung pada perusahaan penyelenggara ada batas nominal peserta atau tidaknya.

Selain itu, perusahaan dapat meng-custom laporan hasil tes psikotes (psikogram) sesuai dengan regulasi masing-masing perusahaan.

Itulah kelebihan-kelebihan psikotes online bagi peserta maupun penyelenggara. Dengan sistem daringnya tes ini mampu membawa Sumber Daya Manusia (SDM) untuk berevolusi pada teknologi dan zaman yang lebih maju.

Sebagai informasi, dalam tes ini tidak ada konsep benar ataupun salah. Namun, tes ini berguna untuk menyesuaikan penilaian budaya dan regulasi perusahaan dengan karakter pribadi peserta tes itu sendiri. Jadi, jangan merasa minder apabila sering gagal dalam tahap ini. Karena hasil dari psikotes online ini hanya membantu kedua pihak, yaitu peserta dan penyelenggara untuk mengidentifikasi kondisi paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

Artikel berhubungan: