logo PT Nirmala Satya Development
Tes Psikologi Online

Untuk menghasilkan hasil tes yang maksimal, anda perlu mengetahui jenis-jenis tes psikologi yang biasa digunakan dalam proses rekrutmen.

Tes psikologi online sekarang ini sudah menjadi hal yang umum untuk digunakan. Bahkan sebagian besar orang lebih memilih melakukan psikotes yang bisa dilakukan secara online daripada seperti dulu yang menggunakan cara konvensional.

Pastinya, hal tersebut psikotes online lebih cepat, mudah, serta memberikan hasil yang akurat. Tes psikologi tersebut sudah lama dipakai di sejumlah lembaga. Mulai dari lembaga pemerintah sampai dengan swasta guna melakukan proses rekrutmen calon karyawan. Biasanya juga psikotes tersebut berguna saat kenaikan jabatan bagi karyawan.

Dengan melakukan tes psikologi, maka aspek serta potensi yang ada pada diri Anda akan terlihat. Meskipun, kemungkinan besar Anda akan merasa bosan ketika bertemu dengan psikotes. Namun hal tersebut penting untuk Anda lakukan.

Mengenal Jenis Tes Psikologi Online

Kemungkinan Anda sudah seringkali mendengar psikotes atau tes psikologi. Akan tetapi, apakah Anda sudah tahu apa itu psikotes? Pasalnya tes psikologi adalah salah satu tahapan untuk seleksi kerja yang kerap kali perusahaan terapkan, baik startup atau pada perusahaan besar.

Tes psikologi sendiri mempunyai fungsi sebagai tempat untuk mengenai karakter serta sifat dari calon karyawan. Melalui tes psikologi, maka nantinya bisa tampak personality, attitude, interest, serta intelegensi dari calon karyawan.

Hasil dari psikotes tersebut yang nantinya mempunyai peran besar dalam keterima atau tidaknya Anda pada perusahaan. Sementara tes psikologi online memiliki artian dimana psikotes tersebut akan Anda laksanakan melalui sebuah sistem secara online. Nah, terdapat sejumlah jenis psikotes online yang bisa Anda ketahui lebih dalam lagi.

Tes Aritmatika

Untuk jenis tes yang pertama yaitu logaritma aritmatika yang bisa membuat Anda berhadapan dengan deretan angka. Agar Anda bisa menjawabnya, maka Anda perlu memahami terlebih dahulu polanya. Deretan tersebut dapat Anda pecahkan melalui penjumlahan pengurangan, presentasi, perkalian, pecahan angka.

Wartegg

Untuk psikotes berikutnya memerlukan analisis yang cukup tajam. Biasanya Anda akan menemukan gambar yang mempunyai bentuk berbeda-beda serta harus menemukan jawabannya.

Verbal

Tes verbal mempunyai tujuan agar Anda bisa mengetahui kemampuan dalam berbahasa. Baik dalam bentuk tulisan maupun secara lisan. Nantinya Anda akan berhadapan dengan sejumlah soal yang berkaitan dengan pencairan antonim, sinonim, maupun berhubungan dengan kata.

Psikotes Spasial

Untuk jenis tes psikologi online berikutnya akan membuat Anda berkecimpung dengan sejumlah soal bangun ruang. Nantinya Anda harus mampu memahami semua soal secara teliti pada setiap bangun ruang yang menjadi jawaban dan soalnya. Dengan begitu perusahaan akan mengetahui kemampuan imajinasi yang Anda punyai dari jenis psikotes tersebut.

EPPS (Edwards Personal Preference Schedule)

Bisa dikatakan jika tes psikologi online menjadi tes yang termudah untuk bisa mengetahui kepribadian serta karakter dengan detail. Walaupun terlihat mudah, namun Anda harus teliti dalam mengerjakannya. Hal tersebut karena terdapat pertanyaan-pertanyaan yang sama atau diulang. Sehingga Anda akan terlihat jujur atau tidak ketika menjawabnya.

Pauli Test atau Kraepelin

Psikotes berikutnya yaitu tes perhitungan atau tes koran sederhana yang tampak lebih mudah. Nantinya Anda mempunyai tugas dalam menjumlahkan deretan angka. Dimulai dari 0 sampai 9 yang susunannya secara vertikal. Akan tetapi, soal tersebut akan menguras konsentrasi Anda sebab jumlah angka yang Anda jumlahkan banyak.

Army Alpha Intelegence Test

Jenis Soal yang ada dalam tes tersebut berkaitan dengan kombinasi angka. Kemudian mempunyai fungsi untuk bisa melihat kemampuan daya tangkap Anda yang berkaitan dengan penerimaan sebuah instruksi.

Draw Man Test

Tes psikologi online berikutnya akan membuat Anda untuk menggambar berbentuk manusia yang sesuai dengan kemampuan. Hal itu memiliki tujuan guna menilai bagaimana Anda dalam mengambil keputusan, apakah tegas atau ragu-ragu.

The Myers-Briggs Type Indicator

PSikotes tersebut mempunyai tujuan guna mengukur preferensi psikologis seseorang ketika memandang dia juga dalam membuat keputusan. Pasalnya MBTI juga populer dengan nama tes 16 kepribadian. Nantinya Anda akan berhadapan dengan sejumlah pertanyaan yang dalam bentuk studi kasus yang akan menggambarkan diri.

Nah itulah beberapa jenis tes psikologi online untuk mengetahui potensi calon karyawan sebuah perusahaan. Anda bisa memilih tempat psikotes tersebut yang terpercaya. Salah satunya yaitu NS Development. Untuk pelayanannya menggunakan sistem yang memadai, hasil yang cepat serta tepat. Bahkan harganya juga cukup terjangkau.

Artikel berhubungan: