logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Online

Kemajuan teknologi yang semakin canggih juga membuat kamu, lebih mudah untuk melihat bakat hanya dengan melalui tes. Selain itu langkah seperti ini dapat kamu lakukan dimanapun, karena dapat diakses melalui smartphone.

Tes minat bakat online penting untuk kamu ketahui, terutama untuk kalangan anak yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas. Hal tersebut banyak dilakukan melalui handphone atau laptop, dengan tujuan supaya tahu dimana letak bakat kamu.

Kemajuan teknologi yang semakin canggih juga membuat kamu, lebih mudah untuk melihat bakat hanya dengan melalui tes. Selain itu langkah seperti ini dapat kamu lakukan dimanapun, karena dapat diakses melalui smartphone.

Pahami Tes Minat Bakat Online Anak Kamu

Hal seperti ini dapat menjadi jalan pintas untuk kamu, ketika nanti akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Karena biasanya kamu akan dibingungkan dengan banyaknya tawaran kejuruan, sehingga harus mengikuti tes minat bakat terlebih dahulu. Hal tersebut dapat membantu kamu, supaya ketika akan melanjutkan kuliah nanti sudah tahu jurusan mana yang sesuai dengan bakat kamu.

Apa yang Dimaksud Tes Minat Bakat?

Salah satu tes yang dapat menganalisa, serta menggambarkan kemampuan yang kognitif. Selain itu ketika kamu melakukan tes tersebut maka, nanti dapat melihat bagaimana hasil karakteristik minat bakat. Biasanya cara ini akan dilakukan oleh siswa, ketika akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Jenis Tes Bakat yang Biasa Digunakan

Langkah tersebut bertujuan untuk mengetahui pengetahuan, kemampuan, serta keterampilan seseorang dalam jangka waktu tertentu. Sehingga cocok untuk dilakukan oleh anak SMA yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi, karena hasil dari tes tersebut dapat membantu untuk menentukan jurusan yang sesuai dengan bakat kamu.

1. Tes General Aptitude Battery

Sudah dikembangkan dari tahun 1940 an, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan tes tertentu. Hasil dari ujian tersebut dapat digunakan, untuk memahami bakat serta kelemahan seseorang. Sering dilakukan oleh anak SMA, dengan tujuan supaya mereka tahu bakat yang dimiliki.

2. Tes Kemampuan Diferensial

Sudah berkembang dari tahun 1981 silam, dan banyak yang menggunakan platform tes tersebut. Banyak juga siswa SMA yang menggunakan tes tersebut, karena mereka dapat memberikan hasil mengenai bakat yang dimiliki seseorang. Namun tidak hanya di kalangan anak sekolah saja, tes tersebut juga biasa digunakan untuk menyeleksi karyawan baru. Berikutnya penyusunan dari tes ini didasari oleh teori multiple factor, sehingga hasilnya dapat berupa gambaran karakteristik.

3. Tes Flanagan Aptitude Classification

Dikembangkan oleh seorang direktur American, dan profesor psikologi JC Flanagan. Namun tes tersebut dikhususkan untuk seleksi penempatan kerja, keberhasilan kerja, dan konseling pekerjaan. Test tersebut akan terdiri dari 14 atau 16 sub, yang dimana hasilnya dapat menentukan seberapa besar potensi kamu dalam pekerjaan.

4. Tes Differential Aptitude

Salah satu platform tes yang paling banyak digunakan, baik dari segi pendidikan atau pekerjaan. Tes tersebut sudah ada dari tahun 1947, namun mengalami revisi selama 6 tahun. Berikutnya tujuan dari tes ini yaitu untuk membantu kamu mengetahui bakat apa yang dimiliki, sehingga nanti ketika akan lanjut ke kuliah maka sudah tahu jurusan yang akan diambil. Tes tersebut juga terdiri dari 8 sub antara lain language usage 1, relation, language usage, dan masih banyak lainnya.

Apa Manfaat Dari Mengikuti Tes Minat Bakat?

Pentingnya untuk mengikuti tes tersebut, karena dapat memberikan banyak manfaat baik dari segi pendidikan atau dunia kerja. Selain itu ketika kamu mengikuti tes ini, maka nanti akan lebih mengetahui potensi yang ada dalam diri. Termasuk untuk kelebihan serta kekurangan, baik dari segi kepribadian atau akademis. Sehingga banyak anak SMA yang mengikuti tes seperti ini, karena mereka dapat lebih terarah untuk jurusan mana yang sesuai dengan bakatnya.

Karena dengan mengikuti tes minat bakat tersebut, kamu akan lebih memahami karakteristik diri sendiri. Sehingga nantinya kamu dapat melakukan perencanaan masa depan, baik dari segi melanjutkan pendidikan atau dunia kerja. Dengan mengikuti tes tersebut, kamu juga dapat menghindari kekeliruan dalam mengambil keputusan. Tes minat bakat juga sangat penting kamu lakukan sebelum melanjutkan ke perguruan tinggi, atau mencari pekerjaan.

Tes minat bakat online dapat juga didapatkan melalui NS Development. Karena dengan platform tersebut, kamu akan lebih dapat mengenali bakat dan karakteristik diri sendiri. Selain itu cara melakukannya sangat mudah, karena dapat melalui smartphone.

Artikel berhubungan: