logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat

Tes minat bakat sering digunakan oleh HR perusahaan guna menyeleksi dan menemukan karyawan terbaik untuk suatu posisi.

Tes minat bakat ini dapat dilakukan oleh anak-anak yang berusia di bawah 10 tahun, remaja, dan juga orang dewasa. Sesuai dengan beberapa jenis alat tesnya masing-masing. Lalu, apa saja manfaat yang dapat anak-anak atau orang dewasa dapatkan dengan mengikuti tes minat bakat ini? Diantaranya adalah :

Manfaat Mengikuti Tes Minat Bakat bagi Anak-Anak

  • Fungsi utama mengikuti tes minat bakat pada anak-anak adalah untuk mengetahui minat sebenarnya dan bakat terpendam yang dimiliki anak tersebut.
  • Setiap anak dilahirkan dengan potensi khusus yang berbeda-beda. Ada yang pintar bernyanyi, memiliki kemampuan spasial yang baik, memiliki potensi alami dalam bidang seni, ada juga yang ahli analisis atau matematika.
  • Setiap orang tua pastinya ingin yang terbaik untuk anaknya. Termasuk, untuk mengetahui bakat terpendam sang anak dan mengembangkan potensinya. Hal ini sendiri dapat dilakukan jika orang tua dapat mengetahui minat dan bakat yang dimiliki oleh anak tersebut. Peran orang tua dalam mengembangkan potensi anak sangatlah besar. Karena itu, peran aktif dan dorongan orang tua akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Nah, inilah salah satu manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan tes minat bakat pada anak-anak. Yakni, membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangan minat dan bakat yang dimilikinya.
  • Mencegah anak mengalami masalah kesulitan belajar. Minat dan bakat akan sangat mempengaruhi kemampuan belajar anak di lingkungan sekolahnya. Ketidaktahuan orang tua mengenai minat dan bakat alami anaknya akan membuat mereka tidak bisa mengetahui secara pasti, sebenarnya apa yang dibutuhkan oleh anak mereka dalam proses belajarnya. Akibatnya, anak tersebut akan merasa kesulitan dalam mengikuti proses belajar. Contoh, minat dan bakat anak Anda ada di bidang olahraga. Kadangkala, ia akan mengalami kesulitan untuk mengikut pelajaran-pelajaran akademis. Nah, jika Anda (sebagai orang tua) dapat mengetahuinya, maka Anda bisa mencari solusi terbaik untuk masalah tersebut.
  • Menentukan aktivitas yang sesuai dengan anak tersebut. Seperti pada contoh diatas, jika anak Anda ternyata memiliki potensi olahraga dan berminat dalam hal tersebut. Maka, Anda selanjutnya bisa menentukan aktivitas yang sesuai untuk anak Anda. Alih-alih memaksanya untuk terus belajar. Cobalah, untuk mengikutkan anak Anda pada beberapa aktivitas olahraga yang sesuai. Contoh, ikut klub sepak bola khusus anak-anak, ikut les dalam bidang olahraga tertentu, dan lain sebagainya.
  • Sebagai langkah awal untuk menentukan masa depan anak. Masa depan dapat kita persiapkan mulai dari masa kanak-kanak, atau sedini mungkin. Jika Anda (sebagai orang tua) bisa lebih cepat mengetahui minat dan bakat terpendam yang dimiliki oleh anak Anda. Maka, Anda juga bisa membantunya untuk mempersiapkan diri lebih awal dan berkembang sesuai dengan potensi yang dimilikinya.

Manfaat Ikut Tes Minat Bakat pada Orang Dewasa

Jika manfaat tes minat bakat pada anak-anak lebih ke arah mengenali, serta menggali potensi diri, membantu orang tua dalam menemukan aktivitas dan membimbing sang anak. Maka, untuk orang dewasa tes ini memiliki tujuan utama untuk :

1. Menentukan pilihan jurusan kuliah

Ketika kamu akan lulus SMA/Sederajat, kamu mungkin akan merasa cemas untuk menentukan pilihan jurusan kuliah. Ada banyak sekali fakultas yang bisa kamu masuki. Masalahnya, jika kamu belum tahu minat dan bakat yang kamu miliki. Hal ini akan menjadi masalah tersendiri untukmu. Lantaran kamu belum memiliki acuan, sekiranya jurusan manakah yang paling sesuai dengan dirimu.

Dengan adanya tes minat bakat ini, kamu dapat lebih mengetahui, mengenali, dan menggali bakat apa yang sebenarnya kamu miliki dan kamu berminat dalam bidang apa. Hasil inilah yang kemudian bisa kamu jadikan acuan untuk menentukan jurusan terbaik untukmu.

Tes minat bakat ini juga kerap dijadikan sebagai tes seleksi masuk perguruan tinggi sebagai salah satu rangkaian tes psikotes.

2. Untuk menentukan pilihan karir

Manfaat mengetahui minat dan bakat kedua bagi orang dewasa adalah membantunya untuk menemukan pilihan karir yang terbaik baginya. Contoh, kamu bekerja dalam bidang accounting di suatu perusahaan di kotamu. Namun, kamu semakin merasa kalau bidang pekerjaan ini tidak sesuai dengan dirimu. Kamu tidak terlalu berminat bekerja didalamnya, dan kamu kerap melakukan beberapa kesalahan yang membuat pekerjaanmu jadi lebih sulit dan terasa tidak menyenangkan.

Nah, kamu mungkin bisa melakukan tes minat bakat ini. Siapa tahu nih, mungkin memang minat dan bakatmu bukanlah bidang accounting. Misalnya, ternyata kamu lebih tertarik dan berminat pada bidang marketing atau bidang-bidang lainnya yang lebih interaktif dan berhubungan dengan banyak orang. Atau bahkan, bakat dalam bidang seni, dan lain sebagainya.

Hasil tes tersebut akan semakin memantapkanmu untuk “pindah jalur” pekerjaan menuju ke pilihan pekerjaan lain yang sesuai dengan bidangmu.

3. Untuk seleksi penerimaan karyawan

Tes minat bakat ini juga sering sekali digunakan oleh HR perusahaan guna menyeleksi dan menemukan karyawan terbaik untuk suatu posisi. Melalui tes ini, para HR dapat menilai ketertarikan seseorang dalam suatu bidang pekerjaan, potensi dalam bidang tersebut, serta cara-cara calon karyawan tersebut dalam menyelesaikan pekerjaannya dan bersikap.

Tes Minat Bakat Online

Mengidentifikasi minat bakat adalah hal yang penting dan mudah dilakukan dengan tes psikologi. NS Development menghadirkan aplikasi psikotes online yang dapat dikerjakan dimana saja dan menggunakan perangkat yang pasti anda miliki. Psikotes Online NS Development dapat dikerjakan dengan menggunakan komputer, laptop, tablet ataupun mobile phone, dan dapat diakes dengan menggunakan browser maupun aplikasi android. Dan tentunya hasil psikotes di NS Development diperiksa secara langsung oleh psikolog-psikolog yang berpengalaman dibidangnya.

Daftarkan dirimu dan Registrasi langsung di NS Development dengan klik tautan ini untuk mengikuti Tes Minat Bakat.

Artikel berhubungan: