logo PT Nirmala Satya Development
Manfaat Tes Minat Bakat

Tes Minat Bakat adalah prosedur ilmiah yang akan menuntun anda mengambil sebuah keputusan. Tes minat bakat akan mempertimbangkan kemampuan (abilitabilit) anda, aspek minat dan psikologis, kemudian akan memberikan sebuah rekomendasi minat bakat.

Tes minat bakat merupakan sebuah proses untuk mengetahui potensi dan arah yang jelas tentang diri dan deskripsi kepribadian. Dengan tes minat bakat, akan mengetahui ukuran dan kemampuan diri yang detail secara ilmiah menurut kaidah-kaidah ilmu psikologi. Hasil tes minat bakat dapat dijadikan menjadi acuan mengambil keputusan baik untuk memilih jurusan kuliah yang tepat, memilih pekerjaan atau karir.

Berikut akan kami paparkan manfaat tes minat bakat yang perlu kamu ketahui.

Manfaat tes Minat Bakat

Mengapa sebuah tes minat bakat perlu dilakukan? Mengapa harus repot-repot mengikuti tes, padahal saya sudah mengetahui apa yang saya inginkan? Apa pentingnya minat bakat?

Mungkin masih banyak pertanyaan lain yang mungkin muncul dibenak anda, mengapa tes minat bakat sangat penting dilakukan. Ini karena Tes Minat Bakat adalah prosedur ilmiah yang akan menuntun anda mengambil sebuah keputusan. Tes minat bakat akan mempertimbangkan kemampuan (ability) anda, aspek minat dan psikologis, kemudian akan memberikan sebuah rekomendasi minat bakat.

Berikut manfaat mengikuti tes Minat Bakat:

1. Membantu Menentukan Mengambil Jurusan Kuliah

Tes minat bakat jurusan kuliah akan membantu calon mahasiswa mengambil jurusan kuliah yang tepat. Hal ini karena tes minat bakat mengungkap sisi kepribadian, kemampuan, keinginan dan cita-cita. Sehingga dengan menggabungkan beberapa data ini, kemudian dilakukan analisis dan memberikan kesimpulan dan rekomendasi jurusan kuliah yang tepat.

2. Memahami Cara Mengembangkan Bakat (Mengembangkan Potensi)

Dengan tes minat bakat, akan mengetahui potensi yang anda miliki. Dengan mengetahuinya anda akan lebih fokus mengembangkan potensi tersebut sehingga dapat membawa anda menjadi pribadi yang sukses.

3. Mengenal Diri Sendiri Lebih dalam (Understanding Self)

Banyak orang diantara kita yang tidak mengenal minat dan bakatnya. Bahkan sering kita dengar “saya tidak memiliki bakat” atau “Saya tidak mengetahui bakat saya”. Padahal semua orang memiliki potensi bakat. Hanya ada orang yang sadar akan bakatnya, dan ada yang tidak sadar dan tidak memahaminya. Dengan mengikuti tes minat bakat, anda dapat mengetahui potensi diri, minat dan bakat anda.

4. Memotivasi Untuk Berbuat Lebih Maksimal

Dengan mengetahui minat bakat yang dimiliki, akan memberikan motivasi (dorongan) untuk menggeluti sesuatu yang merupakan potensi yang dimiliki. Anda akan tekun belajar, berlatih, dan mengembangkan bakat karena telah mengetahui bahwa itulah bakat yang memang anda miliki.

5. Mencegah Anak Mengalami Kesulitan Belajar

Bagi siswa sekolah, tes minat bakat sangat diperlukan untuk mengetahui arah minat dan bakatnya, khususnya untuk pemilihan jurusan di Sekolah Menengah. Apakah mau mengambil sekolah kejuruan (SMA) atau sekolah umum (SMA). Di SMA, apakah mau mengambil jurusan IPA, IPS, Bahasa atau jurusan lainnya. Bisa dipastikan jika salah mengambil keputusan, akan berakibat pada prestasi yang menurun. Anak yang tidak menyukai menghapal, mungkin akan kesulitan masuk di jurusan IPS. Atau anak yang tidak menyukai rumus-rumus fisika, akan kesulitan di jurusan IPA.

Dengan adanya tes Minat Bakat, akan memberikan rekomendasi yang tepat, jurusan yang diambil oleh siswa, sehingga mampu mengembangkan potensi, minat dan bakatnya.

Demikianlah manfaat tes minat dan bakat. Saat ini telah tersedia beberapa psikolog yang menyediakan bantuan tes minat Bakat, salah satunya adalah NS Development. NS Development menyediakan assessment minat dan bakat secara online sehingga memudahkan anda mengikuti proses tes minat dan bakat.

Ingin mengikuti tes minat dan bakat? Anda bisa langsung mengunjungi situs NS Development!

Artikel berhubungan: