logo PT Nirmala Satya Development
Pengertian Minat dan Bakat

Jika kamu hanya memiliki minat tanpa bakat khusus, maka kamu harus berusaha dengan lebih keras lagi. Meskipun begitu, kamu juga bisa sukses dalam bidang yang kamu minati meskipun kamu tidak terlalu berbakat dalam bidang tersebut. Asalkan kamu terus berusaha, berlatih, dan konsisten.

Minat dan bakat ini kerap dimaknai sebagai suatu hal yang sama. Namun, nyatanya kedua hal tersebut cukup berbeda lho. Nah, berikut ini akan dijelaskan lebih detail mengenai pengertian minat dan bakat, contoh, dan juga perbedaan diantara keduanya. Silahkan disimak.

Pengertian Minat dan Bakat beserta Contohnya

Berikut adalah penjelasan untuk membedakan antara minat dan bakat yang disertai dengan contoh agar mudah dimengerti.

1. Bakat

Bakat adalah potensi yang dimiliki oleh seseorang sejak lahir. Jadi, bakat adalah potensi bawaan seseorang ya. Berkat bakat ini, seseorang dapat mempelajari sesuatu dalam lebih cepat dibandingkan dengan orang lain dan dengan hasil yang jauh lebih baik. Contoh, bakat menari, bakat menulis, bakat menyanyi, bakat menari, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Bakat

Bakat umum : Kemampuan dasar yang bersifat umum, alias dimiliki oleh setiap orang. Contoh, bakat berbicara, berjalan, dan bergerak.

Bakat khusus : Potensi khusus yang hanya dimiliki oleh segelintir orang. Tidak semua orang memiliki bakat khusus ini, jadi bakat khusus ini cukup jarang ditemukan. Seseorang yang memiliki bakat khusus biasanya akan lebih menonjol dibandingkan orang lain dalam suatu aspek.

Contoh bakat khusus:

  • Bakat verbal : orang yang memiliki potensi dalam menyampaikan kata-kata. Biasanya, orang ini pandai berbicara. Contoh, bakat untuk berpidato, story telling, dan bernyanyi.
  • Bakat numerikal : Potensi khusus dalam bidang angka-angka (numerik). Orang yang memiliki bakat khusus ini pandai berhitung. Pekerjaan yang cocok : matematikawan dan akuntan.
  • Bakat skolastik : Kombinasi logika (kata-kata) dan angka, alias kata-katanya berhubungan dengan logika dan angka. Orang dengan bakat skolastik ini memiliki kemampuan nalar, pengurutan, kerangka berpikir sebab-akibat, kemampuan menciptakan hipotesis, pencarian pola numerik yang baik serta memiliki pandangan hidup yang sifatnya rasional. Bakat ini kerap dimiliki oleh seorang akuntan, ilmuwan, dan programer.
  • Bakat abstrak : bakat yang berbentuk pola, diagram, rancangan, ukuran-ukuran, bentuk-bentuk serta posisinya. Orang dengan bakat ini cocok untuk menjadi seorang designer.
  • Bakat mekanik : Potensi yang berhubungan dengan prinsip-prinsip mekanik, ilmu IPA, dan cara kerja suatu mesin. Jika kamu memiliki bakat ini, kamu bisa menjadi seorang peneliti atau pekerja dalam bidang otomotif.

  • Bakat spasial atau relasi ruang : Bakat yang berhubungan dengan aspek spasial seseorang yang meliputi kemampuan analisa ruang dan visualisasi. Jenis bakat yang biasanya dimiliki oleh seorang fotografer, artis, dan arsitek.
  • Bakat kecepatan ketelitian klerikal : Bakat yang berhubungan dengan potensi tulis-menulis, ramu-meramu di laboratorium, dan sejenisnya.
  • Bakat bahasa (linguistik) : Potensi penalaran analitis bahasa. Biasanya orang yang memiliki bakat ini akan menjadi seorang ahli sastra. Jika kamu memiliki  bakat ini, maka kamu cocok menjadi seorang jurnalis, editor, bekerja dalam bidang hukum dan pemasaran, dan stenografi.

2. Minat

Sederhananya, minat dapat diartikan sebagai ketertarikan seseorang pada sesuatu. Minat ini mengarahkan seseorang untuk tetap fokus dan menggeluti suatu bidang tanpa rasa keterpaksaan. Orang tersebut akan melakukan hal yang diminatinya dengan rasa senang dan puas. Minat juga merupakan pengembangan dalam mencampurkan seluruh kemampuan yang ada untuk mengarahkan individu pada suatu kegiatan yang disukainya.

Jenis-Jenis Minat

  • Minat Vokasional: Minat yang berhubungan dengan bidang-bidang pekerjaan tertentu. Contoh, minat akuntansi, minat mekanik, minat keilmuan, dan minat atletik.
  • Minat Avokasional: Minat yang berhubungan dengan suatu kegiatan untuk memperoleh kepuasan. Jenis minat ini adalah minat yang dilakukan berdasarkan hobi. Contoh, minat dalam bidang seni, kuliner, dunia hiburan, dan petualangan.

Perbedaan Minat dan Bakat

Dari kedua pengertian, jenis, dan contoh diatas kita dapat mengambil kesimpulan tentang beberapa perbedaan antara minat dan bakat. Diantaranya:

  • Bakat adalah potensi bawaan yang dimiliki oleh seseorang. Minat sendiri merupakan ketertarikan seseorang terhadap suatu bidang atau aktivitas.
  • Bakat tidak bisa dilihat hanya dari ketertarikan atau minat seseorang terhadap sesuatu saja. Melainkan dilihat dari kemampuannya dalam melakukan hal tersebut. Orang yang berminat pada suatu bidang belum tentu juga berbakat dalam bidang tersebut.
  • Bakat tidak memerlukan stimulus atau rangsangan tertentu lantaran merupakan potensi dalam diri seseorang. Seseorang dengan bakat khusus tidak perlu mempelajarinya secara intens, namun kamu tetap perlu mengasah dan mengembangkannya. Sementara itu, minat membutuhkan stimulus yang kuat agar bisa mencapai hasil terbaik.

Jika kamu hanya memiliki minat tanpa bakat khusus, maka kamu harus berusaha dengan lebih keras lagi. Meskipun begitu, kamu juga bisa sukses dalam bidang yang kamu minati meskipun kamu tidak terlalu berbakat dalam bidang tersebut. Asalkan kamu terus berusaha, berlatih, dan konsisten.

Kesimpulan

Minat dan bakat adalah 2 hal yang berbeda. Meskipun begitu, keduanya memiliki hubungan yang erat. Bakat yang didukung dengan minat atau sebaliknya merupakan kombinasi terbaik untuk meraih kesuksesan dalam suatu bidang. Bakat memerlukan minat agar lebih berkembang dan minat memerlukan bakat agar hasilnya makin maksimal.

Keduanya sama-sama penting agar kamu bisa meraih kesuksesan dalam suatu bidang. Contoh, kamu memiliki bakat khusus untuk menyanyi. Kamu juga berminat dalam dunia tarik suara, dengan begitu ketertarikanmu yang didukung dengan potensi akan membawamu menjadi seorang penyanyi yang hebat.

Untuk mengidentifikasi minat dan bakat, biasanya dilakukan tes psikologi. Saat ini telah tersedia Lembaga untuk mengidentifikasi minat dan bakat dalam bentuk psikotes online. Lembaga atau tempat untuk melakukan psikotes online dalam rangka mengukur minat dan bakat yang terpercaya di Indonesia adalah NS Development.

Daftarkan diri dan registrasi langsung dirimu untuk mengidentifikasi minat dan bakat di NS Development.

Artikel berhubungan: