logo PT Nirmala Satya Development
Tes Minat Bakat Online

Tes minat bakat online bisa Anda peroleh melalui layanan NS Development untuk dapat mengenali bakat serta karakteristik diri sendiri.

Sekarang ini, tes minat bakat online cukup penting untuk Anda ketahui. Terlebih bagi Anda yang masih duduk di bangku SMA (Sekolah Menengah Atas). Hal itu banyak dilakukan melalui smartphone ataupun laptop, dengan tujuan supaya mengetahui apa yang menjadi bakat Anda.

Adanya kemajuan teknologi yang berkembang semakin canggih. Membuat Anda menjadi lebih mudah dalam melihat bakat hanya dengan melalui sebuah tes saja. Bukan hanya itu saja, langkah tersebut juga bisa Anda lakukan dimanapun, sebab bisa diakses melalui ponsel pintar.

Memahami Tes Minat Bakat Online

Hal seperti itu bisa menjadi jalan pintas bagi Anda, saat nanti akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dipicu karena biasanya Anda akan mengalami kebingungan dengan banyaknya penawaran kejuruan. Sehingga Anda perlu mengikuti tes minat bakat terlebih dahulu. Bahkan hal tersebut juga bisa membantu Anda, agar nantinya saat melanjutkan kuliah sudah mengetahui jurusan apa yang sesuai dengan bakat Anda.

Penjelasan Tes Minat Bakat

Tes minat bakat menjadi salah satu tes yang bisa menganalisa, dan juga menggambarkan sebuah kemampuan yang kognitif. Bukan hanya itu, saat Anda akan melakukan tes, maka nantinya bisa melihat bagaimana hasil dari karakteristik minat bakat Anda. Biasanya cara itu akan dilakukan oleh pelajar, saat akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau perguruan tinggi.

Jenis Tes Bakat yang Sering Dipakai

Langkah itu mempunyai tujuan guna mengetahui kemampuan, pengetahuan, dan juga keterampilan dalam waktu yang sudah ditentukan. Maka tepat sekali jika tes minat bakat online dilakukan oleh anak-anak SMA yang nantinya akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dikarenakan hasil tes itu bisa membantu dalam menentukan jurusan apa yang sesuai dengan bakat Anda.

1. General Aptitude Battery

Telah berkembang sejak tahun 1940 an, dengan mempunyai tujuan dalam memenuhi tes tertentu. Hasil dari ujian itu bisa Anda gunakan untuk memahami bakat dan juga kelemahan seseorang, Biasanya dilakukan oleh anak-anak SMA, yang tujuannya agar mengetahui apa bakatnya yang dimiliki.

2. Kemampuan Diferensial

Untuk tes yang satu ini telah berkembang sejak tahun 1981 an, serta banyak yang memakai platform tes tersebut. Bahkan anak SMA juga telah banyak yang menggunakan tes itu. Hal tersebut dikarenakan bisa memberikan hasil mengenai bakat yang dipunyai seseorang.

Akan tetapi, bukan hanya pada kalangan anak sekolah saja. Melainkan juga bisa untuk dipakai dalam menyeleksi karyawan baru. Untuk penyusunan tes biasanya akan didasari oleh teori multiple factor. Dengan begitu hasilnya bisa dalam bentuk gambaran karakteristik.

3. Flanagan Aptitude Classification

Tes minat bakat ini dikembangkan oleh Direktur American serta Prof. Psikologi JC Flanagan. Akan tetapi, tes itu hanya khusus untuk seleksi penempatan kerja, keberhasilan kerja, serta konseling pekerjaan. Dalam tes itu juga terdiri beberapa sub. Dimana hasilnya bisa menentukan seberapa besar potensi yang Anda miliki dalam pekerjaan.

4. Differential Aptitude

Menjadi salah satu tes minat bakat online yang banyak dipakai. Baik untuk pendidikan maupun untuk pekerjaan. Tes itu juga tersedia sejak tahun 1947. Akan tetapi mengalami revisi selama kurang lebih 6 tahun. Tujuan dari tes itu yaitu membantu Anda dalam mengetahui bakat yang Anda miliki. Maka nantinya saat akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi mengetahui jurusan apa yang akan diambil. Dalam tes juga terdiri dari beberapa sub.

Tes minat bakat online bisa Anda peroleh melalui salah satu layanan NS Development. Hal tersebut karena dengan platform tersebut, Anda bisa mengenali bakat serta karakteristik diri sendiri. Bukan hanya itu cara melakukannya juga cukup mudah, sebab bisa melalui sebuah ponsel milik Anda.

Artikel berhubungan: