logo PT Nirmala Satya Development
Langkah-langkah Perencanaan Karir

Manajemen karir adalah proses dimana organisasi memilih, menilai, menugaskan, dan mengembangkan para pegawainya guna menyediakan suatu kumpulan orang-orang yang berbobot untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan di masa yang akan datang.

Perencanaan karir (career planning) adalah suatu proses dimana individu dapat mengidentifikasi dan mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan-tujuan karirnya. Perencanaan karir melibatkan pengidentifikasian tujuan-tujuan yang berkaitan dengan karir dan penyusunan rencana-rencana untuk mencapai tujuan tersebut.

Manajemen karir (career management) adalah proses dimana organisasi memilih, menilai, menugaskan, dan mengembangkan para pegawainya guna menyediakan suatu kumpulan orang-orang yang berbobot untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan di masa yang akan datang.

Untuk mencapai tujuan karir, perlu Langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapai tujuan tersebut. Berikut akan dijelaskan Langkah-langkah perencanaan karir.

LANGKAH-LANGKAH PERENCANAAN KARIR

Proses atau langkah-langkah perencanaan karir yang akan ditempuh untuk menyusun rencana karir terdiri atas hal-hal berikut ini:

1. Menilai Diri Sendiri

Hal utama dalam memulai perencanaan karir adalah bertanya atau memahami diri sendiri. Mengenali peluangpeluang, kesempatan-kesempatan, kendala-kendala, pilihan-pilihan, konsekuensi-konsekuensi, keterampilan, bakat dan nilai berhubungan pada kesempatan karir.

2. Menetapkan Tujuan Karir

Setelah orang dapat menilai kekuatan, kelemahan, dan setelah mendapat pengetahuan tentang arah dari kesempatan kerja, maka tujuan karir dapat diidentifikasi dan kemudian dibentuk.

3. Menyiapkan Rencana-Rencana

Rencana tersebut mungkin dibuat dari berbagai macam desain kegiatan untuk mencapai tujuan karir.

4. Melaksanakan Rencana- Rencana

Untuk mengimplementasikan satu rencana kebanyakan diperlukan iklim organisasi yang mendukung. Artinya bahwa manajemen tingkat atas harus mengajak semua tingkatan dari manajemen untuk membantu bawahan mereka dalam meningkatkan karir mereka.

Itulah Langkah-langkah perencanaan karir yang harus diikuti untuk mencapai tujuan karir yaitu menilai diri sendiri, menetapkan tujuan karir, menyiapkan rencana-rencana dan melaksanakan rencana-rencana tersebut.

IDENTIFIKASI KARIR (TES MINAT BAKAT)

Salah satu proses yang paling penting dalam perencanaan karir adalah melakukan identifikasi karir dengan melakukan tes minat bakat. NS Development menyediakan aplikasi tes minat bakat dalam bentuk aplikasi psikotes online, yang telah di validasi oleh psikolog-psikolog berpengalaman, sehingga memberikan kepercayaan terhadap hasil tes. Kolaborasi antara tim IT dan Tim psikolog menghasilkan karya bermutu dan terpecaya dengan menyediakan aplikasi identifikasi karir. Menggunakan Aplikasi identifikasi karir memudahkan pengguna baik peserta tes maupun user (psikolog, perusahaan, Lembaga Pendidikan, Asesor) dalam mengakses tes minat bakat.

Tes minat bakat dapat diakses dimana saja dengan menggunakan perangkat yang tersedia seperti laptop, komputer, tablet dan mobile phone. Aplikasi psikotes online ini dapat digunakan dengan menggunakan browser maupun aplikasi android.

Anda ingin merencanakan karir masa depan? Anda dapat mengikuti tes minat bakat secara online di NS Development dengan mengklik tautan Tes Minat Bakat.

Artikel berhubungan: