logo PT Nirmala Satya Development
Pengertian Bakat Khusus

Bakat yang tidak dikenali dan tidak terasah, mustahil untuk berkembang. Tetapi sebuah bakat khusus yang dikembangkan dan diberikan stimulus yang sesuai, akan menghasilkan sebuah karya atau potensi yang luar biasa. Saat ini telah tersedia identifikasi minat bakat disekitar anda. Anda dapat menghubungi psikolog yang ada didekat anda

Bakat merupakan salah satu potensi yang luar biasa yang dimiliki seseorang. Tetapi mungkin juga dari kita yang bertanya tentang bakat khusus. Pada dasarnya semua bakat bersifat khusus. Walaupun bakat dibawa sejak lahir, tetapi dalam perkembangannya, memerlukan stimulus dan Latihan. Tanpa stimulus dan Latihan yang diberikan untuk mengembangkan bakat, mustahil sebuah bakat dapat berkembang.

Berikut kami akan menjelaskan detail pengertian bakat khusus agar dapat mengenali memahami lebih dalam.

Pengertian Bakat Khusus

Bakat (aptitude) mengandung makna kemampuan bawaan yang merupakan potensi (potential ability) yang masih perlu pengembangan dan latihan lebih lanjut. Karena sifatnya yang masih bersifat potensial atau masih laten, bakat merupakan potensi yang masih memerlukan ikhtiar pengembangan dan pelatihan secara serius dan sistematis agar dapat terwujud. Bakat berbeda dengan kemampuan (ability) yang mengandung makna sebagai daya untuk melakukan sesuatu, sebagai hasil pembawaan dan latihan.

Bakat juga berbeda dengan kapasitas (capacity) dengan sinomimnya, yaitu kemampuan yang dapat dikembangkan di masa yang akan datang apabila latihan dilakukan secara optimal. Dengan demikian, dapat disarikan bahwa bakat masih merupakan suatu potensi yang akan muncul setelah memperoleh pengembangan dan latihan. Adapun kemampuan dan kapasitas sudah merupakan suatu tindakan yang dapat dilaksanakan atau akan dapat dilaksanakan. Jadi, yang disebut bakat adalah kemampuan alamiah untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan, baik yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus.

Bakat khusus (talent) adalah kemampuan bawaan berupa potensi khusus dan jika memperoleh kesempatan berkembang dengan baik, akan muncul sebagai kemampuan khusus dalam bidang tertentu sesuai potensinya. Ini memberikan pemahaman bahwa bakat khusus sebagai potensi (potential ability) untuk dapat terwujud sebagai kinerja (performance) atau perilaku nyata dalam bentuk prestasi yang menonjol, masih memerlukan latihan dan pengembangan lebih lanjut.

Winkel, W.S menyatakan bahwa bakat khusus adalah kemampuan yang menonjol di suatu bidang usaha kognitif, bidang keterampilan, atau bidang kesenian. Sekali terbentuk, suatu bakat khusus menjadi bekal yang memungkinkan untuk memasuki berbagai bidang pekerjaan tertentu dan mencapai tingkatan yang lebih tinggi dalam suatu jabatan.

Dengan bakat, memungkinkan seseorang untuk mencapai prestasi dalam bidang tertentu. Tetapi untuk mewujudkan bakat ke dalam suatu prestasi diperlukan latihan, pengetahuan, pengalaman, dan motivasi. Seorang yang memiliki potensi bakat musik tetapi tidak memperoleh kesempatan mengembangkannya, bakat musiknya tidak dapat berkembang dan terwujud dengan baik. Sebaliknya, seseorang yang memperoleh fasilitas dan pendidikan musik secara baik, tetapi tidak memiliki bakat musik, tidak akan dapat mengembangkan keterampilan musik secara maksimal.

Lain halnya seseorang yang pada dasarnya memiliki bakat musik dan orang tuanya mendukung. Ia akan mengusahakan agar anaknya memperoleh pengalaman untuk mengembangkan bakatnya dan dengan motivasi yang tinggi dapat berlatih sehingga bakatnya berkembang maksimal dan memperoleh prestasi.

Identifikasi Bakat

Seyogyanya Identifikasi bakat sejak dini merupakan sebuah keharusan, untuk menentukan setiap keputusan yang diambil kedepan, khususnya mengenai karir. Bakat yang tidak dikenali dan tidak terasah, mustahil untuk berkembang. Tetapi sebuah bakat khusus yang dikembangkan dan diberikan stimulus yang sesuai, akan menghasilkan sebuah karya atau potensi yang luar biasa. Saat ini telah tersedia identifikasi minat bakat disekitar anda. Anda dapat menghubungi psikolog yang ada didekat anda. Atau melakukan identifikasi bakat secara online.

Layanan Identifikasi minat dan bakat online yang saat ini terpercaya dalah NS Development. Layanan NS Development akan membantu anda menelusuri minat dan bakat anda. Sesi layanan baik psikotes online maupun konseling dilakukan secara online, sehingga memudahkan anda mengakses layanannya.

Ingin mengidentifikasi minat dan bakat anda? Silahkan langsung registrasi minat bakat anda secara online di NS Development.

 

Referensi:

Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. 2014. Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT bumi aksara

Winkel, W.S & Sri Hastuti. 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo

Artikel berhubungan: